Resep Tempe Jeletot Enak yang Bikin Melotot

Beberapa tahun belakangan marak kuliner dengan nama akhiran jeletot. Ada gehu (toge tahu) jeletot, seblak hot jeletot, tempe jeletot. Ada yang tau artinya?

Jeletot dalam bahasa Sunda secara luas berarti melotot. Kata ini digunakan untuk menggambarkan makanan yang saking pedasnya sehingga bikin mata melotot. Wah…

Tempe maupun tahu jeletot sebenarnya bisa untuk lauk maupun camilan ya. Penganan ini pernah hits dan masih seru tuk disajikan di rumah. Kali ini akan dibagikan ressep asyik Tempe Jeletot. Sesungguhnya ini resep gorengan yang praktis aja, dengan bahan simpel. Tapi rasanya hmmm…. Renyah tempe berbalut tepung bumbu dengan isian pedas, asli akan bikin penikmat makanan pedas tak hanya melotot, tapi juga melet-melet ketagihan hihihi.

Mumpung masih #dirumahaja nih, gak perlu mati gaya. Yuk kita eksekusi resep camilan crispy enak ini.

Resep Tempe Jeletot

Bahan-bahan

  • Tempe
  • Cabai rawit merah & hijau
  • Garam
  • Gula
  • Bawang putih
  • Minyak
  • Tepung bumbu
  • Air

Cara Membuat Tempe Jeletot

resep-tempe-jeletot
  1. Iris tempe selebar 2 cm, lalu belah ½-nya jangan sampai terputus
  2. Ulek bawang putih, cabai rawit merah, rawit hijau, garam secukupnya, gula secukupnya
  3. Panaskan minyak, tumis ulekan cabai sampai harum dan matang
  4. Isi tempe dengan cabai yang sudah ditumis
  5. Siapkan adonan tepung dengan memberikan sedikit air hingga adonan adonan basah tapi tidak terlalu cair (kental saja)
  6. Celup tempe yang sudah diisi cabai ke adonan tepung, balut hingga tercelup semua bagian
  7. Panaskan minyak, goreng tempe isi sampai matang kuning kecoklatan
  8. Nikmati Tempe Jeletot hangat-hangat. Bisa dicocol dengan saus sambal atau dengan cabe rawit utuh jika ingin menambah sensasi jeletot-nya.
resep-tempe-jeletot-2
resep-tempe-jeletot-2
Lebih nikmat dimakan hangat-hangat

– Nad –

Btw, buat Kuliks yang punya resep asyik dan unik, jangan disimpen sendiri. Kuliner Asyik punya program “Kirim Resep Asyik.” Yuk kirim-kirim resepmu untuk di-share di Instagram @kulinerasyik_ig atau nongol di website Kuliner Asyik ini. Ada giveaway menarik loh untuk resep paling asyik setiap bulannya. Ajak juga temen dan keluarganya yaa…

kirim-resep-asyik
Kirim ke email atau DM di Instagram @kulinerasyik_ig

10 thoughts on “Resep Tempe Jeletot Enak yang Bikin Melotot

  • September 14, 2020 pada 7:42 am
    Permalink

    wah simpel banget resepnya
    bisa dibuat dengan mudah nih
    apalagi aku suka banget tempe
    jadinya ya bis abuat cemilan nih
    makasih respnya mbak

    Balas
    • September 19, 2020 pada 11:45 am
      Permalink

      Aku suka niy makanan pedes2 begini. Aku pernah bikin juga mirip kayak gini, semua bahan sama kecuali tepung bumbu. Jd klo aku tempenya cuma dipotong dadu aja trus ditaburin cabe rawit yg diiris plus bawang2an dan minyak panas. Boleh juga niy dicobain bikin pake tepung bumbu kayak resep ini. Tampak enak Kak. Makasih resepnya.

      Balas
  • September 18, 2020 pada 1:23 pm
    Permalink

    Ulala, kebayang nendangnya rasa pedasnya tempe jeletot ini.
    Baru paham arti kata jeletot, di dekat rumah saya – saya di Makassar, ada yang jualan Singkong Jeletot. Bingung apa artinya, rupanya pedas yang nendang begitu ya. Iya, sih yang buka warung ini dari Bandung.

    Balas
  • September 19, 2020 pada 7:49 am
    Permalink

    Keren ini resepnya, bikinny agampang dan kayaknya rasanya nggak terlupakan deh.. mau coba ah nanti kalau lagi masak tempe

    Balas
  • September 19, 2020 pada 1:49 pm
    Permalink

    Aq lagi nyari resep-resep masak nih, seneng bisa ketemu postingan ini jadi bisa eksplorasi masakan dari tempe. Ntar pengen cobain bikin

    Balas
  • September 19, 2020 pada 2:31 pm
    Permalink

    Beberapa tahun lalu pernah coba bikin tempe jeletot karena kabita dengan tayangan YouTube.
    Rasanya pedas, cuma butuh teknik memasak yang tepat agar tempe renyah dibalut tepung. Saya bikin adonannya terlalu cair jadinya kurang mantap. Hi hi.

    Kapan-kapan pengen coba bikin.
    Makasih panduannya. Jadi tahu letak gagalnya di mana.

    Balas
  • September 19, 2020 pada 4:54 pm
    Permalink

    Tempe juga bisa dijadikan resep jeletot ternyat caranya cukup mudah ya, jadi pengen coba buat makasi resepnya mba 🙂

    Balas
  • September 19, 2020 pada 5:03 pm
    Permalink

    dari namanya aja udah jelas banget ya, pasti ini tempe pedas banget, tapi pasti enak, sebagai orang SUnda suka banget sama tempe yang digoreng terus dimakan pakai sambal begini, duh jadi pengen banget deh kak. beneran deh kak itu berasa banget di lidah ya Allah ehehhe

    Balas
  • September 19, 2020 pada 5:44 pm
    Permalink

    Namanya unik ya tempe jeletot. Ini pertama kalinya saya dengar ada makanan ini. Padahal tempe termasuk makanan sehari-hari dan favorit saya

    Balas
  • September 19, 2020 pada 8:07 pm
    Permalink

    Baru tahu tempe jeletot biasanya tahu jeletot yang populer. Nanti mau coba bikin ah, udah kebayang rasa pedes dan gurihnya.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *