Ide Resep Sehat: Sawi Putih Gulung Daging Udang

Bagi ibu-ibu di rumah, atau siapapun yang doyan masak, resep masakan rumahan tentunya selalu dicari. Selain untuk kreasi masakan agar hidangan tidak membosankan, dari aneka resep yang sudah ada kita juga bisa memperoleh ide-ide masakan praktis, ataupun resep sehat untuk keluarga.

Secara umum, masakan sehat adalah masakan yang mengandung nilai gizi tinggi seperti protein, mineral dan zat yang dibutuhkan tubuh lainnya. Kuliner yang menyehatkan biasanya juga bebas lemak dari minyak, karena masakan yang pengolahannya dengan direbus atau dikukus ditengarai lebih sehat dari pada masakan yang digoreng dengan minyak atau dibakar.

Kreativitas di dapur seringkali diperlukan untuk menghadirkan hidangan dari berbagai jenis bahan makanan. Apalagi untuk membuat satu masakan yang sehat. Misalnya ada sayuran segar yang merupakan salah satu sumber serat yang bermanfaat untuk pencernaan. Lalu ada daging-dagingan dan sea food yang jadi sumber protein hewani yang penting untuk pertumbuhan, kesehatan dan kekuatan. Bisakah mengolah dua jenis bahan makanan tersebut menjadi satu masakan yang praktis? Bisa dong.

Di bawah ini, saya akan share salah satu ide resep sehat untuk hidangan di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara membuat yang tidak rumit, bisa dihasilkan masakan yang sehat dan enak, yaitu Sawi Putih Gulung Daging Udang. Dari namanya sudah terbayang ya, bahan-bahannya. Mix daging giling, udang, dan jamur enoki berbalut sawi putih ini, bisa jadi lauk sekaligus sayur untuk teman makan nasi. Jangan salah, dimakan dengan cocolan saus sambal sebagai camilan juga sedap.

Penasaran dengan resep sehat ini? Yuk coba masak sendiri. Buat yang alergi atau tidak suka seafood, isian daging udang juga bisa dihilangkan atau diganti dengan yang lain ya.

Resep Sehat Sawi Putih Gulung Daging Udang

Bahan-bahan:

  • 10 lembar sawi putih
  • 250 gr daging giling
  • 10 ekor udang, bersihkan dari kepala, ekor dan kulit
  • Merica secukupnya
  • 1 bungkus jamur enoki
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Sawi Putih Gulung Daging Udang:

  1. Rebus lembaran sawi putih sampai agak layu. Angkat. Tiriskan, tunggu sampai dingin agar bisa digulung
  2. Buat isian dengan mencampur daging giling, garam, dan merica hingga rata
  3. Ambil selembar sawi putih rebus, letakkan isian daging sekitar 1 sendok di pangkal sawi, letakkan 1 ekor udang dan sejumput jamur enoki
  4. Gulung lembaran sawi putih yang sudah terisi sampai ke ujung. Lakukan sampai semua daun sawi putih dan isian habis
  5. Panaskan air, lalu kukus gulungan sawi putih isi sekitar 30 menit
  6. Jika sudah matang, angkat dan sajikan dengan saus sambal/tomat

Sebagai tambahan info, meski berserat dan bermanfaat, sebagian orang menghindari makan sawi putih karena dianggap mengandung banyak gas yang kurang baik untuk lambung.

Jika memang menghindari sawi putih, bahan resep daun sawi putih ini bisa diganti dengan selada, atau sayur lain sesuai selera, untuk gulungan luarnya.

-Nad-

Ada komentar? Silakan...