Nyemil Asyik Batagor Rizky Bandung

Bicara tentang kuliner di Bandung, ibukota Jawa Barat ini sepertinya punya segudang daftar makanan yang menarik untuk dicicipi. Salah satu kuliner khas Bandung yang ngehits sejak zaman dahulu adalah Batagor. Hingga kini, Batagor Bandung masih tetap diburu saat berwisata kuliner ke kota kembang ini. Saat suami bertugas ke Bandung, dia menyempatkan untuk membeli oleh-oleh Batagor Rizky Bandung yang berada di Jl. Dr. Junjunan 47, Bandung.



Menu Batagor (Baso Tahu Goreng) umumnya terdiri dari siomay dan tahu yang disajikan dengan bumbu kacang. Banyak yang bilang batagor serupa dengan siomay yang digoreng, dan ada beberapa penjual yang memang menjajakan siomay sekaligus batagor dengan bumbu yang sama. Untuk siomay dalam batagor, aci/baksonya dibungkus kulit pangsit. Sedangkan pada tahunya, aci/bakso “ditempel” di atas tahu putih berbentuk segitiga. Tahu khas Bandung pun rasanya khas, lembut seperti rasa susu.

Melahap Batagor Rizky Bandung untuk Kudapan

Karena untuk dibawa ke Jakarta, maka suami memesan yang belum digoreng.  Batagor Rizky Bandung ini penampakan dalam  kemasannya berwarna pucat. Namun kondisi batagornya sudah 1/2 matang dan hanya perlu untuk digoreng sebentar untuk membuat warnanya kuning kecoklatan.

Batagor Rizky Bandung dikemas dalam dus makanan yang mayoritas berwarna merah, dengan bergambar mereknya  plus logo halal. Di dalamnya terdapat  bumbu kacang, kecap dan jeruk limau, yang dibungkus dalam plastik terpisah.

Saya pun menggoreng hingga kuning kecoklatan dan disajikan dengan bumbu kacang yang dicampur dengan kecap dan jeruk limau yang sudah disiapkan. Saya sempat mencicip bumbu kacang yang belum dicampur kecap dan jeruk limau, rasanya hambar. Namun setelah dicampur kecap yang kental dan manis serta perasan jeruk limau, rasanya berubah 180° menjadi gurih nikmat dan mantap.

Siomaynya padat berisi aci/bakso yang gurih dan lembut. Tidak terlalu amis ikan, dan kulit pangsitnya pun terasa lembut namun renyah. Tidak keras seperti yang saya bayangkan waktu melihat hasil gorengannya. Sedangkan tahu baksonya berbentuk segitiga, tahu putih tebal seperti rasa gurih susu, dipadu dengan aci/bakso yang cukup tebal juga namun lembut, gurih dan tidak berbau amis.

Dijual perbuah Rp10.000, harganya menurut saya cukup sesuai dengan rasanya. Enak disajikan hangat untuk kudapan siang maupun sore.

-Nad-

Selain batagor, kuliner lain yang perlu dicicipi saat ke Bandung adalah Gado-gado legendaris ini.


Review Batagor Rizky Bandung
  • Kemasan
  • Tampilan
  • Rasa
  • Harga

Ada komentar? Silakan...