Japanese Cheesecake, Kue Lembut yang Membelai Lidah

Cheesecake adalah satu kue yang banyak disukai. Baik cheesecake yang “berat” ala Barat atau yang light alias “ringan” seperti Japanese cheesecake, dua-duanya punya keunikan dan kenikmatan tersendiri. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang cheezy adalah keunggulan kue yang ngehits ini.



Bagi yang hobi membuat kue atau yang penasaran membuat kue ini di rumah, resep Japanese cheesecake (JCC) berikut bisa dicoba. Kue ini sangat terasa cake karena menggunakan terigu dan maizena dalam adonannya. Selain itu, cake-nya juga lembut sekali dan membelai lidah saat disantap.

Rasa JCC tidak terlalu manis, maka akan pas sekali jika ditambahkan glaze di atasnya seperti selai strawberry, blueberry, dan lain-lain, tergantung kesukaan masing-masing.

Berikut ini resep Japanese Cheese Cake yang diambil dari web Diana’s Dessert. Membuat kue ini cukup menyita waktu karena persiapan dan juga proses pemanggangan yang memakai teknik au bain marie yaitu teknik pemanggangan di mana loyang dimasukkan ke dalam air panas di dalam oven. Meskipun demikian, hasil akhirnya benar-benar memuaskan lidah.

Bahan-bahan:

  • 60 gram tepung terigu
  • 20 gram tepung maizena
  • 50 gram butter
  • 250 gram cream cheese, suhu ruang
  • 100 ml susu cair
  • 6 kuning telur
  • 2 sdt parutan kulit jeruk lemon
  • 6 putih telur
  • 140 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm air jeruk lemon

Cara Membuat Japanese Cheesecake : 

  1. Siapkan loyang bulat ukuran diameter 22 cm. Alasi kertas roti, olesi tipis mentega. Sisihkan. Pasang oven 160 derajat Celsius (tergantung oven masing-masing)
  2. Campur dan ayak tepung terigu dan maizena. Sisihkan.
  3. Campur butter, cream cheese, dan susu cair. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk rata sampai meleleh. Jangan terlalu lama ya, asal sudah meleleh dan tercampur rata langsung angkat.
  4. Masukkan campuran terigu dan maizena. Aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon aduk rata. Sisihkan.
  5. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai putih telur mengembang dan membentuk kerucut tumpul ketika mixer diangkat (soft peak).
  6. Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur (teknik pancingan), aduk rata sampai homogen. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie (steam bake atau pemanggangan dengan menggunakan loyang air) selama kurang lebih 75 menit (saya di atas 1 jam 😃) atau sampai permukaan cake menjadi kuning/coklat keemasan (tergantung oven masing-masing yaa). Keluarkan dari oven.
  7. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Kelupas perlahan kertas rotinya. Siap disajikan dengan olesan glaze di atasnya atau diberi topping sesuai selera.

Nyamnyam… 😋

-Nasya-

Jangan lewatkan juga resep cake ini : Opera Cake.


Ada komentar? Silakan...