Pie Susu Asli Enaaak, Oleh-Oleh Bali… Beli

Oleh-oleh apa yang biasa dibawakan teman atau kerabat jika pulang dari Pulau Dewata? Kakak ipar saya yang asli Bali sering membawakan pie susu sebagai buah tangan. Dan ia selalu membawa pie susu merk ‘Asli Enaaak’. Iya Asli Enaaak mereknya, yang konon merupakan pelopor pie susu di Bali. Dengan tiga huruf -a di kata “Enaaak”-nya, sepertinya pie ini bermaksud menggambarkan “janji” enak alias pasti lezat, pasti disukai siapapun yang memakannya.

Oh ya, maksud judul di atas bukan berarti mengajak agar pembaca membeli loh ya.. Karena beli dalam bahasa Bali artinya kakak laki-laki atau abang. Hehehe 😉

Pie susu ‘Asli Enaaak’ pada awalnya hanya menjual produknya di pabrik, sehingga tidak banyak wisawatan yang mengetahui keberadaanya dan hanya warga asli Bali saja yang tahu. Saya ingat beberapa tahun lalu, ketika pie ini belum se-terkenal sekarang, kardusnya hanya ala kadarnya saja berupa kardus kue berwarna putih dan plastik pembungkus pie-nya berwarna bening yang menggunakan perekat dengan tulisan berwarna putih. Kini pie susu ‘Asli Enaaak’ ini telah bermetamorfosis. Bukan dari bentuk dan rasa ya, tapi dari segi kemasan dan pemasaran.

Kemasan pie susu ini kini dibuat lebih menarik, dengan plastik pembungkus pie bermotif batik dan sealing plastik kedap udara yang lebih higienis. Beberapa toko khusus menjual pie ini telah dibuka dan selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menjadikannya sebagai buah tangan. Saking ramainya pembelian langsung di toko dibatasi 2 box per customer. Namun kalau kita sudah pesan dari jauh-jauh hari akan lain ceritanya.

Pie susu Bali berbeda dengan pie keju yang saat ini mewabah di Jakarta. Bentuk pie susu ini bulat pipih dengan isian berupa vla susu di bagian tengah yang tidak banyak, sehingga rasanya pas dan tidak eneg. Sederhana dan kecil sih, tapi “nagih” juga. Camilan ini terdiri dari 3 varian rasa, yaitu original, coklat dan keju. Satu buah pie susu dibanderol murah dengan harga Rp 3.000, dan 1 box-nya ada yang isi 10 ada juga isi 20 buah pie susu.

Produk pie susu Asli Enaaak tahan hingga 7 hari, namun sebaiknya disimpan di lemari es jika tidak langsung habis dikonsumsi. Kalau saya lebih suka makan pie susu dingin yang dimasukkan di kulkas, karena isian vla susu jadi seperti berkaramel, meski kulitnya menjadi tidak renyah. Asli enaaak.

-SQ-

Ada komentar? Silakan...