Al Baik, Ayam Fenomenal dari Saudi Arabia

Ada satu restoran cepat saji yang ngehits di Saudia Arabia, Al Baik namanya. Restoran spesialis ayam goreng ini tak pernah sepi pembeli. Konon bumbu ayam Al Baik meresap sampai ke dalam dagingnya. Dan ayam goreng ini disajikan dengan saus garlic sebagai saus cocolannya yang rasanya enak.

Kedua hal tersebut yang membuat ayam ini menjadi incaran pembeli, tak terkecuali jamaah umrah dan haji asal Indonesia. Saya makin penasaran dengan ayam ini setelah mendengar cerita kelezatannya dari tour leader rombongan umrah saya.

Saat di Mekah, ada outlet Al Baik yang berada satu kawasan dengan hotel tempat kami menginap. Seorang teman rombongan saya tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menjajal si ayam fenomenal ini. Alhamdulillah, saya pun ikut kebagian mencicipi Chicken Nugget Al Baik yang dibeli teman saya. Outlet yang berada di Hotel Hilton Mekkah memang hanya menjual chicken nugget saja, tidak ada fried chicken.

Spicy Chicken Nugget Al Baik, Memang Beda!

Chicken nugget Al Baik dibungkus dengan kotak aluminium foil dengan tutup berwarna putih, berisi 10 buah nugget dan kentang goreng. Selain itu, kami mendapat 1 buah roti burger dan 1 kotak kecil saus garlic. Paket chicken nugget ini dibanderol dengan harga 12 SAR. Oya di bagian tutupnya ada keterangan kalau chicken nugget ini spicy.

Saat saya mencoba nugget ini, rasanya benar-benar pedas sesuai keterangan di tutupnya. Daging nugget-nya lembut dan kaya akan rempah-rempah. Pokoknya enak. Saus garlic-nya juga enak loh, garlic banget rasanya. Klop deh nugget ini dicocol dengan saus garlic. 

Tidak heran jika kuliner Arab yang ini diburu pembeli, karena rasaya benar-benar beda dengan ayam goreng franchise yang ada di Indonesia. Meski yang saya coba nugget-nya, tapi saya yakin fried chicken-nya tidak jauh berbeda rasanya.

Buat yang sedang atau berencana beribadah umrah, tidak ada salahnya mencoba ayam Al Baik ini, terlebih jika bosan dengan makanan di hotel. Tapi jangan sampai mengganggu ibadahnya ya, mengingat antrean Al Baik yang selalu panjang dan sistem resto yang baru memproses masakan saat ada orderan.

-SQ-

Mau tau kuliner Arab lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh? Klik di sini ya..

Ada komentar? Silakan...