Ayam Lemes by CrowdEat, Nikmatnya Menu Ayam Rasa Beda

Di salah satu sudut Tebet, Jakarta Selatan tampak deretan warung makan dan tempat nongkrong. Wilayah ini memang tempat ngumpulnya aneka kuliner yang namanya unik-unik kreatif, sehingga mudah dikenali.

Tepatnya di Jl. Tebet Utara 1 No. 47C, terlihat spanduk yang cukup eye catching berwarna kuning bertuliskan warna merah: Ayam Lemes by Crowdeat. Nama yang cukup menggelitik, Ayam Lemes. Semula yang terpikirkan, nama ini menunjukkan menu masakan ayam presto, jadi lemes sampai ke tulang-tulangnya. Tapi ternyata bukan.

Nuansa kuning juga diberikan pada cat dinding tempat makan yang semula dikenal dengan nama CrowdEat ini. Dengan warna ini, suasananya jadi terkesan terang dan ceria. Meskipun tidak luas, tapi warung ini cukup untuk hanya sekedar makan sambil ngobrol santai.

Menurut Ibnu, penggagas sekaligus owner CrowdEat, Ayam Lemes adalah nama yang diberikan untuk menu spesialnya, sehingga orang yang makan di sini bisa sampai lemes karena kekenyangan dan lemes karena kepedasan. Seperti tagline yang disebut di bawah logonya:  “Lemesin Aja Sayyy” Hehehe.

Menu Ayam Lemes dengan Bumbu Khas CrowdEat

Mayoritas menu CrowdEat didominasi oleh masakan pedas. So, penyuka pedas dan sambal, pasti cocok deh makan di sini. Ada beberapa menu favorit yang unik di warung CrowdEat, yang tidak ditemui di tempat lain. Menu ini antara lain yaitu Ayam Lemes Keju Korek, Ayam Lemes Siram, Sayap Mercon, Ceker Mercon, dan juga Tahu Siram.

Menu Ayam Lemes Keju Korek adalah ayam goreng tepung yang dibumbui sambal korek dan diberi topping keju di atasnya. Sekilas penampakannya seperti ayam geprek mozzarella, padahal berbeda. Menu ini menggunakan keju cheddar hasil olahan sendiri.

Sang owner sekaligus pencipta menunya menerangkan, bahwa penggunaan keju cheddar ini untuk mempertahankan rasa, terutama untuk yang order delivery. Karena jika digunakan keju mozzarella, kejunya akan mengeras dalam perjalanan. Ayamnya sendiri terasa empuk dan pedasnya masih bisa ditolelir lidah. Yang pasti, makan menu seharga Rp20 ribuan ini ditemani nasi hangat, terasa nikmat banget.

Buat yang gak doyan pedas, bisa juga lho request order Ayam Lemes Keju (tanpa sambal), sehingga cukup menikmati gurihnya ayam goreng tepung berselimut keju khas CrowdEat.

Menu Ayam Lemes Siram ala CrowdEat adalah ayam goreng tepung disajikan dalam rendaman kuah gurih berwarna kekuningan serupa kuah soto. Saat dicicipi, kuahnya ini sangat terasa rempah, dengan rasa daun jeruk dan sereh yang mendominasi. Rasanya sangat khas dan unik sebagai kuah ayam. Cabe rawit yang diulek kasar membuat kuahnya tidak hanya gurih, namun juga pedas menggoda.

Mirip semur tahu, menu Tahu Siram menyajikan tahu yang digoreng tipis berkuah gurih kecoklatan. Rasanya yang kaya akan rempah, berpadu manis gurih dan sedikit spicy, bikin tak bisa berhenti menyeruput kuahnya.

Menu lainnya bisa dilihat di aplikasi Go Food, dengan mengetik: Crowdeat Ayam Lemes, karena warung makan ini juga menerima order delivery via Go Food. Jauh dari Tebet? CrowdEat juga buka di Bekasi loh untuk pesan antar-nya.

Ohya, saat ke sana kami juga ngicip minuman ice chocolate. Mantap banget rasa coklatnya, bukan rasa susu coklat yang dijual kebanyakan, tapi benar-benar coklat.

Pulang dari CrowdEat, kami kekenyangan.. tapi Alhamdulillaah gak sampai lemas. Hihihi. Coba deh.

-Cemil & Nad-

Ada komentar? Silakan...