Encroute Apple Raisin Toko Kue Kudapan, Kue Bangsawan Perancis ala Bandung

Tidak salah memang jika Bandung dijuluki kotanya kuliner. Aneka kuliner banyak dijajakan di sana dan sangat memanjakan lidah, mulai dari penganan tradisional hingga moderen. Promosi lewat media sosial turut meningkatkan perkembangan kuliner di kota ini.

Saya tidak sengaja menemukan akun instagram sebuah toko oleh-oleh baru di Bandung, Toko Kue Kudapan. Tertarik dengan instagramnya, maka saat saya pulang ke Kota Kembang ini, saya sempatkan untuk manyambangi outlet-nya.

Toko Kue Kudapan terletak di Jalan Kebon Kawung nomor 24 atau berseberangan dengan Stasiun Bandung. Letak outlet-nya yang ada di pojok dan desainnya yang cantik layaknya rumah-rumah di Perancis menarik kaum hawa untuk mendatanginya, seperti saya. Hehehe. Tersedia beberapa meja dan kursi untuk pengunjung yang ingin santap di tempat.

Encroute Toko Kue Kudapan, Camilan Perancis yang Legit

Namanya Encroute. Kue spesial yang dijual di Toko Kue Kudapan ini konon adalah camilan yang disajikan bagi para bangsawan Perancis tempo dulu. Encroute yang mereka hadirkan terdiri dari dua varian rasa, yaitu asin dan manis.

 

Setiap varian terdiri dari dua jenis topping. Untuk encroute asin ada topping smoked beef dan smoked chicken, sedangkan untuk encroute manis ada banana cheese dan apple raisin. Harga encroute asin dibanderol Rp 65.000, sedangkan yang manis Rp 50.000.

Karena saya tidak terlalu suka dengan daging asap maka saya mencoba membeli encroute manis topping apple raisin. Encroute ini fresh from the oven loh alias masih hangat seperti yang tertulis dikotaknya.

Ada dua warna kotak kemasannya, yaitu toska dan merah, yang menunjukkan rasa variannya. Kotak toska untuk encroute asin dan kotak merah untuk encroute manis. Kemasannya berukuran sekitar 22×10 cm dengan warna merah dan motif bunga-bunga. Ini membuat tampilan kotak kue ini sangat manis dan menarik.

Saya bawa pulang Encroute Apple Raisin  untuk disantap di rumah. Saat membuka boksnya saya agak terkejut melihat isinya yang tampak mini. Tapi setelah dipotong, kue ini bisa untuk 6 potong.

Tampilan Encroute yang berwarna kuning keemasan, sekilas nampak seperti oleh-oleh artis di Bandung yang dikenal dengan jargonnya “Ini teh ngangenin“. Sama-sama pastry untuk bagian luarnya. Terlihat juga beberapa potongan buah apel dan taburan keju.

Wanginya menyeruak hidung walau bukan keluar langsung dari oven atau microwave. Saran penyajian yang tertera dikotak adalah dengan memanaskannya terlebih dahulu di microwave atau pan.

Saat dicicipi, gigitan pertama saja terasa enak banget. Kulit encroute-nya tetap cruncy tapi tidak keras, dan isinya tetap lembut, meski saya simpan semalaman di lemari pendingin. Potongan apel yang masih kres walaupun sudah melewati proses pemanggangan, menyatu dengan raisin (kismis) dan bubuk kayu manis yang terasa legit di lidah.

Sukaa dehRepurchase? Definitely. Saya akan membelinya lagi sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

-Ra-

 

Ada komentar? Silakan...