Menyegarkan Diri di Saung Pak Ewok

Sop buah gerobakan itu kini menjelma menjadi saung (dalam Bahasa Sunda artinya gubuk kecil). Saung Pak Ewok, yang berlokasi di kota Bogor, memang mengawali usahanya dari penjaja sop buah di gerobak. Sekarang, Pak Ewok punya 2 saung di kota hujan yang tak hanya menjual sop buah, tapi juga makanan lainnya.

Di belakang RS PMI Bogor, tepatnya di Jl. Prof. Dr. Andi Hakim Nasution, Saung Pak Ewok yang saya kunjungi terasa cozy, homey, untuk ngumpul bersama teman maupun keluarga. Nyaman juga buat anak-anak, karena ada playground-nya di halaman belakang. Konsepnya sebenarnya bukan saung, melainkan persis seperti rumah yang disulap jadi resto.


Saya dan keluarga datang sekitar pukul 14, yang seharusnya sudah lewat dari jam makan siang. Ternyata pengunjung saung masih ramai. Agak susah mencari tempat parkir, karena lahannya kurang luas. Di halaman depannya hanya muat 8-10 mobil dan sekitar 10-15 motor. Sedangkan mobil lainnya parkir di jalan depan sekitar Saung Pak Ewok.

Interior Homey Saung Pak Ewok

Nama Saung Pak Ewok tampak di bagian depan rumah. Bangunannya bernuansa putih mulai dari warna cat tembok sampai cat pintunya. Begitu masuk, terdapat kasir di sebelah kanan.

Ruang untuk makannya secara umum terbagi 4 bagian. Satu bagian di area depan (seakan ruang tamu/ruang keluarga), lalu ada ruang sekat (semacam kamar tidur sebuah rumah), ruang duduk belakang (bagian belakang rumah, dekat dapur), serta taman belakang yang terdapat area lesehan.

saung-pak-ewok-taman
Area Taman

Untuk area makan di taman ini situasional. Saat cuaca cerah, tikar dan meja di taman disiapkan. Tapi jika hujan, maka tikar dan meja diangkat. Selain itu, ada playground untuk anak-anak serta tersedia beberapa spot background untuk berfoto. Area ini merupakan favorit pengunjung untuk menikmati hidangan dengan suasana santai.

Tapi ruang depan maupun ruang bersekat pun sebenarnya tidak kalah santai. Apalagi dengan adanya sofa-sofa lebar empuk yang nyaman. Buat yang bawa anak batita, tak perlu khawatir khawatir karena Saung Pak Ewok juga menyediakan baby chair.

saung-pak-ewok-interior
Ruang sekat Saung Pak Ewok

Aneka Menu Saung Pak Ewok

Harga makanan dan minuman di sini bervariasi mulai dari Rp. 5.000 sampai Rp. 41.000. Karena spesialisasinya adalah sop buah, maka pilihan menu sop buahnya ada 9 macam.

Saya memesan tiga menu, yaitu sop buah delight all varian saus mangga, kids meal paket B (untuk anak saya), dan mie bakso kuah tom yum.

Pertama, sop buah delight all varian, harganya Rp. 25.000. Menu ini punya 3 pilihan saus, yaitu leci, stroberi, mangga. Saya pilih saus mangga. Warnanya dominan orange. Rasanya manis, segar, dan buah-buahannya fresh. Saus mangganya terasa pas, tidak kemanisan dan tidak kecut. Sop buah delight all varian ini berisi potongan buah naga, jeruk, nangka, melon, rambutan, jambu, stroberi, sawo, kelengkeng, pir.

sop-buah-saung-pak-ewok
Sop Buah Delight All Varian

Kedua, kids meal paket B dengan harga Rp. 34.000. Berisi kentang goreng, nugget, dan potongan sosis sapi, menu ini juga dilengkapi dengan saus tomat dan saus sambal kemasan sachet. Porsinya memang untuk anak-anak.

kids-meal-saung-pak-ewok
Kids Meal Paket B

Ketiga, mie bakso kuah tomyum, dibandrol seharga Rp. 29.000. Penampilannya cukup menggiurkan. Mienya terasa halus, lembut agak keriting, dengan tekstur sedikit kenyal. Dilengkapi bakso sapi, siomay, otak-otak ikan, dan pangsit goreng, paduannya cocok dicampur kuah tomyumnya yang kental dengan level pedas sedang.

Pangsitnya agak lebih tebal dibanding pangsit mie ayam pada umumnya. Rasanya gurih enak dan saat bercampur dengan mie dan kuah tomyum, si pangsit berubah empuk sehingga jadi mantull !

mie-bakso-kuah-tomyum
Mie Bakso Kuah Tomyam

Menu lainnya patut dicoba juga… So, saung ini bisa jadi salah satu alternatif ngadem, saat berkunjung ke Bogor.

-Nad-

Resto homey lainnya di kota Bogor, boleh juga dicoba : Nasi Timbel M11.

Review Saung Pak Ewok
  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Makanan/Minuman
  • Harga
3.9

Ada komentar? Silakan...