Si Manis Dulce de Leche, Susu Rasa Karamel

Bagi yang hobi bikin kue atau bergelut di dunia baking, pasti tak asing dengan istilah dulce de leche. Menurut Wikipedia, Dulce de leche artinya gula-gula susu (diambil dari bahasa Spanyol). Bahan untuk campuran cake dan roti ini bisa berupa cair atau gula-gula, yang dibuat dengan cara merebus susu kental manis dengan api kecil. Hasil akhirnya, rasanya akan berubah menjadi mirip karamel, sehingga banyak juga yang menyebut dulce de leche sebagai susu karamel.

Sudah lama saya punya keinginan untuk coba membuat bahan ini. Penasaran, karena untuk membuat beberapa cake diperlukan bahan ini. Dan saya juga belum menemukan ada yang menjual bahan ini (kalaupun ada pasti harganya mahal). Jadi, membuatnya sendiri jadi pilihan terbaik, dari pada pusing nyari-nyari, selain juga tuk menghemat.

Cara pembuatannya sebenarnya mudah. Hanya saja karena butuh waktu cukup lama dan tidak bisa terlalu lama ditinggal-tinggal, ini yang sering membuat saya mengurungkan niat untuk membuatnya. Padahal susu kental manis sudah banyak tersedia di rumah.

Nah, baru-baru ini akhirnya saya berkesempatan membuat susu karamel ini saat akan membuat cake untuk Abinya anak-anak. Saya membuatnya selama 3 jam, sejak jam 7 sampai jam 10 malam.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan serta cara membuat dulce de leche. Silakan disimak.

Yuk Buat Sendiri Dulce de Leche

Bahan-Bahan:

  • Susu Kental Manis (SKM)
  • Air secukupnya sampai seukuran panci yang akan digunakan untuk memasak.

Dulce-de-leche

Cara Membuat Dulce de Leche

  1. Siapkan SKM, lepas labelnya. Untuk menghemat gas sebaiknya langsung masak sekaligus 3-4 SKM.
  2. Siapkan panci besar, isi dengan air sampai penuh lalu masukkan kaleng isi SKM (sekaleng-kalengnya)
  3. Rebus SKM dengan menggunakan api sedang. Pastikan air berada di atas permukaan kaleng SKM. Jika air mulai berkurang sebaiknya segera masukkan air mendidih. Kaleng yang tidak terendam air dapat menyebabkan kaleng meledak.
  4. Rebus selama kurang lebih 4 jam. Setelah 4 jam angkat kaleng susu dan dinginkan hingga benar-benar dingin sebelum dibuka. Setelah dingin pindahkan ke dalam wadah kaca dan simpan di kulkas.

Selain untuk bahan campuran kue, dulce de leche ini enak lho untuk dioleskan ke roti, dicolek-colek untuk cemilan. Endeeesss.

Happy cooking… 😉

-Nasya-

Resep cake yang pakai bahan dulce de leche, bisa dibaca di sini.

Satu tanggapan untuk “Si Manis Dulce de Leche, Susu Rasa Karamel

Ada komentar? Silakan...