Ini Dia Tempo Gelato, Cafe yang Punya Gelato Terenak

Masih seputar Yogyakarta, eksplorasi kuliner di kota Pelajar ini memang tidak ada habisnya. Selain pesona kuliner Jogja yang pernah dibahas, masih banyak tempat jajan hits yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah il Tempo del Gelato atau yang lebih populer disebut Tempo Gelato. Cafe penjaja gelato ini punya 2 outlet yang tidak pernah sepi pengunjung, yaitu di jalan Prawirotaman dan jalan Kaliurang.

Saya berkunjung ke Tempo Gelato Kaliurang. Outlet ini bergaya klasik Eropa dengan bangku-bangku kayu, lampu gantung dengan bohlam berwarna kuning, dinding bata dan sebuah jam kuno. Pada beberapa bagian dinding dipajang foto-foto pelanggan yang pernah berkunjung. Tampak ada 2 freezer ice cream yang berisi gelato berwarna warni yang menggugah selera.

Pemesanan dilakukan di kasir. Saya memesan 1 cone dan 1 small cup, yang keduanya berisi 2 scoop gelato, dengan harga yang berbeda. Satu gelato cone dibanderol harga Rp 25.000, sedangkan small cup dihargai Rp 20.000. Tempo Gelato juga menawarkan medium cup seharga Rp 40.000 yang berisikan 3 scoop gelato. Selesai membayar, saya diberi nomor antrian oleh kasir, kemudian saya beranjak ke depan freezer gelato menunggu panggilan nomor sembari memilih rasa.

Aneka Varian Rasa Gelato di Tempo Gelato

Masing-masing freezer seharusnya terdiri atas 24 varian rasa gelato, namun beberapa varian nampak telah sold out saking ramainya Tempo Gelato ini. Untuk sorbet buah, ada rasa melon, mangga, buah naga, markisa dan raspberry. Untuk rasa standar ada pilihan coklat, salted caramel, vanilla, choco chip dan Thai tea. Bagi penyuka rasa unik dan aneh, ada rasa jahe lemon, sereh, kayu manis dan juga kemangi.

Pilihan saya jatuh pada rasa salted caramel dan Thai tea, sedangkan suami memilih rasa vanilla dan passion fruit alias markisa yang berwarna kuning terang. Untuk gelato yang disajikan di cup, Tempo Gelato memberi tambahan potongan wafle cone.

Es krim ala Italia di Tempo Gelato ini terasa padat namun creamy dan lembut. Rasa salted caramel-nya terasa maniiis sekali, sedangkan Thai tea-nya berasa Thai tea sungguhan dengan sensasiĀ milky sedikit sepet. Passion fruit-nya enak, terasa asam menyegarkan. Sedangkan untuk gelato vanilla rasanya tipis, kurang terasa vanilla.

Tempo Gelato pantas dinobatkan menjadi cafe yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Jogja. Ini karena buat saya, gelato di sana adalah the best gelato yang pernah saya rasakan.

-SQ-

Review Tempo Gelato
  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Makanan/Minuman
  • Harga

Ada komentar? Silakan...