Chocolate Marble Japanese Cheesecake, Kue Lembut Lumer di Mulut

Cream cheese yang juga dikenal dengan keju krim adalah salah satu jenis keju lunak yang memiliki tekstur mirip mentega. Keju ini terbuat dari 45% lemak susu sapi dan agak berbeda dari keju jenis lain, karena tidak melalui proses pematangan. Karenanya, cream cheese sangat lunak dan mudah lumer. Selain itu, rasanya juga sedikit asam.

Salah satu cake yang memakai bahan cream cheese adalah Japanese Cheesecake, kue lembut yang merupakan perpaduan antara sponge cake dan cheesecake. Nah, kali ini saya mencoba resep dari blog Just My Ordinary Kitchen, yaitu Chocolate Japanese Marble Cheesecake.

Kue ini cocok untuk bekal sekolah anak, atau sebagai teman ngeteh. Motifnya lucu dan rasanya enak. Cheese lover seperti saya pasti suka karena ada perpaduan rasa keju dengan coklat.

Silakan disimak yaa..

Resep Chocolate Marble Japanese Cheesecake

Bahan-bahan:

  • 250 gram cream cheese, suhu ruang
  • 120 ml fresh cream/whipping cream cair, suhu ruang (saya pakai merk Anchor)
  • 60 gram butter
  • 50 gram terigu protein sedang (segitiga biru)
  • 50 gram maizena
    —> terigu dan maizena dicampur dan ayak
  • 5 kuning telur
  • 2 sdt parutan kulit jeruk lemon
  • 5 putih telur
  • 125 gram gula kastor (gula pasir halus)
  • 1 sdm air jeruk lemon

Bahan Chocolate Marble:

  • 15-20 gram coklat bubuk
  • 30 ml air panas
    —> Campur dan aduk rata, dinginkan
  • Air panas untuk au bain marie

Cara Membuat Chocolate Marble Japanese Cheesecake

  1. Panaskan oven 160°C. Siapkan loyang bulat diameter 20-22 cm. Alasi bagian bawahnya dengan baking paper/kertas roti, olesi dengan butter/margarin. Bagian sisi loyang tidak perlu dioles. Sisihkan.
  2. Campur jadi satu dalam panci kecil cream cheese, fresh cream/whipping cream dan butter, panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga lembut dan tercampur rata. Angkat dari api.
  3. Masukkan campuran tepung terigu dan maizena, aduk rata sampai benar-benar halus, jangan ada terigu yang masih bergerindil. Diamkan hingga agak hangat.
  4. Masukkan kuning telur, aduk rata. Pastikan campuran ini sudah benar-benar mulus dan tercampur rata. Masukkan parutan kulit jeruk lemon, aduk rata. Jaga agar tetap hangat kuku.
  5. Dalam wadah terpisah, kocok putih telur hingga berbusa lalu masukkan air lemon, kemudian secara bertahap (3 sampai 4 tahap) masukkan gula kastor dengan kecepatan sedang sambil terus dikocok hingga soft peak stage.
  6. Ambil 1/3 adonan putih telur, campurkan ke adonan cream cheese, aduk balik (fold) dengan merata menggunakan spatula.
  7. Masukkan campuran tersebut ke sisa 2/3 adonan putih telur, aduk balik (fold) hingga merata dengan gerakan lembut, jangan aduk memutar (stir) atau dikocok (beat).
  8. Ambil 150 gram adonan, masukkan campuran coklat bubuk. Aduk rata.
  9. Tuang ke loyang 1/2 bagian adonan putih, beri 1/2 bagian adonan coklat secara acak. Tuang kembali 1/2 bagian adonan putih, terakhir beri 1/2 bagian adonan coklat secara acak. Buat motif marble/marmer dengan bantuan tusuk sate/lidi bersih/pisau. Pastikan tusuk sate/lidi/pisau menjangkau sampai ke bagian bawah adonan agar motif marble-nya merata.
  10. Letakkan dalam loyang pendek yang sudah diberi sedikit air panas (memanggang sistem steam bake/au bain marie) selama kurang lebih 90 menit atau sesuai dengan oven masing-masing, hingga matang dan permukaannya golden brown, tes tusuk dan tes sentuh.
  11. Angkat, biarkan cake dalam loyang selama beberapa saat, hingga terlihat bagian sisi-sisi cake sudah menjauh dari pinggiran loyang. Keluarkan dari loyang. Dinginkan

Sajikan plain, atau dengan selai/buah sesuai selera.

-Nasya-

Ada komentar? Silakan...