Si Imut Chocobi, Biskuit Favorit Shinchan

“Mama..mama… aku ingin Chocobi…” Pernah dengar perkataan ini? Hehe… itu adalah sepenggal dialog dalam film kartun Jepang Crayon Shinchan. Di film ini, tokoh Shinchan, bocah usil beralis tebal  yang masih duduk di bangku TK, diceritakan memang suka sekali Chocobi, snack asli negeri Sakura.

Saat saya melancong ke Jepang beberapa waktu yang lalu, saya mencari-cari camilan untuk dibawa ke Tanah Air di toko oleh-oleh Don Quijote Osaka. Setelah berputar-putar dan berhasil membeli beberapa souvenir, saya teringat Chocobi yang tenyata tersedia di toko ini. Dari website PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) di Jepang saya menemukan bahwa Tohato (kategori biskuit) yang tertulis di packaging Chocobi, termasuk dalam daftar snack halal. Saya pun memutuskan membeli beberapa bungkus rasa coklat, untuk saya bawa sebagai oleh-oleh di Indonesia.

Sebelumnya, saya juga mengunjungi Don Quijote Asakusa, karena dari beberapa sumber yang saya baca, di toko ini tersedia aneka camilan halal meski tidak mengkhususkan diri menjual oleh-oleh halal. Saya batal berbelanja di Asakusa, karena saat itu pilihan oleh-oleh halal hanya sedikit, hanya tersedia kue tradisional Jepang.

Chocobi Cruchy Cocok tuk Camilan Anak

Kemasan Chocobi terbuat dari kardus berbentuk segi enam dengan desain yang menarik. Iconnya Shincan dan gambar buaya berwarna merah jambu dengan latar sekelilingnya didominasi warna hijau, membuat siapapun terutama anak-anak kecil yang melihatnya akan tertarik.

Dalam dus, ada kemasan plastiknya yang saat dibuka, isinya butiran-butiran biskuit imut berbentuk bintang berwarna coklat.

Tekstur biskuit ini terasa crunchy seperti snack gandum sarapan anak yang populer di Indonesia. Rasa coklatnya cukup terasa, meski agak terlalu manis di lidah saya. Tapi menurut saya cocok lah untuk camilan anak-anak. Pantas jika Shinchan digambarkan menyukai snack ini. Orang dewasa aja suka apalagi anak kecil hehe.

Fyi, snack Chocobi ini juga bisa dibeli di Indonesia loh. Banyak toko online yang menjualnya sebagai snack impor seharga Rp 30-50 ribu kemasan 21 gram. Tentunya harga ini lebih mahal dibanding membelinya langsung di Jepang.

-Ra-

Baca juga kuliner halal khas Jepang dan oleh-oleh khas negara lain yang pernah dibahas. 😉

Review Chocobi Snack Jepang
  • Kemasan
  • Tampilan
  • Rasa
  • Harga

Ada komentar? Silakan...