5 Kuliner Pagi Legendaris di Jalan Suryakencana Bogor

Jalan Suryakencana, Bogor Tengah, dikenal sebagai kawasan Pecinan (Chinatown) di kota Bogor. Nuansa etnis Tionghoa ini sudah terlihat dari jalur masuk ke kawasan tersebut, yang ditandai gerbang merah bertuliskan “Lawang Suryakencana” berhiaskan lampion.

Selain dipadati berbagai macam toko, kawasan yang dekat dengan pintu masuk Kebun Raya Bogor itu juga gudangnya kuliner. Jajanan legendaris khas Bogor tersuguh di sepanjang jalan Suryakencana yang selalu dipenuhi pengunjung sejak pagi hingga malam hari.

Saat menyambangi daerah ini, karena datang pagi hari, maka saya mencari kuliner yang cocok untuk sarapan. Jajanan apa yang bisa dibeli pagi-pagi di sini? Yuk disimak berikut ini, 5 kuliner asyik di jalan Suryakencana.

Cari Jajanan Pagi di Jalan Suryakencana

1. Otak-Otak Pepes “Daniel” Gang Aut

Sebagai menu pembuka, saya membeli otak-otak di Pepes “Daniel” Gang Aut. Gerobak penjajanya berjualan di trotoar/emperan depan toko Bubur Wow, Jl. Suryakencana No. 303. Sebungkusnya berisi 10 buah otak-otak bakar dibungkus daun, dan dibanderol dengan harga Rp. 40.000.

otak-otak-ikan-pepes-daniel
Otak-otak Ikan

Otak-otak ikan di Pepes Daniel, berukuran panjang sekitar 10 cm dengan diameter sekitar 2 cm. Padat, gurih, dan terasa ikan tenggirinya. Dilengkapi dengan bumbu kacang khas yang pedas sedang.

2. Aneka Pepes di Pepes “Daniel” Gang Aut

pepes-daniel-gang-aut
Gerobak Pepes “Daniel” Gang Aut

Masih di tempat yang sama, saya mengincar aneka pepes yang kesohor di Pepes “Daniel” Gang Aut untuk dibawa pulang. Saya beli pepes telur, pepes tongkol dan pepes bandeng. yang masing-masing harganya Rp. 20.000-an.

pepes-telur-pepes-daniel
Pepes Telur
pepes-tongkol-pepes-daniel-gang-aut
Pepes Tongkol
pepes-bandeng-pepes-daniel-gang-aut
Pepes Bandeng

Saat dicoba di rumah, pepes telurnya enak dan lembut. Untuk pepes tongkol, agak pedas, tapi sayang banyak durinya. Sedangkan pepes bandeng, rasanya lebih mirip bandeng presto yang diberi bumbu pepes.

3. Soto Kuning Pak Uus

Soto Kuning Pak Uus berlokasi di Jl. Suryakencana no. 277 seberang Bank BNI. Soto santan ini mirip soto Betawi, namun lebih menonjolkan warna kuning kunyit yang menggoda. Isi soto dapat dipilih sendiri mulai dari paru, kikil, daging, babat.

soto-kuning-pak-uus
Soto Kuning Pak Uus Isi Paru dan Daging

Saya memilih isian paru dan daging. Dengan harga Rp35.000, kita dapat menikmati nasi + soto kuah kuning santan yang sangat kaya rasa rempah dan kunyit. Dilengkapi dengan emping plus sambal yang pedas menggigit, rasanya susah untuk berhenti mengunyah soto yang ngehits ini, hehehe

4. Lumpia Basah

Tak lupa juga saya membeli lumpia basah yang berjualan di trotoar dekat dengan Soto Kuning Pak Uus. Tidak seperti lumpia Semarang, lumpia basah berisi irisan bengkoang, telur orak arik, tauge dan kucai lalu dibungkus dengan kulit lumpia tipis. Harganya dibanderol Rp. 10.000 per buah

lumpia-basah
Lumpia Basah
Cara Pedagang Buat Lumpia Basah

Sebuah lumpia basah ini bisa untuk 2 orang lho, karena isian yang banyak, sehingga lumpianya jadi gendut dan mengenyangkan.

5. Kue Ape & Kopi Susu

Sambil berjalan untuk kembali melanjutkan perjalanan, saya sempatkan membeli kue ape seharga Rp15.000/10 buah, untuk nyemil-nyemil.

kue-ape-bogor
Kue Ape

Menutup pengalaman kuliner pagi itu di jalan Suryakencana, saya juga mampir Lalu Coffeemencicip segelas kopi susu seharga Rp. 15.000 pergelasnya.

lalu-coffee
Kopi Susu Lalu Coffee

Rasa brewing kopinya pas, pahit tapi tidak asam, bercampur dengan susu yang tidak terlalu manis.

Fyi, kalau mau lanjut beli oleh-oleh khas kota Bogor, di ujung Suryakencana arah Sukasari, belok ke pasar Gembrong, kita bisa temukan Ikan Balita yang unik dan enak.

-Nad-

2 tanggapan untuk “5 Kuliner Pagi Legendaris di Jalan Suryakencana Bogor

  • Februari 25, 2019 pada 10:32 am
    Permalink

    soto kuningnya menggiurkan. pasti seger banget tuh

    Balas
    • Februari 26, 2019 pada 11:07 am
      Permalink

      Iya memang segerrr… udah pernah coba belum?

      Balas

Ada komentar? Silakan...