Bakso Racik Jenggo & Es Sirsak Warung Jajan Qiut

Siapa yang gak doyan bakso? Sepertinya akan jadi orang aneh di Indonesia ini jika ada yang tak suka dengan si bola daging yang banyak penggemarnya itu. Mulai dari anak-anak hingga orang tua, di kota maupun desa, semua kalangan bisa jadi fans bakso. Karena menjadi makanan favorit hampir setiap orang, maka para penjaja bakso pun kian inovatif menyajikan menu baksonya, untuk bersaing dan memperoleh pelanggan sendiri.

Kali ini saya dapat kesempatan singgah ke sebuah kedai di Jakarta Selatan yang menyajikan menu bakso yang asyik untuk dicicipi. Namanya Warung Jajan Qiut.. cute banget kan namanya, hehehe. Kedai ini lokasinya berada di Jalan Hang Lekir yang berujung di Universitas Dr. Moestopo, Jakarta. Ada satu rumah besar di sana yang paviliun-nya dipakai untuk menjual aneka jajanan termasuk bakso. Meski bernama Warung Jajan Qiut, kedai sederhana bernuansa rumahan ini lebih ngetop disebut Warung Bakso Jenggo. Ini karena salah satu varian menu favoritnya bernama Bakso Jenggot/Jenggo. Bakso campur tahu bakso dan bihun ini terkenal yummy. 

Menu Bakso Jenggo adalah tipe bakso biasa. Ada menu lainnya yaitu Bakso Racik Jenggo. Menu ini menurut saya luar biasa enak karena menggunakan kuah bakso yang sudah diracik bumbunya oleh penjualnya.  Jika tidak menyukai rasa pedas dan asam, pengunjung lebih baik memilih bakso jenggo biasa. Kalau saya,  memilih bakso racik jenggo karena doyan pedes 😁.

Bakso racik jenggo ini racikannya pas banget serta sesuai dengan lidah saya – rasa pedas, asamnya terasa pas, ditambah bihunnya yang lembut, baksonya yang kenyal, juga tahunya yang lembut. Disajikan di mangkuk alumunium, bakso ini sukses bikin saya ketagihan. Endes lah pokoknya.

Next menu yang lebih endess surendesss lagi, setelah tadi makan yang pedas dan asam, adalah es sirsak. Yup. Es sirsak yang manis dan segar ini adalah dessert favorit Warung Qiut. Rasanya nikmat karena sekali suapan saja esnya bikin lidah merinding hehehe.. ditambah ada topping seperti potongan kelapa kecil dan sirsak yang dibekukan jadi ketika digigit rasa sirsaknya lumer … nyamm!

Harga 1 porsi bakso jenggo biasa adalah Rp30 ribuan,  bakso raciknya dihargai Rp 36 ribu, dan harga es sirsaknya sekitar Rp20 ribuan. Menu lainnya yang tersedia di Warung Qiut yang juga harus dicoba ada Tekwan, Nasi Bogana, Nasi Bali, Nasgor Jambal Nasi Cakalang, Nasi Goreng Roa dan lainnya.

Yuks. Penggemar bakso harus cobain yaa.. 😋

-Nienz-

Ada komentar? Silakan...