Puding Kurma, Teman Manis Buka Puasa

Kurma. Buah asal jazirah Arab ini dikenal sebagai sebagai buah sejuta manfaat. Kurma kemasan yang banyak dijual adalah manisan kurma dan laris manis dikonsumsi di bulan Ramadan. Ada cara lain yang enak tuk makan buah ini, salah satunya dibuat jadi Puding Kurma.

Puding ini rasanya manis segar, cocok untuk teman berbuka puasa. Simak resepnya di bawah ini ya.

resep-puding-kurma

Resep Puding Kurma

Bahan-bahan:

  • Gula 150 gr
  • Kurma 200 gr (20 butir)
  • Air 900 ml
  • Tepung agar-agar (di resep ini pakai varian rasa vanila)

Cara Membuat Puding Kurma

  1. Belah kurma (buang bijinya)
  2. Haluskan dengan blender 10 kurma tanpa biji plus sebagian air sampai halus
  3. Campur tepung agar, gula pasir, kurma yang sudah dihaluskan dan sisa air
  4. Masak di atas api, sambil sesekali diaduk, sampai mendidih
  5. Tuang ke dalam cetakan
  6. Jika sudah agak dingin dan sedikit kenyal, beri topping kurma tanpa biji yang belum dipakai di bagian atas puding
  7. Jika sudah kencang, simpan di dalam kulkas

Tonton juga step-step pembuatannya di video di bawah ini.

Puding Kurma bisa disajikan langsung atau diberi tambahan vla. Keduanya sama enaknya.

Untuk yang suka pakai vla, resep vla puding ini adalah sebagai berikut.

Resep Vla Puding

Bahan-bahan:

  • Susu cair plain 1 L
  • Gula pasir 150 gr
  • Maizena 2 sendok teh dicairkan dengan sedikit air
  • Kuning telur 2 butir, kocok lepas

Cara Membuat Vla Puding

  1. Rebus susu + gula sambil diaduk sampai mendidih, kecilkan api
  2. Dalam keadaan api kecil, masukkan maizena sambil diaduk
  3. Perlahan besarkan api sambil terus aduk sampai mendidih, kecilkan api lagi
  4. Campur sekitar 3-4 sendok makan susu yang sudah dimasak ke kocokan kuning telur sampai agak encer
  5. Dalam keadaan api kecil, tuang kocokan telur ke susu yang dimasak. Lakukan pelan-pelan dan sedikit-sedikit sambil terus diaduk supaya kuning telur tidak mengumpal
  6. Teruskan aduk sambil besarkan api sampai mendidih
  7. Matikan api, lanjut aduk sambil dikipas sampai hilang panasnya
    Catatan: jika langsung berhenti mengaduk dan didiamkan, maka akan muncul langit-langit di lapisan atas vla seperti menggumpal-gumpal.

– Nad –

Baca juga resep puding lainnya yang segeeer… : Puding Roti, Puding Tape Ketan Hijau.

11 tanggapan untuk “Puding Kurma, Teman Manis Buka Puasa

  • Mei 7, 2020 pada 10:14 am
    Permalink

    Wah ada kurma di rumah, jadi pengin coba resep ini ^^

    Balas
    • Mei 8, 2020 pada 6:45 pm
      Permalink

      Yes mbak, gampang kok resepnya. Silakan coba..

      Balas
  • Mei 18, 2020 pada 11:03 pm
    Permalink

    waaa kreatif sekali bikin puding dengan topping kurma kayanya enak dan cocok banget sebagai takjil sebelum buka puasa yaa, hihihi, jadi pengen bikin puding kurma juga deh besok hihi

    Balas
    • Mei 19, 2020 pada 3:27 am
      Permalink

      Enak dan seger kak. Ayo bikin 🙂

      Balas
  • Mei 19, 2020 pada 5:38 am
    Permalink

    aku suka banget sama puding dna kurma wah bisa nyobain resepnya niy ka, mudah juga bahan-bahannya dan cara buatnya, jadi buat orang yang jarang masak kayak aku kayaknya memang cukup gampang niy hehehe

    Balas
    • Mei 22, 2020 pada 8:33 am
      Permalink

      Betul kak, mudah dan enak. Silakan mencoba

      Balas
  • Mei 19, 2020 pada 10:07 am
    Permalink

    Ternyata kurma bisa diolah menjadi puding selain menjadi minuman yang enak dan halal tentunya..

    Balas
  • Mei 19, 2020 pada 2:31 pm
    Permalink

    Saya belum pernah membuat puding kurma. Biasanya buatnya puding agar-agar. Saya jadi penasaran banget nih sama rasa dari puding kurma ini. Sepertinya cara membuat cukup mudah ya kak….Nanti mau saya coba resepnya. Oya kak, makasih banyak atas resepnya ya…

    Balas
    • Mei 22, 2020 pada 8:32 am
      Permalink

      Coba buat mbak.. Seger deh tuk buka puasa

      Balas
  • Mei 20, 2020 pada 3:55 am
    Permalink

    Senengnya kalau berkunjung ke blog mba. Isinya makanan semua
    Hehehe. Saya ingin makannya saja tanpa membuat. Xixixi. Blognya informatif sekali mbak karena berisi banyak resep masakan

    Balas
    • Mei 22, 2020 pada 8:31 am
      Permalink

      Hihihi.. memang paling enak tinggal makan ya mbak

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *