Berburu Aneka Jajanan Pasar di Kartiko

Surabaya, ibu kota propinsi Jawa Timur, punya ragam kuliner unik yang bakal menggugah selera pecinta kuliner. Beberapa menu khas kota yang dipimpin oleh Ibu Risma ini, pernah masuk dalam film layar lebar Aruna dan Lidahnya (2018), seperti rawon, nasi bebek, lontong kupang dan kacang kuwa.

Sama-sama di Jawa Timur, kuliner kota Surabaya juga memiliki kemiripan dengan kota Malang. Sebut saja rawon, lontong cap gomeh, kue serabi, kue perut ayam dan sebagainya, mudah ditemui di dua kota itu. Saat berada di Surabaya, saya pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk mencari kuliner Malang yang selalu saya rindukan, yaitu kue serabi dan kue lumpur bakar.

Jajanan Komplit di Kartiko Jajan Pasar

Kuliks suka kue-kue tradisional jajanan pasar? Nah di Surabaya, ada rekomendasi tempat berburu jajanan yang patut dicoba. Kartiko Jajan Pasar namanya. Kartiko Jajan Pasar yang saya kunjungi berada di pasar Atom, tepatnya di Pasar Atom Mall, Lantai 3.

Kartiko Jajan Pasar

Fyi, Pasar Atom ini surganya jajanan lho. Ada bubur Madura, cakue, aneka keripik, aneka manisan, hingga makanan impor, tersedia di pasar ini.

Back to Kartiko Jajan Pasar, bangunan warung ini didominasi warna coklat muda dan hijau muda bernuansa klasik dengan penggunaan ornamen kayu dan tegel kunci.

Interior kayu Kartiko

Warung ini menyediakan beberapa meja dan kursi, kayu maupun plastik sebagai area dine-in layaknya warung makan. Tampak pajangan teko-teko besi dan peralatan kayu digantung di salah satu sudut ruangan, yang menambah kesan jadul dan antik.

Area dine in di Kartiko

Tidak hanya ada jajanan pasar, cake dan roti, di Kartiko Jajan Pasar dijual pula aneka minuman, aneka bubur, kolak, serta nasi bungkus. Duh godaan sekali berkunjung ke tempat ini. Aneka jajanannya yang unik dan jadul, malah bikin penasaran.

rak-saji-kartiko-jajan-pasar
Deretan Jajanan Pasar di Rak Warung Kartiko

Ada kue lumpur asin isi daging, gorengan ote-ote, kue apem selong hingga kacang kuwa (kuah), dan  masih banyak lagi. Rasanya, semuanya ingin saya beli. Tapi mengingat kapasitas perut yang terbatas dan masih banyak destinasi kuliner yang ingin saya kunjungi, maka saya kembali ke selera Malang. So, di warung ini saya hanya mencicipi kue serabi kuah kinca dan lumpur bakar favorit saya.

Serabi Kuah Kinca

Perpaduan kue serabi berwarna putih dan hijau yang lembut dengan kuah kinca yang encer, tidak bikin eneg. Sedangkan kue lumpur bakar yang lembut dengan topping kelapa, manisnya juga pas. Kedua kue ini dibanderol dengan harga berturut-turut Rp 9.500 dan Rp 10.000 per buahnya. Cukup pricey, tapi sepadan dengan rasa dan kualitasnya.

-SQ-

Review Kartiko Jajan Pasar
  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Makanan/Minuman
  • Harga
3.8

2 tanggapan untuk “Berburu Aneka Jajanan Pasar di Kartiko

  • Februari 27, 2019 pada 12:22 pm
    Permalink

    ini mah jajan pasar naik kelas ceritanya ya. hihihi
    lumayan mehong jg harganya. tapi tokonya unik & lucu.

    Balas

Ada komentar? Silakan...