Ngulik Nasi Bebek Khas Madura ala Bebek Sinjay

Pulau Madura, pulau yang berada di ujung Pulau Jawa ini terkenal akan ragam kulinernya. Sebut saja kerang Lorjuk, yang diolah jadi santapan unik. Ada pula sate ayam, soto dan nasi bebek yang menjadi kuliner khas pulau penghasil garam ini. Salah satu resto dengan menu bebek yang terkenal di sana ada Bebek Sinjay namanya.

Berkat jembatan Suramadu yang menghubungkan kota Surabaya dengan Madura, banyak pelancong luar kota dimudahkan mencicipi kuliner-kuliner Kota Madura, langsung di lokasinya, termasuk saya.

Pada liburan saya ke Jawa Timur, saya menyempatkan mampir ke Madura demi mencicipi Bebek Sinjay yang tersohor itu. Rumah makannya berada di jalan raya Ketengan no. 45 Bangkalan. Tempatnya sangat luas, dengan meja-meja panjang dan bangku kayu panjang. Sayangnya, entah karena tempat ini terlalu ramai atau bagaimana, kebersihannya kurang terjaga. Lantainya agak berminyak dan banyak tisu bertebaran di bawah meja-meja.

Ruang makan

Pemesanan di RM Bebek Sinjay dilakukan langsung di kasir. Cukup menyebutkan berapa porsi nasi bebek yang dipesan, pembeli kemudian langsung bayar di tempat. Pembayarannya hanya menerima uang tunai ya. Satu paket menu nasi bebek terdiri atas nasi putih, bebek goreng dan minuman.

Dari counter kasir saya bergeser ke counter minuman untuk mengambil minuman berupa teh kemasan atau air mineral. Pilihannya terbatas pada 2 minuman tersebut. Jika ingin minum es kelapa muda, dapat memesan di dekat pintu masuk. Setelah mengambil minuman, saya bergeser lagi ke counter makanan untuk mengambil nasi bebeknya. Di sini saya harus pasrah menerima potongan bebek yang diberikan pelayannya berupa dada atau paha, tidak bisa memilih sesuai keinginan.

Bebek-sinjay-3
Counter minuman
Bebek-sinjay-2
Counter makanan

Kremes Bebek Sinjay yang Bikin Nikmat

Satu porsi nasi bebek di Bebek Sinjay terdiri atas bebek goreng krispi yang dihidangkan dengan sambal pencit, lalapan timun dan ditaburi kremesan. Meski digoreng kering, namun bagian dalam bebek ini masih empuk dan juicy. Bebeknya terasa gurih hingga ke dalam dan tidak tercium aroma anyir. Kremesannya menambah kenikmatan menu ini. Sambal pencitnya dominan pedas dan pencitnya tidak terasa asam. Porsi nasinya sangat banyak untuk ukuran saya.

Bebek-sinjay-1
Nasi bebek

Satu paket menu nasi bebek di Bebek Sinjay ini dapat ditebus dengan harga Rp 27.000. Cukup murah mengingat porsinya yang banyak itu.

-SQ-

Review Resto Bebek Sinjay
  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Rasa
  • Harga
3.3

Ada komentar? Silakan...