Es Kepal Milo dan Soslor, Si Manis dan Si Gurih yang Lagi Hitz

Kali ini kita akan bahas dua di antara sekian banyak jajanan kekinian zaman now, yaitu Es Kepal Milo dan Soslor (Sosis Telor). Kuliks pernah coba?

Hampir di setiap sudut daerah di Indonesia kini banyak dijajakan Es Kepal Milo dan Soslor. Yang satu berupa dessert es, satu lagi camilan. Dua jajanan ini dijual mulai dari kaki lima sampai ke foodcourt dan resto. Saya menemukan kuliner ini saat mengunjungi Festival Palang Pintu Kemang awal Mei yang lalu.

Sekilas tentang Festival Palang Pintu, acara ini rutin diselenggarakan tiap tahun di sepanjang jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Tahun 2018 ini diselenggarakan sebelum Ramadhan yang lalu, berlangsung 2 hari penuh Sabtu dan Minggu dengan menutup jalan Kemang Raya. Festival ini kental dengan nuansa Betawi, mulai dari hiasan, isi acara, seperti ondel-ondel, pakaian khas betawi, sampai dengan jajanan yang ditawarkan.

Si Manis Es Kepal Milo

Entah siapa pencipta awal jajanan viral ini. Konon asal muasal dessert ini adalah dari negeri jiran Malaysia, sebelum masuk ke Indonesia.

Es Kepal Milo banyak dijajakan di Festival Palang Pintu Kemang. Harganya variatif, mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000. Saya mencoba satu penjual yang toppingnya menggunakan cereal Milo (sementara yang lainnya menggunakan cereal Koko Crunch).

Dessert hitz ini terbuat dari es batu yang diserut (dengan alat), lalu dikepal (dibentuk padat membulat) dalam mangkok saji, disiram menggunakan saus Milo (terbuat dari Milo bubuk yang dicampur dengan susu kental manis), lalu diberi topping seperti cereal, kacang, meises, wafer, dan lain-lain sesuai kreasi penjual. Lihat video di bawah ini.

Terbayang rasanya? Manis coklat tentu saja. Chocolover pasti suka ya, tapi bagi sebagian orang, akan terasa terlalu manis.  Buat saya, es ini cukup menyegarkan di tengah teriknya matahari kala itu. Dan manisnya dapat membuat semangat lagi.

Btw, info penelitian yang saya dapatkan, kalori yang terkandung dalam 1 porsi es kepal Milo sama dengan kalori 2 porsi mie ayam plus 1 porsi nasi ayam penyet. Wah, sepertinya tidak disarankan sering-sering mengkonsumsi es kepal ini ya..

es-kepal-milo

Sementara harga Rp. 15.000/porsi menurut saya agak kemahalan untuk es ini, mengingat topping-nya yang tidak terlalu “wah”. Coba buat sendiri saja di rumah yuk. Hehe…

Soslor (Sosis Telor) yang Gurih dan Unik

Saat di Festival Palang Pintu saya juga berkunjung ke Kedai Soslor yang menjual soslor unik. Sebenarnya camilan ini mirip dengan sosis digulung telur dadar yang diberi sedikit sayur. Namun cara membuatnya yang unik yang menjadikan jajanan ini menarik perhatian. Selain itu, penyajiannya juga memberikan sensasi yang berbeda dalam menikmati sosis telur goreng.

Digunakan alat khusus untuk membuat Soslor, yaitu semacam kompor dengan banyak lubang berdiameter kurang lebih 4 cm, dan berlapis teflon sehingga anti lengket. Uniknya, nanti Soslor naik keluar dari lubang wajan secara otomatis yang menandakan sudah matang. Berikut videonya.

Soslor yang sudah matang disajikan dengan ditambahkan topping saus mayones, saus tomat, saus sambal, saus barbeque dan taburan bubuk seaweed (rumput laut). Rasanya sendiri tidak istimewa, terasa gurih dari telur dengan tambahan rasa dari toppingnya. Camilan ini dijual seharga Rp. 20.000 per 2 tusuk.

Nah, masih penasaran dengan dua jajanan kekinian ini? Es Kepal Milo dan Soslor sebetulnya bisa dibuat sendiri di rumah. Jika kreatif, bukan tak mungkin rasanya lebih enak dari yang dijual-jual 😉.

-Nad-

Ada komentar? Silakan...