Es Cincau Susu by Warung Tekko

Es cincau adalah salah satu pilihan favorit saya untuk pelepas dahaga. Selain dingin-dingin menyegarkan, cincau juga diketahui banyak manfaatnya. Terbuat dari air perasan daun cincau, agar-agar cincau berkhasiat dan biasa digunakan untuk pengobatan tradisional sebagai obat penurun panas, batuk, tekanan darah tinggi, perut kembung, sembelit. Cincau itu sendiri rasanya hambar, namun kenyal-kenyal agarnya memiliki kekhasan tersendiri. Biasanya cincau dibuat menjadi minuman es dengan santan manis atau sirup, atau menjadi campuran es campur.

Ceritanya, siang itu ada  janji meeting project bersama teman-teman. Dipilihlah Warung Tekko untuk lokasi meeting santai itu, yang berada di Plaza Festival, Jl. HR Rasuna Said Jakarta. Sambil menanti yang lain datang, saya pesan minum duluan.  Siang-siang terik memang paling enak kalau minum minuman dingin, dan pilihan saya jatuh pada menu minuman es cincau susu agar haus terobati dengan minuman segar dan sehat.

Sekitar 7 menit setelah order, es cincau susu seharga Rp19.900 (belum termasuk pajak) datang ke meja. Wah benar-benar porsi untuk orang kehausan nih :)) Gelasnya tinggi besaar.. Penyajiannya sederhana saja, gelas besar dengan satu sedotan. Warnanya kurang menarik selera, kumpulan cincau hitam mengapung di atas cairan putih susu. Saya pikir tadinya potongan cincaunya besar-besar, karena makan agar-agar cincau potongan besar adalah sensasi unik tersendiri bagi saya 😉 Ternyata cincaunya adalah potongan kecil-kecil yang bisa masuk sedotan. Pantaslah tidak disediakan sendok tambahan untuk meraup cincaunya.

Karena tidak disediakan sendok sendiri, jadilah saya mengaduk minuman es ini dengan sedotan yang tersedia. Slrup… slurp…  yang terasa adalah rasa susu putih kental manis dingin. Lumayan juga, haus saya cukup terobati. Tapi.. di mana cincaunyaa?? Potongan kecil cincau itu tak berdaya di tengah lautan susu hehehe… Manisnya pas, tapi secara keseluruhan saya seperti hanya minum susu yang ditambah “hiasan” cincau. Semacam bubble tea gitu. Masalah selera sih. Tapi untuk penggemar cincau seperti saya, saya sarankan pilih minuman lain aja yaa.

-Cemil-

 

Ada komentar? Silakan...