Bukit Air Resto, Sensasi Makan di Tengah Sawah

Saat akhir pekan tiba, wisata kuliner menjadi salah satu tujuan populer masyarakat. Betapa tidak, saat ini semakin banyak resto asyik untuk dikunjungi, di tengah kota hingga ke pinggiran. Nah, bergeser sedikit dari ibu kota, ternyata ada tempat kuliner asyik yang sekaligus dapat menikmati pemandangan cantik. Namanya Bukit Air Resto. Lokasinya ada di Jalan Babakan Encle, Sukaharja, Ciomas, Kab. Bogor.



Sayangnya, karena lokasi resto yang cukup jauh dari pusat kota Bogor, serta tidak berada di kawasan pariwisata, Bukit Air Resto jadi tidak banyak diketahui orang. Padahal, makan di sini bisa jadi pengalaman yang menyenangkan.

Sawah Hijau di Bukit Air Resto

Memasuki area depannya, pengunjung Bukit Air Resto disuguhi pemandangan hamparan sawah hijau bak permadani. Bukan hanya itu, kita juga dapat mendengar suara gemericik air yang mengalir mengairi sawah-sawah. Suasana ini membuat pengunjung yang makan di sini merasa rileks sekali, seperti berada di kampung halaman yang asri.

Melengkapi suasana persawahan, Bukit Air Resto menghadirkan konsep saung untuk tempat makannya. Kurang lebih sekitar 10-15 saung tersedia. Saung favorit pengunjung adalah yang berada persis di tengah sawah, sehingga makan di situ serasa menjadi pak tani dan bu tani yang melepas lelah setelah menanam padi. Ada juga saung di atas balong-balong (kolam) ikan, yang ikannya bisa dipancing sembari kita menikmati santapan makanan. Alat pancingan sudah disediakan oleh pihak resto.

Selain itu, fasilitas restoran yang buka mulai pukul 10.00 hingga 20.00 ini juga dilengkapi dengan toilet, tempat bermain anak hingga mushola.

Menikmati Menu Sundaan di Bukit Air Resto

Makanan yang disajikan oleh Bukit Air Resto lebih didominasi oleh menu-menu Sunda dengan pemberian nama Sunda yang unik,  seperti sangu duruk teri alias nasi bakar teri. Sedangkan untuk minuman mulai dari minuman tradisional seperti bandrek sampai dengan minuman moderen, pemberian namanya tetap nyunda seperti Balakaciprut atau sejenis fruit punch. Antik ya?

Harga menu yang ditawarkan oleh Bukit Air Resto termasuk standar, yaitu untuk makanan sekitar Rp 7.000 s.d. 100.000 sedangkan untuk minuman berkisar antara Rp 5.000 s.d. Rp 25.000.

Aneka Menu Makanan Bukit Air

Karena saya dan rombongan sudah reservasi sebelumnya, maka kami bisa mendapat tempat di saung sawah. Setelah diantarkan ke saung, kami disajikan teh tawar hangat dengan teko dan gelas kaleng jadul. Sambil menunggu makanan diantar, kami bisa menyemil otak-otak yang disajikan. Satu buah otak-otak dihargai Rp 4.000.

Saat ke sana, makanan yang kami pesan di antaranya adalah nasi bakar teri komplit, nasi tutug komplit, nasi liwet komplit, ikan asin peda goreng dan nila cobek. Sedangkan untuk minumnya dipesan es teh manis dan kelapa muda utuh. Menu yang paling favorit di Bukit Air Resto adalah nasi bakar dengan penyajiannya berupa nasi bakar berisi teri medan, tempe, tahu, lalapan dan sambal kencur. Rasa nasi bakarnya sangat gurih, cocok dimakan dengan ikan asin peda goreng.

Untuk paket nasi lainnya hampir sama penyajiannya yaitu nasi tutug/nasi liwet, tempe,tahu, ayam goreng, lalapan dan sambal. Tapi karena ayam yang digunakan bukan ayam kampung, jadi menurut saya kurang mantap rasanya. Oh ya untuk satu paket nasi tutug komplit dan nasi liwet komplit itu sudah termasuk es teh manis, jadi cukup hemat. Dan untuk paket nasi liwet komplit sudah disajikan bersama semangkuk sayur asam yang segar.

Bukit Air Resto ini recommended buat yang ingin melepaskan penat bersama keluarga atau sahabat dengan wisata kuliner di hamparan sawah hijau dan ditemani suara gemericik air.

Rekomendasi resto lainnya yang juga tak kalah asyik untuk dicoba saat akhir pekan adalah resto rumahan dengan pemandangan gunung.

-Ummara-


Review Bukit Air Resto
  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Makanan & Minuman
  • Harga

17 thoughts on “Bukit Air Resto, Sensasi Makan di Tengah Sawah

  • November 16, 2017 pada 2:59 pm
    Permalink

    Bukit air resto ini keren tempatnya, sudah beberapa kali makan disini sama istri dan selalu keren.. Tks

    Balas
  • Januari 27, 2021 pada 6:59 pm
    Permalink

    Ini kok impian banget sih restonya..tempat alami, menu kesukaan khas Sunda dan sekitar yang bikin terasa di desa..wah, mesti disamperin nih Bukit Air Resto kapan hari buat melipir dari Jakarta

    Balas
  • Januari 28, 2021 pada 9:54 am
    Permalink

    Lihat menu-menunya pada dibungkus daun pisang gitu langsung pengen ke sana. Saya sudah menganggap Bogor rumah kedua saya. Cukup lama tinggal di sana. Kangen suasana dan kulineran di sana, gak bikin kantong bolong kayak kulineran di Jakarta. Hehehe

    Balas
  • Januari 28, 2021 pada 7:03 pm
    Permalink

    Paling seru kalau makan di saung di tengah sawah, makan jadi lebih terasa nikmat ya kak ^^. Saung kolam ikan agak beresiko karena kami punya anak balita, takut nekat loncat dia haha..

    Balas
  • Januari 28, 2021 pada 7:04 pm
    Permalink

    Paling seru kalau makan di saung di tengah sawah, makan jadi lebih terasa nikmat ya kak ^^. Saung kolam ikan agak beresiko, karena kami punya anak balita, takut nekat loncat dia haha.. Terima kasih informasinya ya ^^

    Balas
  • Januari 28, 2021 pada 11:45 pm
    Permalink

    Tempatnya seru sekali dan enak dipandang. Jadi inget zaman dulu pergi ke sawah. Makan siang dipondok di tengah sawah. Konsep itu diadopsi sama resto ini. Harganya komperitif juga

    Balas
  • Januari 29, 2021 pada 10:32 am
    Permalink

    wah aku auto bayangin makan di pinggir sawah bareng keluarga nih kak. syahdu banget ya, apalagi menu makananya bervariasi.. duh itu degannya menggoda banget kak.. noted nih kalau ke Sukaharja, Ciomas, Kab. Bogor mau mampir.

    Balas
  • Januari 29, 2021 pada 11:36 am
    Permalink

    Serunya kulineran di tengah sawah di bukit air resto.makan enak dengan sensasi pemandangan sawah dan juga semilir angin pasti menambah selera makan berlipat-lipat. Wajib coba nih nanti kalau main ke Bogor. Apalagi harganya juga masih terjangkau.

    Balas
  • Januari 29, 2021 pada 1:52 pm
    Permalink

    Duh jadi pengen banget ngebolang ke luar rumah apalagi lihat pemandangan hijau gini ya heuheu pasti asyik..makanan nya enak dan lezat ya kak jadi laper saya..

    Balas
  • Januari 29, 2021 pada 8:30 pm
    Permalink

    Hi hi hi, tiap hari lihat sawah
    orang di seberang lembah tapi tidak pernah makan di saung karena tidak punya sawah.
    Aha, kebayang asyiknya makan di saung dengan sajian paket nasi komplet dan masakan sedap lainnya.
    Gak usah pakai masak segala langsung makan, pasti nikmat.
    Bukit Air Resto memang istimewa. Konsep tempat dan menunya mantap.

    Balas
  • Januari 29, 2021 pada 10:29 pm
    Permalink

    Wi sejuknya eh. Berasa kayak di kampung. Jadi nostalgia

    Balas
  • Januari 30, 2021 pada 3:31 pm
    Permalink

    Emmm kalau udah lihat pemandangan se hijau dan senyaman itu, biasanya energi makanku makin ningkat. Hehehe kayaknya bakalan bikin kantong agak jebol karena bakalan rakus. Hehe

    Balas
  • Januari 30, 2021 pada 7:17 pm
    Permalink

    Waaah si bocil pasti seneng nih diajakin kesini. Seger yaak. Jadi inget sama kopi klotok apa ya namanya yg di jogja itu makannya ada yg bisa di tengah sawah jg

    Balas
  • Januari 30, 2021 pada 9:13 pm
    Permalink

    wah seru banget ini mah, sambil makan sambil menikmati pemandangan hijau dan sejuk, wah pengen nyobain bawa family ke sini deh

    Balas
  • Januari 30, 2021 pada 9:28 pm
    Permalink

    Masyaallah kapan yaa makan di Resto Bukit Air ini.. happy banget pastinya bs makan di tengah sawah gini.. pikiran lempang dan mata dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah

    Balas
  • Februari 3, 2021 pada 9:55 am
    Permalink

    Alam nya sangat cantik, sangat cocok makan di resto ini. Terlebih lagi dengan konsep alam terbukanini

    Balas
  • Februari 7, 2021 pada 10:17 pm
    Permalink

    Duhh kalo lagi suntuk tuh enak banget memang dengerin gemericik air, angin sepoi-sepoi, lihat sawah menghijau and voila dateng masakan-masakan lezat khas Sunda yang menggugah selera

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *