10 Jenis Pasta Terpopuler, Apa Bedanya?

Pasta mungkin identik dengan spaghetti. Namun sebenarnya penganan ini tak hanya sebatas itu saja. Pasta sendiri merupakan salah satu bahan kuliner yang terbuat dari olahan tepung dicampur dengan minyak sayur, garam, dan telur.

Makanan khas Italia ini cukup berhasil menarik perhatian para pecinta kuliner di seluruh dunia. Ini bisa dilihat dari maraknya restoran yang menyajikan menu variasi pasta dan digemari berbagai kalangan.

Jenis-Jenis Pasta yang Familiar di Indonesia

Kuliks tahu gak, di seluruh dunia, setidaknya ada lebih dari 30 jenis pasta lho. Setiap jenisnya punya nama yang berbeda, namun karena tidak paham banyak juga yang menyebutnya sama.

Nah, agar tidak salah sebut lagi, baca yuk info 10 jenis pasta yang paling sering ditemui di Indonesia, di bawah ini.

1. Fusili
Jenis pasta satu ini sangat nikmat disajikan dengan daging dan tumisan sayuran. Bentuk spiral menjadi ciri khasnya dan menjadi salah satu yang paling sering ditemui di Indonesia. Tak sekedar diolah layakanya pasta,  fusili juga kerap dijadikan campuran sup atau sekedar digoreng.

2. Ravioli
Bentuknya mirip dengan pangsit dan memiliki isian. Biasanya jenis ini disajikan dengan perasan lemon dan saus keju atau dibuat sup.

3. Alphabet pasta
Sesuai namanya, jenis satu ini memiliki bentuk sesuai alphabet dari a sampai z. Bahkan ada juga yang berbentuk angka. Menarik ya.

4. Angel Hair
Jenis ini termasuk juga yang paling sering ditemui di Indonesia dan sering salah sebut sebagai spaghetti. Padahal, angel hair dan spaghetti adalah 2 pasta yang berbeda. Angel hair jauh lebih tipis dari spaghetti. Sedangkan kekenyalannya, lebih kenyal spaghetti.

5. Cavatappi
Biasanya, jenis satu ini dipanggil dengan sebutan makaroni. Bentuknya memang mirip makaroni, namun adonan dari cavatappi ini berbeda karena dibuat layaknya pasta biasa namun tanpa telur.

6. Conchiglie
Pasta yang ini biasanya dicampurkan dalam sup atau salad. Bentuknya mirip seperti kulit kerang tapi tidak amis ya. Rasanya cenderung gurih dan lembut.

7. Farfalle
Jenis satu ini bentuknya mirip dengan dasi kupu-kupu. Unik yaa. Sudah pernah lihat?

8. Bucatini
Bentuknya mirip dengan spaghetti dan juga angel hair. Bucatini lebih tebal dari angel hair namun masih belum setebal spaghetti. Ciri khas khususnya adalah bagian tengahnya yang berlubang.

9. Spaghetti
Ini yang paling familiar dan favorit di Indonesia. Ya, spaghetti biasanya disajikan dengan saus yang bisa dikreasikan sendiri.

10. Elbow Macaroni
Kebanyakan orang mungkin menyebutnya dengan sebutan makaroni saja. Padahal masih ada nama lengkapnya lho. Berbeda dari jenis lainnya yang menggunakan tepung, elbow macaroni terbuat dari tepung gandum.

Nah, sekarang Kuliks tau kan, bedanya jenis-jenis pasta. Jadi jangan salah lagi sebut namanya ya..

-Cemil-

10 thoughts on “10 Jenis Pasta Terpopuler, Apa Bedanya?

  • Oktober 27, 2020 pada 12:09 pm
    Permalink

    Ternyata banyak macamnya, saya nggak tahu nama-namanya hihi. Baca tulisan ini jadi menambah wawasan, trims buat infonya Kak!

    Balas
  • Oktober 27, 2020 pada 2:23 pm
    Permalink

    Penasaran pingin coba yang Angel hair.. tapi sepertinya sulit ditemukan di Indonesia ya.. di sini lebih banyak mie lidi.. hehehe

    Balas
  • Oktober 27, 2020 pada 10:39 pm
    Permalink

    Macam-macam yang bentuknya. Penggunaannya dalam masakan berbeda-beda …. saya belum tahu sama semua jenisnya nih. Perlu baca berulang kali hehe.

    Balas
  • Oktober 28, 2020 pada 12:09 pm
    Permalink

    Di pasar sering lihat jenis pasta kering di kios yang jual bahan untuk pedagang bakso. Populer banget sampai dimodifikasi jadi bahan campuran seblak.
    Saya belum pernah lihat pasta abjad. Pasti seru untuk campuran sup agar anak-anak semangat makan. Sepertinya belum populer di Balubur Limbangan, Garut.
    Lebih populer pasta yang bisa dimodifikasi jadi bahan untuk jualan kuliner. Lagian pasta juga termasuk makanan sehat.

    Balas
  • Oktober 28, 2020 pada 3:40 pm
    Permalink

    Suka makanin jenis-jenis pasta ini, baru ngeh nama2nya, tapi ya g nomor 7 belum aku cobain, lainnya udah kucoba, baru tahu juga kalau diitung2 banyak juga ya jenisnya, selama ini tinggal lahap heheh, hanya hapal beberapa

    Balas
  • Oktober 28, 2020 pada 5:44 pm
    Permalink

    Waaah ternyata banyak ya macamnya. Dari sekian itu kayaknya yang pernah saya coba baru beberapa di antaranya. Ada yang belum pernah lihat sama sekali malah. Saya termasuk suka mencoba macam-macam makanan. Fusili, macaroni, dan spageti yang sering saya makan. Ohya, kalau gnocchi itu termasuk jenis pasta juga, atau bukan ya?

    Balas
  • Oktober 28, 2020 pada 8:04 pm
    Permalink

    Yang sering saya olah malah cuma berada di 2 urutan terakhir hehehe. Spaghetti dan elbow macaroni menurut saya paling gampang diolah jadi macam-macam menu.

    Balas
  • Oktober 28, 2020 pada 10:28 pm
    Permalink

    hehehe aku baru tau mbak, aku menganggap macaroni bukan dari kelas pasta yang mie mie panjang itu selama ini ehehe, astagaaaa
    pasta ini memang paling praktis dimasak ya, bikinnya juga cepet dan malah ada resep instannya juga

    Balas
  • Oktober 28, 2020 pada 11:01 pm
    Permalink

    Klo saya lebih suka pasta fetucini mbak..ga panjang bentuknya gampang makannya hehehe

    Balas
  • Oktober 29, 2020 pada 3:30 am
    Permalink

    Wah ternyata saya baru tau nama nya ternyata berbeda ya, saya sering mengira itu semua hanya makaroni aja. Tapi penasaran sih, apakah komposisi nya sama aja ? Hanya beda bentuk?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *