Rumah Kopi Ranin, Harmoninya Kopi dengan Alam

Kopi nyatanya sudah begitu lekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. Banyak daerah di Nusantara yang jadi penghasil biji kopi yang khas hingga terkenal ke Mancanegara. Pun sejalan dengan banyaknya penggemar kopi, bermunculan kedai kopi atau kafe untuk tempat nongkrong, ngumpul, atau sekedar santai sambil ngopi bersama keluarga serta teman.

Tempat yang saya sambangi kali ini bernama Rumah Kopi Ranin, sebuah tempat ngopi yang cukup unik. Unik karena tidak punya desain kafe yang kekinian sebagaimana coffee shop pada umumnya. Lokasinya pun bukan di tengah kota. Rumah Kopi Ranin justru hadir dengan kesederhanaan dan menyatu dengan alam.

rumah-kopi-ranin-interior

Berlokasi di jalan Alternatif IPB Dramaga Bogor, pengunjung tempat ini akan disajikan dengan nuansa pepohonan yang rindang, suara gemericik air dan sepetak sawah yang harus dilalui begitu masuk pintu kafe ini.

Rumah kayu, bangku kayu, dan ornamen-ornamen yang dipajang membuat pengunjung merasa begitu dekat dengan alam. Tamu juga bisa memilih duduk santai di halaman yang tersedia meja serta kursinya. Di beberapa sudutnya ada spot-spot yang sederhana namun unik untuk berfoto.

rumah-kopi-ranin-interior2
rumah-kopi-ranin-interior3
rumah-kopi-ranin-eksterior
rumah-kopi-ranin-kulinerasyik
Interior dan Eksterior

Pelayannya ramah-ramah. Semua tamu seperti keluarga sendiri. Benar-benar sederhana dan harmoni.

Ngopi dan Ngemil Santai di Rumah Kopi Ranin

Selain untuk ngopi di tempat, Rumah Kopi Ranin menjual aneka biji kopi roasted atau sangrai yang juga dapat dibeli online. Kopi Nusantara seperti Arabika Mandailing, Flores, Gayo, Java Preanger, Kintamani, Toraja, hingga Papua tersedia lengkap di sini. Penggemar kopi bakal puas ngopi juga bawa pulang oleh-oleh kopi.

Di tempat ini tersedia pula beberapa menu makanan kecil yang merakyat seperti singkong goreng, pisang goreng, dan lain-lain yang tentunya akan menambah kenikmatan “Ngopi di Kota Hujan” seperti slogan kafe ini.

Sambil menikmati suasana alam, di Rumah Kopi Ranin saya memesan green tea hangat yang dibuat dari daun teh asli kemudian diseduh dengan air panas. Teh ini ditempatkan di teko kecil. Saya juga order kopi susu yang tak kalah unik cara penyajiannya.

green-tea
Green Tea
kopi-susu
Kopi Susu

Tempat ini recommended untuk yang ingin berkumpul santai bermanja-manja dengan alam sambil ngopi/ngeteh dan makan ringan, lepas dari hiruk pikuk kota.

-Ra-

Baca juga yuk resto rumahan Kebun Teduh yang bikin betah.

Review Rumah Kopi Ranin
  • Suasana
  • Kenyamanan
  • Makanan/Minuman
  • Harga
4

Ada komentar? Silakan...