Berburu Sarapan Lezat di Pecal Ayang

Masih ingat dengan ulasan tentang ayam pop RM Family Benteng di kota Bukittinggi Sumatera Barat? Kali ini saya ingin merekomendasikan satu tempat lagi yang harus ada dalam daftar kuliner para pelancong saat berkunjung ke kota Bukittinggi. Pecal Ayang namanya.

Nama Pecal Ayang tertulis pada spanduk berwarna hijau yang membentang di depan warung berwarna kuning coklat, yang berada di jalan menuju tempat wisata Ngarai Sianok. Warung sederhana ini selalu ramai pada pagi hari, karena menjual menu sarapan yang beragam. Sebut saja pecal, bubur kampiun, lontong sayur, gorengan dan masih banyak lagi hidangan tesedia di sana.

Juaranya Bubur Ada di Pecal Ayang

Meski pecal digunakan sebagai nama warung, namun bubur kampiunlah menu favorit di sini. Sama seperti bubur manis di Jawa, bubur kampiun terdiri atas bubur sumsum, bubur candil dan ketan hitam. Yang membedakan adalah tambahan bubur kacang hijau dan lopis. Semua bubur tersebut disatukan dalam 1 piring disiram dengan kuah santan dan gula merah.

Karena sudah sarapan di hotel, saya pun hanya memesan 1 porsi bubur kampiun untuk dimakan berdua dengan suami. Bubur lembut ini disajikan masih hangat dengan porsi yang cukup besar untuk menu sarapan. Semua elemen dalam bubur kampiun ini rasanya enak, gurih dan legit. Candil dan lopisnya pun empuk. Duh, rasanya ini the best bubur manis yang pernah saya makan. Juaraaa!!! Cocok banget dengan namanya ‘kampiun’.

Saya rela tidak sarapan di hotel keesokan harinya demi bubur ini. Namun kali ini saya memesan menu lain, yaitu bubur putih/bubur sumsum. Sedangkan suami saya order lontong sayur. Lontong sayur ala Minang berisikan buncis dan nangka, dan krupuk merah sebagai pelengkapnya. Rasanya sedikit lebih pedas dari lontong sayur yang biasa dijajakan di Jakarta. Sedangkan bubur sumsumnya, tak usah diragukan lagi rasanya.

Aneka menu di warung makan Pecal Ayang tergolong murah meriah lho. Bubur kampiun dibanderol Rp 7.000, lontong sayur plus telur Rp. 9.000, gorengan Rp 1.000 per buah. Pokoknya puas banget rasanya dengan harga murah, bisa mendapatkan sarapan yang istimewa.

-SQ-

Review Warung Pecal Ayang
  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Makanan/Minuman
  • Harga
4.5

Ada komentar? Silakan...