Sate Lilit Ayam Udang, Kreasi Nikmat Kuliner Khas Bali

Sate lilit, termasuk varian sate asal pulau Dewata. Kuliner tradisional Indonesia ini punya kekhasan tersendiri yaitu dagingnya yang digiling dan diolah dengan tusukan batang sereh.

Sate ini bisa terbuat dari ikan, ayam atau daging hewan lainnya. Rasanya yang gurih nikmat serta otentik khas Bali, bikin lahap makan deh.

Sate-lilit-bali

Aslinya, proses pembuatan sate lilit itu, apapun jenis dagingnya benar-benar dibuat hancur, lembut seperti adonan bakso. Kelapa dan bumbu-bumbu lain pun tidak diparut, melainkan di “teteg” atau dicincang sampai halus.

Dari dapur pulau Dewata, hidangan ini juga bisa tersaji di rumah masing-masing lho, dengan berbagai modifikasi sesuai kreasi sendiri. Yuk simak dan ikuti resepnya di bawah ini. Pada resep ini, daging yang digunakan adalah daging ayam dan udang.

Membuat Sate Lilit Ayam Udang

Bahan-bahan:

  • Cabe merah besar 2 buah
    (Jika tidak mau pedas, buang bijinya, dan kalau suka pedas bisa tambah cabe rawit)
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 5 siung
  • Jahe 2 cm, bakar
  • Kunyit 3 cm, bakar
  • 1 sendok teh terasi bakar
  • 5 kemiri bakar
  • 100 ml minyak
  • Daging ayam giling 350 gr
  • Udang giling 150 gr
  • Kelapa parut muda 150-200 gr
  • ¼ keping gula merah (gula Jawa), disisir supaya halus
  • 1 sendok teh garam
  • ½ sendok teh merica
  • 2 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • sereh
sate-lilit-bali-2

Cara Membuat Sate Lilit Ayam Udang:

  1. Blender/haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, terasi, kemiri, minyak
  2. Panaskan/tumis bumbu halus (tidak perlu tambah minyak karena pada saat dihaluskan sudah menggunakan minyak untuk memudahkan menghaluskan)
  3. Tambahkan daun salam, daun jeruk, air asam jawa dan irisan 1 batang sereh, tumis sampai harum dan sedikit berubah warna, lalu matikan api, diamkan sampai dingin
  4. Siapkan wadah, masukkan kelapa parut, ayam giling, udang giling, gula merah, garam, merica, dan bumbu tumisan yang sudah mulai dingin, aduk agar tercampur merata. Bisa juga diblender lagi hingga halus
  5. Ambil sekitar 1 sendok makan adonan, taruh di tangan, masukkan batang sereh di bagian tengah adonan lalu tekan-tekan sambil dililit ke batang sereh sampai adonan merata dan berbentuk melonjong, sisihkan.
    *Bisa juga menggunakan tusuk sate biasa atau batang sumpit kayu sebagai pengganti sereh, jika tidak ada.
  6. Panggang/bakar sate sampai matang merata.
  7. Sajikan dengan sambal matah lebih nikmat

-Nad-

5 thoughts on “Sate Lilit Ayam Udang, Kreasi Nikmat Kuliner Khas Bali

  • Agustus 7, 2020 pada 2:54 am
    Permalink

    enak banget , sate lilit lebih banyak dagingnya

    Balas
  • Agustus 7, 2020 pada 10:00 am
    Permalink

    Udah lama pengeeeen bikin sate lilit. Tp kadang kepikiran kalo ga pake batang sereh sbnenrnya bisa aja kan yaaa . Apa ngaruh ke aroma ?

    Cm kayaknya hrs beli oven dulu, biar manggangnya bisa merata :D.

    Tiapkali ke Bali, aku pasti ga pernah absen beli sate lilit dan sambal matahnya :D. Walopun kdg suka sebel,kalo nemu yg dagingnya ga terlalu tebel hihihihi.

    Balas
    • Agustus 9, 2020 pada 9:10 am
      Permalink

      Bisa aja kok pake tusuk sate biasa. Betul, aromanya kurang greget klo gak pake batang sereh. Selain itu ada filosofinya loh.. klo di Bali, batang sereh di sate lilit jadi simbol pemersatu masyarakat Bali.
      Oya utk panggangnya gak mesti pake oven kak. Bisa dgn grill, wajan anti lengket, atau dibakar langsung di atas api.

      Balas
  • Agustus 7, 2020 pada 2:04 pm
    Permalink

    aku ngeces klo liat sate lilit
    lebih suka ini si dibanding sate ayam biasa
    soalnya lebih seger
    apalagi kalo smabalnya seger hmmm

    pengen coba buat tapi ga bisa huhu

    Balas
    • Agustus 8, 2020 pada 8:40 pm
      Permalink

      Emang sedap si sate lilit ini.. krn bumbunya meresap ya. Ayo coba buat kak.. Ikutin aja resepnya, mudah kok asal ada bahan2nya

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *