Kriuk Renyah Ikan Balita, Oleh-oleh Tradisional Kota Hujan

Meski hits oleh-oleh kekinian milik artis mengguncang dunia kuliner daerah, banyak buah tangan asli daerah yang tetap digemari dan diburu. Tengoklah Mochi Sukabumi, Pie Susu Bali, Bakpia Jogja, Manisan Carica Dieng, Batagor Bandung, Pempek Palembang, dan sebagainya. Tanpa promosi artis atau nama seleb di belakangnya, kuliner asli yang hadir sejak dulu ini tetap laris dan selalu dicari sebagai oleh-oleh khas daerah.


Bagaimana dengan oleh-oleh khas Bogor? Salah satu kota di Jawa Barat ini, terkenal dengan asinan serta talas.  Kalau ada yang lebih kenal kota hujan ini, mungkin akan disebut oleh-oleh khas lainnya yaitu manisan pala dan roti unyil. Tapi ada satu lagi oleh-oleh yang saya rekomendasikan jika berkunjung ke Bogor. Mungkin tidak terlalu akrab di telinga, namun makanan ini populer pertama kali di kota Bogor, yaitu: Ikan Balita.

Tepatnya di Jl. Sukasari I Bogor Timur, Ikan Balita ini dijual. Gerai ini juga menjual Gepuk Karuhun yaitu empal atau daging sapi goreng yang juga terkenal enak. Ikan¬†Balita disebut “balita” karena terbuat dari ikan mas yang memang diolah saat berusia balita alias masih kecil-kecil.

Ikan Balita Asyik juga Untuk Camilan

Ikan Balita dikemas dalam plastik kedap udara dan dibungkus lagi dengan dus berwarna hijau terang bertuliskan “Ikan Balita” warna emas. Kemasannya higienis dan cukup eksklusif untuk dijadikan oleh-oleh spesial dari Bogor.

Penasaran rasanya? Penggemar ikan wajib coba. Ikan air tawar ini rasanya enak, garing dan tidak amis. Ikan mas biasanya berduri banyak dan halus, namun karena makanan ini digoreng garing dengan bumbu khasnya, maka dihasilkan olahan ikan mas yang gurih, renyah dan enak. Ikan ini dapat dimakan seluruhnya seperti makan keripik, tanpa bersisa. Kriuk kres kres..! Ada juga yang bilang, rasanya mirip paru sapi goreng. Nikmat banget dimakan dengan nasi hangat plus sambal. Bahkan cocok juga untuk makanan selingan atau camilan. Endess..

Untuk sambalnya, bisa dicoba resep salah satu satu dari aneka sambal ini yang bikin lidah bergoyang.

Ikan Balita dijual seharga Rp65.000 untuk kemasan 125gr, dan Rp120.000 untuk kemasan 250gr. Makanan ini awet 1 bulanan asalkan disimpan dalam wadah tertutup kedap udara.

-Cemil-


Ada komentar? Silakan...