Cumi Pete, Hidangan Seafood Nikmat Beraroma Sedap

Pecinta seafood pasti suka aneka masakan berbahan cumi. Makanan laut ini punya rasa dan tekstur khas yang enak untuk diolah. Resep yang akan di-share kali ini adalah Cumi Pete, hidangan yang sedap untuk teman makan nasi hangat.

Cumi yang digunakan di resep ini adalah cumi asin, sehingga bumbunya tidak pakai garam lagi. Tapi jika dirasa perlu, bisa ditambahkan garam secukupnya. Btw, untuk Kuliks yang tidak terlalu suka aroma pete, bisa juga pakai petenya sedikit aja.

Yuk kita mulai eksekusi. Hati-hati diet gagal, karena aromanya yang menggoda dan rasanya yang nikmat, bikin auto nambah terus. Hehehe.

resep-cumi-pete
Resep Cumi Pete

Bahan-bahan:

  • Cumi asin 250 gr
  • Pete 3 papan
  • Bawang merah 5 buah
  • Bawang putih kating 3 siung
  • Daun salam 3 lembar
  • Lengkuas 4 cm
  • Jahe 3 cm
  • Daun jeruk 5 lembar
  • Cabai rawit 12 buah (mix merah + hijau)
  • Sereh 3 batang
  • Tomat merah 1 buah (bisa juga menggunakan tomat hijau)
  • Gula secukupnya
  • Lada/merica secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Air

Cara Membuat Cumi Pete

  1. Rendam cumi asin dengan air hangat selama 15-20 menit, lalu tiriskan. Potong menjadi 2 atau 3 bagian jika ukuran cumi agak besar
  2. Belah pete jadi 2
  3. Iris-iris bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, cabai rawit. Untuk sereh bisa digeprek atau diiris-iris (sesuai selera). Potong tomat menjadi sekitar 8 bagian.
  4. Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, lalu lengkuas, jahe, daun salam, daun jeruk, sereh juga cabai sampai agak layu
  5. Masukkan cumi asin, aduk-aduk
  6. Tambahkan gula dan lada secukupnya, aduk-aduk
  7. Masukkan potongan tomat, aduk-aduk rata
  8. Tambahkan air secukupnya (sekitar 100-150 ml) supaya hasilnya sedikit berkuah, aduk-aduk dan biarkan sampai agak meresap
  9. Masukkan pete, aduk-aduk sampai merata dan tidak perlu lama-lama supaya pete tetap crunchy saat dimakan
  10. Angkat dan sajikan Cumi Pete selagi hangat

Step-step membuat Cumi Pete bisa disimak di video berikut.

-Nad-

Resep seafood lainnya yang simpel dan enak: Oseng-Oseng Kerang.

13 tanggapan untuk “Cumi Pete, Hidangan Seafood Nikmat Beraroma Sedap

  • Mei 24, 2020 pada 10:55 pm
    Permalink

    Auto nelen ludah lihat ini, nambah selera makan, daging, opor lewat dulu deh mending makan Cumi Pete.

    Balas
    • Mei 27, 2020 pada 7:22 am
      Permalink

      Betul kak. Opor n rendang mah lewat hehe

      Balas
  • Mei 26, 2020 pada 8:36 am
    Permalink

    Wah saya juga suka cumi nanti kalau ada cumi dibikin mantap deh….

    Balas
  • Mei 26, 2020 pada 11:44 am
    Permalink

    Aiih Cumiiii…kusukaaa haha.. Iya nih klo ada masakan cumi pasti pengen coba deh, eh tapi g berani pedes2 hehe.. Thx resepnya y mba, langsung simpan deh..

    Balas
  • Mei 26, 2020 pada 12:00 pm
    Permalink

    Cuminya aku suka bangat tapi petenya kayaknya engga , hehehe. Tapi Insha Allah saya ingin coba ah karena selama ini menu cumi saya ga berkembang selalu goreng tepung. Makasih mbak menunya

    Balas
    • Mei 26, 2020 pada 5:00 pm
      Permalink

      Hehehe. Bebas kok mbak gak usah pake pete jg enyaak

      Balas
  • Mei 26, 2020 pada 9:21 pm
    Permalink

    Hmm sayang gak suka sama pete. Cuminya suka sih, mungkin petenya diskip aja ya.

    Balas
    • Mei 27, 2020 pada 7:24 am
      Permalink

      Iyaa.. bisa. Tanpa pete pun enak

      Balas
  • Mei 27, 2020 pada 5:35 am
    Permalink

    Jadi dapat ide mau masak apa nih. Cumi dan pete, dua makanan favorit saya. Kenyel2 cumi dan aroma khas pete gak bisa ditolak deh. Terima kasih resepnya ya.

    Balas
    • Mei 27, 2020 pada 7:25 am
      Permalink

      Sama2. Selamat mencoba

      Balas
  • Mei 27, 2020 pada 5:37 am
    Permalink

    Saya baru tahu ternyata pete bisa dimasak dengan cumi. Setahu saya pete hanya buat lalapan sambal dan campuran sambal goreng. Menarik banget nih resepnya. Pastinya rasa cumi pete ini enak banget. Saya jadi penasaran. Makasih resepnya nanti saya mau coba juga…

    Balas
    • Mei 27, 2020 pada 7:27 am
      Permalink

      Pete mah bisa jd campuran masakan macem2 mbak. Silakan coba.. hati2 ketagihan

      Balas
  • Mei 27, 2020 pada 6:16 pm
    Permalink

    cumi salah satu seafood favoritku ka, wah rasanya gurih enak apalagi dicampur pete, sebagai warga sunda ini lalapan paling nikmat buat nambah nafsu makan heheheh bisa nambah sampai 2x kalau makan sama pete hehehhe, karena aku ga terlalu doyan makan, jadilah ibu selalu nyediain ini biar lahap makannya hahah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *