9 Kuliner Viral di Sepanjang 2018

Penghujung tahun 2018 sudah di depan mata. Ada banyak tren yang terjadi selama satu tahun ini, tak terkecuali soal kuliner. Beberapa kuliner hits tahun 2018 adalah kuliner kreasi baru, namun ada pula yang merupakan modifikasi dari kuliner jadul. Semakin berkembangnya fungsi media sosial (medsos) seperti Facebook, Instagram, You Tube, turut memberi andil tren kuliner, yang selalu bikin heboh karena efek viralnya di dunia maya.

Yuk kita rangkum kehebohan beberapa kuliner sepanjang 2018, yang menyedot perhatian publik di Indonesia.

Daftar Kuliner Viral 2018

1. Es Kepal Milo
Minuman desert ini tiba-tiba booming di Tanah Air, setelah awalnya hadir di Malaysia. Es kepal Milo terbuat dari es serut yang dikepal membentuk bola dengan menggunakan saus Milo dan diberi aneka topping. Es manis ini viral di medsos, dan jadi lahan bisnis baru di kaki lima hingga café-café, karena banyak orang berebut untuk mencicipinya.

es-kepal-milo

2. Jus Mangga Kekinian
Hingga saat ini, jus mangga ala Thailand masih banyak penggemarnya. Yup, sejak viral di awal tahun 2018, aneka brand jus mangga kekinian banyak bermunculan. Jus buah mangga dipadu dengan whipped cream dan potongan buah mangga, memang segar sekaligus mengenyangkan karena porsinya umumnya cukup besar.

3. Indomie Donut
Sekitar pertengahan 2018, Indomie Donut viral di media sosial setelah toko donat di Sidney, Donut Papi membuat kreasi ini dengan kolaborasi bersama Indomie Australia. Penjualan donat yang terbuat dari mie instan ini sebenarnya hanya dalam waktu terbatas, namun efek viralnya tak habis-habis. Berbagai tutorial pembuatan Indomie Donut marak di YouTube, maupun media sosial lainnya.

4. Pisang Nugget
Pisang nugget dibuat berupa potongan pisang berbalut tepung roti. Camilan krispi ini viral karena tampilan topping uniknya yang menggoda. Ada matcha, nutella, almond dan lain-lain. Meski sudah ada sejak tahun sebelumnya, namun di tahun 2018 kuliner ini makin hits dan variatif. Sampai saat ini tak terhitung penjaja pisang nugget yang bermunculan. Bahkan anak Presiden Jokowi, Kaesang, juga ikut meramaikan jagat pisang nugget dengan brand-nya: Sang Pisang.

5. Telur Gulung
Telur gulung sebenarnya merupakan jajanan murmer anak SD yang tidak asing lagi. Tapi berkat kreativitas, camilan jadul ini jadi kuliner viral hingga masuk ke cafe atau dijual di gerai khusus yang tak pernah sepi peminat. Kreasi telur gulung tak lain dengan tambahan aneka rasa. Rasa aslinya gurih karena berbahan dasar telur, lalu ditambah topping aneka rasa mulai dari barbeque, black pepper, keju mozzarella, hingga bumbu sate.

6. Sosis Telur
Sosis telor atau soslor, atau banyak juga yang menyebutnya sostel, sebenarnya camilan sederhana berupa sosis yang digulung dengan telur. Namun uniknya adalah wajan khusus pembuat soslor ini yang menarik perhatian dan bikin viral di media sosial. Soslor awalnya hanya disajikan dengan mayones, saus barbeque, serta saus sambal. Kreasi lainnya kemudian diciptakan dengan bumbu padang hingga sambal jambal.

7. Roti John
Sandwich ini biasa dijajakan di Malaysia dan Singapura. Roti panjang isi daging sapi, telur, sayuran, rempah, parutan keju, mayones dan saos, mulai ngehits pertama kali di kota Surabaya. Seperti kuliner viral lainnya, selanjutnya gerai Roti John hadir di mana-mana. Dengan ukuran panjang sekitar 40 cm, tentunya Roti John bisa dimakan beramai-ramai.

8. Ayam Lilit Keju ala Korea
Penampilan memang menentukan, tak terkecuali soal makanan. Adalah OJJU K-Food, resto Korea yang sudah hadir di Indonesia beberapa tahun silam. Nama Ojju makin berkibar tahun 2018 karena menu ayam lilit kejunya yang tampilannya sangat instagramable. Di setiap cabangnya, antrian resto ini selalu mengular. Rolling Cheese Chiken Drumstick, adalah menu populernya yang terbuat dari paha ayam goreng pedas dibalut lilitan keju mozzarella. Selain paha ayam, menu lainnya dalam lilitan keju melted ini adalah sayap ayam (chicken wings) serta iga sapi (ribs). Setelah menjadi kuliner viral, beberapa resto lokal juga ada yang menyajikan ayam lilit keju ini dengan aneka variasi.

9. Thai Tea
Yang juga booming di tahun 2018 adalah Thai Tea. Minuman teh susu asli Thailand ini sebenarnya sejak lama sudah hadir di Indonesia. Namun tahun 2018 kembali menarik perhatian orang karena kemasan dan rasanya yang semakin beragam. Ada rasa ice coffee, green tea, hingga ovaltine . Gerai Thai tea dengan bermacam label pun menjamur dan mudah ditemukan di pinggir jalan hingga di mal-mal.

-Cemil-

Ada komentar? Silakan...