Bakpia Kukus Tugu Jogja, Satu Lagi Kreasi Bakpia yang Unik

Bakpia, kue khas kota Yogyakarta yang berbentuk bulat berisi kacang hijau atau isian lainnya, biasanya diproses dengan cara dipanggang menggunakan oven. Namun kini, ada bakpia unik dari kota Gudeg ini. Karena proses akhirnya adalah dikukus, jadilah Bakpia Kukus Tugu Jogja.

Bagaimana rasa kreasi bakpia unik ini? Cekidot yuk.

Bakpia Kukus Tugu Jogja yang Out of The Box

Bakpia kukus Tugu Jogja membuka outlet-nya di jalan Kaliurang km 5,5, Yogyakarta. Ada 2 jenis bakpia kukus yang ditawarkan oleh Bakpia Kukus Tugu Jogja, yaitu original yang berwarna putih dan brownies yang berwarna coklat. Keduanya memiliki pilihan filling yang sama, yaitu keju, coklat, kacang hijau, kacang merah, dan durian. Pada dus kemasannya, selain rasa-rasa di atas, juga tertulis rasa pisang dan susu. Namun sepertinya kedua rasa ini masih belum resmi dijual.

Kami mencoba 3 macam dus bakpia kukus, yaitu bakpia brownies rasa coklat, bakpia original rasa keju, dan bakpia original rasa kacang merah. Satu dus Bakpia Kukus Tugu Jogja berisi 10 buah bakpia kukus yang berdiameter kurang lebih 6 cm-an. Harganya Rp 30.000/dus. Masing-masing bakpia dikemas apik dalam sebuah plastik transparan bergambar logo yang menyerupai blangkon. Kalau diperhatikan, bakpia yang berbentuk bulat itu ditambah gambar blangkon pada plastik pembungkusnya, jadi seperti gambar wajah mengenakan blangkon. Kreatif sekali idenya.

Yang pertama dicicipi adalah bakpia brownies rasa coklat. Ternyata di dalam plastik pembungkusnya, si bakpia diletakkan dalam wadah plastik mika bulat dan diberi silica gel. Tekstur bakpianya mirip dengan japanesse steamed cake yang lembut dengan isian vla coklat. Rasanya nyoklat banget dan enak.

Bakpia original rasa keju memiliki tekstur yang sama dengan bakpia brownies. Ada sedikit aroma vanilla pada bakpia (cake luar) dengan filling berupa cream cheese. Tapi menurut saya kurang istimewa rasanya bila dibandingkan dengan bakpia brownies yang bakpianya sudah berasa coklat.

Bakpia kukus original isi kacang merah lebih mirip roti/cake. Bakpia ini terasa lembut di mulut, hampir tidak perlu dikunyah karena langsung lumer di mulut. Filling-nya berupa krim lembut rasa kacang merah yang manis gurih dan terasa kacang merah asli (bukan essence).

Well, Bakpia Kukus Tugu Jogja ini jauh dari pakem bakpia pada umumnya a.k.a out of the box. Karena bakpia yang kita kenal adalah berkulit tipis, terbuat dari tepung dengan isian kacang hijau atau rasa lain yang berbentuk padat. Sedangkan bakpia kukus menggunakan adonan steamed cake dengan filling vla.

-SQ & Nad-

Baca juga jenis bakpia lainnya dari Jogja yang merupakan oleh-oleh kekinian: Bakpia Princess Cake.

Review Bakpia Kukus Tugu Jogja
  • Kemasan
  • Tampilan
  • Rasa
  • Harga

Ada komentar? Silakan...