Empuk dan Lezat, Si Hitam Bebek Kepahiang ala BKB

Kepahiang adalah nama sebuah daerah di Provinsi Bengkulu. Cara memasak yang khas di daerah ini diadopsi oleh resto Bebek Kepahiang Babase (BKB) untuk mengolah menu bebeknya. Proses memasak selama 24 jam menggunakan aneka rempah termasuk kluwek, menjadikan bebek Kepahiang berwarna hitam yang khas dan unik.

Kali ini saya mengunjungi resto BKB yang berada di jalan Alternatif Cibubur. Resto ini buka 24 jam. Terdapat dua area makan, non smoking di dalam dan smoking area berada di bagian luar belakang resto.

bkb-kulinerasyik

Pada dinding resto ini terpampang aneka foto menu yang ditawarkan. Bangku dan meja yang digunakan adalah bangku dan meja kayu panjang. Oya dapurnya ada di bagian depan resto dan disekat dengan kaca, sehingga pengunjung bisa melihat proses memasaknya.

Menu Bebek dan Burung di BKB, Recommended!

Menu yang ditawarkan BKB tidak hanya bebek tapi ada juga ayam, (burung) puyuh Kanambas dan merpati, dengan berbagai pilihan olahan yaitu digoreng, dibakar, atau digeprek. Buat yang tak ingin makan berat, BKB juga menawarkan aneka roti bakar kekinian. Saat ke sana, saya dan suami order menu Paket Bebek Muda Kepahiang serta Paket Sederhana 5. Menu tambahan lain yang kami pesan adalah Jamur Crispy Goreng.

Paket Bebek Muda Kepahiang terdiri atas ½ ekor bebek goreng Kepahiang, tahu tempe goreng, nasi uduk, sambal dan lalapan. Sedangkan Paket Sederhana 5 terdiri atas puyuh goreng Kanambas, tahu tempe goreng, nasi uduk, sambal dan lalapan. Dalam setiap menu paket, dilengkapi pula dengan 3 racikan sambal, yaitu sambal mangga, sambal ijo candu dan sambal MK (sambal merah yang disiram minyak).

Bebek Kepahiang BKB punya tekstur daging yang empuk, tidak amis, dagingnya juicy, gurih dan yang pasti bikin ketagihan, apalagi jika dicocol dengan sambalnya. Juara deh pokoknya. Nasi uduknya juga gurih dan wangi.

bebek-kepahiang-bkb
Paket Bebek Muda Kepahiang

Untuk puyuh goreng Kanambas yang disajikan dengan taburan serundeng, rasanya tak jauh beda dengan si bebek: gurih, garing di luar dan dagingnya empuk. Yang saya suka dari kedua menu tersebut, hasil gorengannya tidak berminyak. Sedangkan menu jamur crispy, rasanya standar.

puyuh-goreng-bkb
Paket Puyuh Goreng Kanambas

Untuk mencicipi paket Bebek Muda Kepahiang di resto ini, saya harus merogoh kocek sebesar Rp49.800,-. Sedangkan paket Sederhana 5 dibanderol dengan harga Rp43.800,-. Cukup worth lah dengan cita rasanya yang nikmat dan menu paket yang lengkap.

-SQ-

Cek juga ulasan resto bebek dari Madura yang kesohor: Bebek Sinjay.

  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Makanan
  • Harga
4

Ada komentar? Silakan...