Tips agar Adonan Mengembang Sempurna tuk Pemula

Aneka kue lezat merupakan kuliner nikmat favorit banyak orang. Tak cuma doyan icip-icip, Kuliks mungkin juga hobi bikin camilan lezat ini… Apalagi di zaman pandemi begini. Banyak orang tiba-tiba jadi chef di dapur sendiri dan menghasilkan aneka hidangan menarik. Tapi, ada hal yang paling sering dikeluhkan, terutama untuk pemula di dunia per-baking-an. Yaitu, adonan yang kurang mengembang sempurna. Akibatnya, kue yang dibuat bisa jadi tidak berhasil alias gagal total.

Nah, bagaimana cara membuat adonan mengembang sempurna? Berikut 4 tips yang bisa Kuliks praktikkan di rumah.

Tips Dapur Kue

1. Menggunakan takaran resep dengan benar

Tau gak, bahwa kesalahan yang sering dilakukan pemula adalah mencoba menambah atau mengurangi takaran resep. Misalnya Kuliks coba-coba menambahkan bahan margarin berlebihan, dengan harapan lebih lembut. Padahal ini bisa membuat adonan tidak mengembang sempurna. Hal ini juga berlaku pada bahan pembuatan kue yang lain seperti tepung terigu, telur, gula dan lain-lain. Kalau ini terjadi, bisa jadi hasil kuenya bakal bantat atau melebar saat dipanggang! So, ikuti seluruh takaran di resep ya gaes…

takaran-adonan-mengembang
Cermati takaran bahan pada resep

2. Trik mencampurkan gula

Trik mencampurkan gula saat mengocok adonan juga berpengaruh lho! Jangan mencampurkan gula langsung pertama kali saat mulai mengocok adonan. Kuliks harus mencampurkan bahan gula saat adonan telur putih mulai mengembang.

Tanda adonan mengembang sempurna adalah saat telur putih berbuih dan tidak mudah tumpah jika wadah dibalik. Setelah itu, tuangkan bahan gula secara perlahan dengan kondisi mixer dalam kecepatan sedang. Jika kue yang dibuat membutuhkan adonan kuning telur, sebaiknya pisahkan dan kocok bahan tersebut sebelum mencampurnya dengan bahan lain.

3. Mengatur temperatur mesin pemanggang

Buat Kuliks yang memakai oven kompor, wajib mengatur temperatur oven dengan baik agar adonan mengembang maksimal. Saat tengah mengocok adonan, baiknya oven juga mulai dipanaskan. Selain itu, sebaiknya kecilkan api kompor saat hendak memasukkan adonan kue agar suhu oven tidak terlalu panas.

4. Tidak disarankan membuka oven selama proses pemanggangan

Perlu diperhatikan juga, kalau kita sering buka tutup oven saat proses pemanggangan, ini akan mempengaruhi kestabilan oven. So, jangan intip-intip terus. Sebaiknya, buat durasi waktu pemanggangan secara teliti atau ikuti petunjuk resep mengenai waktu panggang, agar adonan kue bisa mengembang sempurna.

adonan-mengembang-di-oven

Nah keempat tips membuat adonan mengembang maksimal di atas mungkin perlu Kuliks ketahui ya, supaya bisa menciptakan kreasi kue yang sempurna dan tidak khawatir kue bakal bantat. Happy baking!

*Pict. source : Pixabay

-Cemil-

Simak juga tips dapur sederhana.

8 thoughts on “Tips agar Adonan Mengembang Sempurna tuk Pemula

  • Agustus 11, 2020 pada 2:32 pm
    Permalink

    Waah makasih tipsnya. Sudah lama gak bikin kue, saya butuh tips seperti ini karena harus mulai dari awal algi kalau mau bikin kue.

    Balas
    • Agustus 11, 2020 pada 4:30 pm
      Permalink

      Menarik tipsnya. Adonan mengembang tentunya menjadi keharusan agar kuenya berhasil. Racikan resep yang pas dan tentunya keahlian si peraciknya

      Balas
  • Agustus 11, 2020 pada 6:52 pm
    Permalink

    Sejak mixer rusak tidak pernah bikin kue lagi. Tipsnya bermanfaat banget. Soalnya saya ternyata salah bikin kue. Langsung menyangka gula pasir campur telur jadinya bolu yang dibuat kurang mengembang sempurna padahal tangan sudah pegal pegang mixer.r

    Harus nonton YouTube tentang cara bikin kue lagi. He he.

    Senang baca artikel ini. Semoga nanti kesampaian bikin kue enak untuk keluarga. Pengen jadi chef rumahan juga, he he.

    Balas
  • Agustus 12, 2020 pada 8:03 am
    Permalink

    Menarik tipsnya, sangat bermanfaat.. ada nggak tips membuat kue agar bisa bantat karena di rumah kue yang bantat lebih disukai dari yang mengembang sempurna…

    Balas
  • Agustus 12, 2020 pada 12:24 pm
    Permalink

    Cocoklah ini tips buat newbie seperti saya, yang masak dan bikin kue angot-angotan alias nunggu mood dulu. Wkwkwk. Dulu kalau bikin kue sering bantat. Kudu tiga sampai lima kali ujicoba baru berhasil. Itupun bentuknya masih belum memenuhi estetika. Sayang, sekarang ovenku lagi rusak. Belum diperbaiki. Anyway, makasih banget atas tips yang sangat berguna iniiii.

    Balas
  • Agustus 12, 2020 pada 9:10 pm
    Permalink

    Oo jadi klo sedang oven jng pernah dibuka2 ya..pantes sering kempes cake nya..mksh sarannya..

    Balas
  • Agustus 12, 2020 pada 9:18 pm
    Permalink

    tipsnya useful banget kak buat saya pemula yang masuk dapur dan baru belajar masak, pantesan aja selama ini kalau bikin kue, sering bantetnya hehehe ternyata, sekarang saya tahu permasalahannya di mana, ada yang salah dengan adonan saya ternyata kayaknya saat pencampuran gula, karena biasanya masukinnya ga nunggu putih telornya ngembang dulu heheheh

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *