Variasi Resep Pisang Goreng: Pisang Goreng Thailand & Piscok Keju Bungkus

Pisang goreng sebagai camilan memang tak pernah membosankan ya. Selain enak, membuat camilan satu ini juga praktis, mudah dibuat sendiri di rumah. Dimakan hangat, ditemani secangkir teh atau kopi. Hmmm..

Apalagi variasi pisang goreng pun kini semakin beragam dan menarik. Tak hanya berbalut tepung terigu, tapi juga digoreng dengan aneka tepung lain dan atau plus topping.

Kali ini saya akan bagikan dua ide resep pisang goreng maknyus yang harus dicoba di rumah, yaitu Pisang Goreng Thailand dan Piscok Keju Bungkus. Cekidot

Resep Pisang Goreng Thailand ala Pilov

Beberapa waktu yang lalu pisang goreng asal Thailand ngehits di Indonesia. Kuliner negeri gajah putih ini di negara asalnya disebut kluay khaek. Yang khas dari camilan ini adalah adanya tambahan parutan kelapa dan wijen pada adonan tepung beras + tepung terigu.

Kabar gembiranya, ada satu produk tepung untuk adonan pisang goreng Thailand, mereknya Pilov. Dengan Pilov, kita tak perlu repot menakar dan mencampur bahan adonan ala Thailand. Anti gagal, mudah dan praktis, karena proses memasak hanya 20-30 menitan saja.

Kemasan Pilov berwarna kuning dengan ikon gambar pisang bermata 2 yang lucu. Saya membeli online tepung Pilov ini di Ummara Store.

Cara menggunakan tepung pisang Pilov sebenarnya tercantum di kemasan produk bagian belakang. Tapi saya share juga di sini. Berikut resep praktis pisgor Thailand dengan tepung Pilov.

Bahan-Bahan

  • 1 sisir pisang Uli atau pisang Kepok, potong dua memanjang atau sesuai selera
  •  1 bungkus tepung pisang Pilov
  • 140 ml air
  • minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat

  1.  Campur 1 bungkus tepung Pilov dengan air.
  2. Masukkan pisang ke dalam adonan tepung
  3. Goreng pisang dalam minyak hingga kuning kecoklatan.

Nah, mudah banget kan? Tepung instan Pilov memang khusus untuk adonan pisang goreng Thailand, sehingga sensasi gurih kelapa, manis dan tekstur wijennya terasa nikmat membalut manisnya pisang. Makan satu potong pisgor Thailand ala Pilov pasti masih kurang. Saya sih nyomotin terus, gak bosen-bosen. Hehehe…

Kuliks yang berminat order tepung ini bisa hubungi Ummara Store di nomor WhatsApp: 0813-2001-2028. Bisa kirim ke seluruh Indonesia loh via ekspedisi.

Resep Piscok Keju Bungkus

Resep pisang goreng yang kedua adalah Piscok Keju Bungkus. Pisang coklat keju berbalut kulit lumpia ini rasanya adalah paduan renyah, manis dan gurih. Nikmat disantap sebagai camilan keluarga di siang atau sore hari.

Simak cara buatnya di bawah ini.

Bahan-Bahan:

  • 2 buah pisang Tanduk, iris-iris serong sekitar 0.5 cm
  • 8 lembar kulit lumpia siap pakai
  • Coklat meses secukupnya
  • Keju cheddar secukupnya, parut
  • Minyak untuk menggoreng
  • Sedikit air untuk membasahkan kulit lumpia supaya menempel

Cara Membuat:

  1. Ambil 1 lembar kulit lumpia, letakkan dengan posisi terbuka di alas datar
  2. Ambil 3 iris pisang, letakkan di atas kulit lumpia
  3. Taburi meses dan parutan keju di atas irisan pisang
  4. Lipat salah 1 sisi kulit lumpia ke arah dalam, dilanjutkan sisi-sisi lainnya sambil sedikit olesi air di ujung-ujungnya supaya menempel
  5. Panaskan minyak untuk menggoreng (deep fry)
  6. Goreng pisang hingga kulit lumpia kering dan berwarna kecoklatan.

-Cemil & Nad-

Coba juga ini, resep gorengan gurih yang endess: Kroket Keju Leleh.

Ada komentar? Silakan...