Cari Oleh-Oleh Jambi? Pempek Selamat Aja…

Salah satu kuliner khas daerah yang tetap digemari dari dulu hingga zaman now, sangat akrab di telinga, yaitu pempek. Yup, seperti kue mochi Sukabumi, atau bakpia Jogja, pempek juga tidak pernah kehilangan penggemar, meski saat ini oleh-oleh kekinian merebak ke daerah-daerah.

Pempek mungkin lebih dikenal berasal dari Palembang. Tapi di Jambi, ada Pempek Selamat, yang asli dari sana. Kuliner berbahan dasar tepung kanji ini juga merupakan buah tangan khas Jambi. Mungkin karena Palembang dan Jambi adalah 2 provinsi di Selatan Sumatera yang berbatasan, jadi kulinernya pun serupa.

Merek Pempek Selamat sudah ada sejak tahun 2000. Produk yang sudah mendapat sertifikat halal ini, kini punya beberapa gerai yang tersebar di Palembang dan kota lainnya.

Nah, pas saya dapat oleh-oleh dari Jambi, yuk simak ulasannya.

Pempek Selamat dikemas dalam plastik, masing-masing dipisahkan sesuai jenisnya. Ada lenjer, kapal selam, kulit, adaan, keriting. Penggemar makanan ini pasti tau perbedaan jenis-jenis pempek tersebut. Lenjer berbentuk panjang, kapal selam umumnya berbentuk seperti kue pastel dengan isi telur, kulit berbentuk bulat pipih dan terbuat dari kulit ikan tenggiri, adaan berbentuk bulat bola dengan tekstur lebih kasar, kriting berbentuk bundar seperti kerupuk putih.

Bungkusan plastik Pempek Selamat yang masih mentah dilengkapi juga dengan bumbu (cuko) serta sambal, lalu dikemas lagi dalam dus, sehingga mudah dibawa untuk dijadikan oleh-oleh.

Untuk dibawa pulang, pembelian pempek Selamat bisa memilih isi (jenis pempek) dan jumlahnya, yang dijual dengan beberapa macam paket. Harga paketnya mulai dari Rp 100 ribuan/dus.

Kenyal-kenyal Pempek Selamat

Instruksi cara memasak diberikan di dalam dus, yaitu dengan mengukus selama 10 menit lalu digoreng. Sedangkan sausnya, dicairkan dengan 150 cc air lalu didihkan.

Saat bungkusan dibuka, aroma khas pempek sudah tercium, apalagi setelah digoreng. Goreng dengan minyak hingga terendam ya, agar warna dan matangnya merata. Btw, jika tidak mau atau sedang menghindari masakan gorengan, pempek ini juga bisa dimakan hanya dikukus saja loh. Tidak mengurangi kenikmatannya.

Rasa pempek yang ngetop di Jambi ini enak. Terasa ikannya, dan teksturnya lembut kenyal. Untuk kapal selam, isi telurnya tidak pelit. Cukonya juga pas rasanya di lidah setelah dicairkan, tidak terlalu pekat dan tidak encer. Dimakan selagi hangat, pastinya lebih nikmat.Dan, dimakan tanpa cuko pun enak.

-Cemil-

Ada komentar? Silakan...