Es Doger Nostalgia SMA

Es doger, kuliner khas Jawa Barat, saat ini mudah ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran di hotel-hotel berbintang. Di acara-acara dan hajatan pun, es doger kerap disuguhkan sebagai dessert yang menyegarkan. Es doger tampil mulai dari yang kemasan dan tampilanya sederhana, hingga yang dimodifikasi beraneka topping.

Kuliner di Gang Selot

Makan es yang berasa manis gurih segar ini selalu membuat saya bernostalgia akan masa remaja. Yup, di samping sekolah menengah saya di Jl. Ir. H. Juanda Bogor, ada sebuah jalan kecil (gang) bernama Gang Selot. Di sini berkumpul para pedangang makanan dan minuman gerobak menjajakan jualannya, termasuk si tukang es doger, salah satu jajanan favorit saya.

Sejak dulu Gang Selot jadi pusat jajan anak-anak sekolah di sekitarnya, yang menyerbu para pedagang saat jam istirahat maupun pulang sekolah. Ada beberapa sekolah di seputar Gang Selot, mulai dari SD, SMP hingga SMU. Tak heran keberadaan para pedagang di Gang Selot dipertahankan hingga kini. Penampakan Gang Selot sekarang jauh lebih modern dan bersih, dibandingkan saat saya sekolah 20an tahun yang lalu. Pedagang di Gang Selot tersebut makin variatif dan resmi menjadi binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor, sebagaimana terpampang di plang masuk gang.

Saya sering melewati Gang Selot ini karena letaknya memang di tengah kota. Dekat Kebun Raya, Balaikota dan Stasiun Kereta Bogor. Kadang saya menyempatkan mampir hanya untuk minum atau jajan batagor di Gang Selot. Kali ini saya akan me-review es doger ala Gang Selot.

Es Doger Favorit Harga Pelajar

Meskipun bukan penjual yang sama dengan saat zaman saya sekolah dulu, tapi es doger Gang Selot tetap jadi favorit saya hingga saat ini. Murah dan enakk..

Es seharga Rp8.000 pergelas ini disajikan di gelas besar. Warna-warninya saat dibawakan menggugah selera untuk segera menyantapnya. Aneka warna itu menunjukkan isinya,  yaitu:  ungu dari ketan hitam, putih kekuningan dari tape singkong, hijau dari alpukat, putih dari es serut kelapa susu, dan pink dari sirup cocopandan. Kalau diaduk jadi satu, campuran warnanya jadi terlihat mayoritas pink. Ini campuran asli es doger Jawa Barat. Nyammm.. segerr. Perpaduan aneka isi dengan es serut yang gurih manis kelapa benar-benar menyegarkan. Apalagi jika disantap di siang hari. Pembeli bisa request mengurangi atau menambah isi es doger jika ada yang tidak disuka.

Untuk yang tertarik mampir Gang Selot, jangan hari Minggu yaa.. karena pedagang tutup jualan mengikuti libur sekolah. Dan jika hari Senin-Sabtu datangnya, disarankan pagi-pagi sebelum jam istirahat sekolah agar agak sepi dan tidak kehabisan.

Saya akan selalu kembali ke Gang Selot untuk menikmati es dogernya. Selain sambil menikmati jajanan lain untuk menemaninya, seperti bakso, siomay, batagor, doclang, dsb., juga sambil bernostalgia 😘

-Cemil-

Satu tanggapan untuk “Es Doger Nostalgia SMA

  • September 23, 2017 pada 9:59 am
    Permalink

    Deket sekolahan tuh.. mmg enakk esdogernya

    Balas

Ada komentar? Silakan...