Bersantap di Merak Kitchen Ditemani Semilir Angin

Merak Kitchen dahulu bernama Saung Merak, adalah sebuah restoran yang berlokasi di Jl. Merak No.15, Tanah Sareal, Bogor. Menurut informasi dari karyawan resto itu, Saung Merak sudah lama berdiri, namun baru selesai direnovasi dengan konsep baru, sekitar Juli 2018 lalu.

Merak Kitchen dengan Konsep Back To Nature

Mengusung konsep kembali ke alam, resto Merak Kitchen tidak menggunakan listrik berlebih. Ini terbukti dengan tidak adanya AC dan hanya tersedia sedikit lampu. Kesejukan ruangan resto ini mengandalkan angin sepoi-sepoi dari tempat terbuka dan dari banyaknya tanaman hijau di sekeliling restoran, selain dari beberapa kipas angin yang menggantung. Sedangkan untuk penerangannya, banyak mengandalkan cahaya matahari.

Eksterior Merak Kitchen

Kesan minimalis tampak dari fisik bangunannya. Lahan parkir resto ini tidak terlalu luas, mungkin hanya menampung sekitar 6 mobil dan 10 motor.

Ruang makan depan adalah tempat makan yang lebih dekat ke arah parkiran namun cenderung lebih panas saat siang hari. Maka saat saya dan keluarga datang siang itu, kami memilih di ruang makan bagian dalam yang cenderung lebih sejuk dengan banyaknya tanaman. Ruang makan bagian dalam juga lebih menarik untuk anak-anak karena di belakang ada kolam ikan, serta kandang yang berisi ayam, burung, kalkun, dan sepasang binturong.

Ruang Makan Bagian Dalam
Kolam ikan

Karena konsepnya terbuka maka seluruh ruangan merupakan smoking area. Bagi saya yang menghindari asap rokok, awalnya agak sedikit khawatir akan ada bau rokok menghampiri. Tapi posisi duduk yang dekat dengan pintu belakang ternyata pas, sehingga tidak tercium asap dan bau rokok menyengat, malah terasa semilir angin sejuk selama kami menikmati hidangan.

Salah satu spot selfie

Mencicipi Menu Merak Kitchen

Menu Merak Kitchen bervariasi, ada Indonesian food, Italian food, dan Western food. Saya memesan 3 menu untuk makan siang, yaitu satu porsi nasi timbel special Saung Merak, satu porsi nasi dengan ayam bakar dan spaghetti bolognaise untuk anak. Sedangkan untuk minuman, dipilih es teh manis saja untuk menemani cuaca panas hari itu. Harga makanan di resto ini berkisar dari Rp13.000 sampai Rp75.000, sedangkan untuk menu minuman harganya berkisar mulai dari Rp.4.000 hingga Rp35.000.

Menu hidangan datang tak lama setelah dipesan, dan kami siap mencicipinya. Menikmati hidangan di resto ini ditemani semilir angin bikin suasana makin nyaman dengan iringan musik lagu-lagu akustik.

Untuk nasi timbel special Saung Merak, dibanderol dengan harga Rp30.000. Terdapat 5 pilihan lauk yaitu ikan mas goreng, ayam (goreng atau bakar), paru, empal, bebek. Pilihan saya lauk ikan mas yang digoreng kering. Ikannya renyah, gurih, dan nasi timbelnya wangi, pulen. Menu ini dilengkapi dengan sepotong ikan asin, lalap, tahu goreng dan sambal oncom. Buat saya, sambal oncomnya kurang pas untuk dipadukan dengan ikan mas goreng tersebut dan rasanya pun kurang pedas.

Nasi timbel lauk ikan mas goreng

Menu nasi dan ayam bakar, dibanderol seharga Rp 28.000. Bumbu ayam bakarnya meresap ke daging, dagingnya empuk, gurih, manis pedasnya pun pas. Apalagi dilengkapi dengan sambal yang pedas menggigit yang makin menambah nafsu makan. Buat saya, ini menu juara dari 3 menu yang dipilih.

Nasi + Ayam bakar

Menu Spaghetti bolognaise, porsi satu piringnya pas untuk makan siang perut anak-anak. Sedangkan untuk orang dewasa seperti saya sepertinya agak kurang. Hehehe

Spaghettinya di rebus Al dente, lembut tapi tidak kematangan. Bumbu bolognaise terasa agak sedikit asam, dan tidak pedas meski berwarna merah. Menu ini juga dilengkapi dengan daging cincang dan taburan keju cheddar parut di atasnya, yang cukup banyak dan menggugah selera (harga Rp45.000).

Spaghetti bolognese

-Nad-

Cek juga resto sejuk lainnya di sekitar Bogor: Resto Kebun Teduh.

Review Merak Kitchen
  • Tempat
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Makanan/Minuman
  • Harga
3.6

3 tanggapan untuk “Bersantap di Merak Kitchen Ditemani Semilir Angin

Ada komentar? Silakan...