Malkist Tape, Camilan Lawas yang Legit

Tape singkong, yang disebut juga peuyeum dalam bahasa Sunda ini, adalah singkong yang difermentasi sehingga terasa manis asam saat sudah matang. Meskipun bentuknya seadanya, tape tetap enak dimakan begitu saja. Namun dengan berbagai kreativitas, tape bisa juga jadi campuran pelengkap hidangan, topping atau diolah menjadi penganan lezat. Nah, kali ini saya ingin membagikan resep cara membuat Malkist Tape atau Gabin Tape. Saya buat kue ini request dari sang suami, karena termasuk salah satu camilan favoritnya 😋



Meskipun kue ini termasuk camilan lawas, tapi bagi saya dan keluarga, rasanya yang enak selalu bikin kangen. Makanya jika ada bahan tape singkong, ide yang terpikir adalah membuat malkist tape ini.

Cuslah… ini dia resep Malkist Tape.

Bahan-Bahan:
  • 300 gr tape singkong matang
  • 3 sdm susu kental manis
  • 1 sdm gula pasir
  • 100 gr keju diparut
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt vanili bubuk
  • 3 sdm tepung terigu segitiga
  • 1 bungkus biskuit malkist
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat Malkist Tape:
  1. Haluskan tape menggunakan garpu.
  2. Tambahkan susu kental manis, gula pasir dan keju parut. Aduk hingga tercampur rata. Koreksi rasa, kalau saya sih tidak suka terlalu manis.
  3. Jika rasa sudah pas, masukkan garam, vanili bubuk dan tepung terigu. Aduk rata.
  4. Ambil 1 keping biskuit malkist, oleskan adonan tape kira-kira 1 sdm secara merata. Tutup dengan biskuit malkist yang lain. Lakukan hingga adonan tape habis.
  5. Panaskan minyak goreng secukupnya, goreng biskuit malkist hingga berwarna kuning keemasan.
  6. Angkat malkist tape dan sajikan.
Cara Membuat Malkist Tape

 Tips:

  1. Pada saat memasukkan tepung terigu ke campuran tape yang sudah dihaluskan, jangan dimasukkan semuanya sekaligus. Masukkan sesendok demi sesendok sampai dirasa adonan tapenya tidak terlalu lembek, tapi juga tidak terlalu padat. Pakai ilmu kira-kira ya;)
  2. Biskuit malkist yang digunakan disesuaikan dengan selera saja. Kalau saya suka yang ada gulanya jadi ada sensasi krenyes-krenyes waktu dimakan. Dan pastikan biskuit malkistnya merekat erat dengan adonan tapenya agar tak lepas sewaktu digoreng.
  3. Saat menggoreng si biskuit malkistnya jangan dibolak- balik , agar tak menyerap banyak minyak. Baliklah biskuit malkist saat kita yakin jika yang bagian bawah sudah cukup matang.

 

Mudah kan? Selamat mencoba.

-SQ-
Kalau yang ini, resep kue kekinian : Crunchy Crispy Chocolate. Ayo.. dicoba juga 🙂



Ada komentar? Silakan...