Gelato Secrets… Ssst!

Gelato, adalah es krim ala Italia. Kata gelato sendiri berasal dari bahasa latin yang artinya beku. Tapi berbeda dengan es krim, gelato mengandung lemak lebih sedikit serta menggunakan perasa berupa buah asli dan kacang-kacangan. Selain itu, gelato mengandung lebih sedikit udara karena proses pengadukan yang lambat. Gelato biasa disajikan pada temperatur 15 derajat Celcius.

Salah satu gerai gelato yang menjadi favorit adalah Gelato Secrets yang hadir pertama kali di Ubud, Bali pada tahun 2009. Kabar baiknya, warga Jakarta dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh ke Bali demi menikmati kelezatan gelato ini. Gelato Secrets telah membuka cabang di Jakarta, yaitu terletak di Shophaus, sebuah area kuliner di Jl.  Teuku Cik Ditiro, Menteng. Di sini Gelato Secrets berada di lantai 1 bergabung dengan sebuah coffee shop. Gerai gelato ini tidaklah luas, namun mereka juga menyediakan area dine-in outdoor. Meskipun tidak terlalu luas, namun tempat ini bisa jadi pilihan untuk kongkow-kongkow ataupun sekedar mencicipi “kuliner asyik” Italiano ini 🙂

Fyi, area parkir di Shophaus ini kecil. Jadi, siap-siap untuk  kesulitan parkir saat berkunjung yah.

Setiap harinya Gelato Secrets menyediakan banyak variasi, hingga 24 varian rasa. Ada rasa buah-buahan seperti mangga, durian dan strawberry. Ada juga fussion rasa seperti tiramisu, cheessecakes dan brownies. Untuk rasa coklat saja ada 4 jenis lho:  dark chocolate, fererro rocher,  raw chocolate dan chocolate chili.  Pokoknya, selera lidah pembeli dimanjakan sekali di sini. Selain gelato, di gerai ini juga dijual sorbetto, waffle dan aneka minuman seperti milk shake dan fruit shake.

Harga yang ditawarkan Gelato Secrets cukup terjangkau. Ukuran small yang terdiri dari 2 scoop gelato, hanya dibanderol Rp30.000. Ukuran medium yang berisi 3 scoop Rp45.000, dan ukuran large atau 4 scoop dihargai Rp60.000. Untuk penyajiannya,  kita dapat memilih, yaitu di cup atau di cone.

Kali ini saya memilih 2 scoop gelato di cone. Saya sempat mencoba beberapa rasa sebelum memutuskan membeli rasa apa. Fererro rocher menurut saya biasa karena tidak manis tidak pula pahit, rasa salted caramel lebih dominan pahit dari si karamelnya. Rasa durian terasa enak dengan potongan daging buah duriannya. Bamboo charcoal rasanya unik menurut saya. Akhirnya pilihan saya jatuh pada rasa bamboo charcoal dan dark chocolate.

Gelato bamboo charcoal yang berwarna abu-abu merupakan gelato vanilla yang diberi bubuk charcoal sehingga rasanya agak berpasir. Rasa bamboo charcoal ini tidak manis. Sedangkan rasa dark chocolate sudah pasti pahit. Tapi saya merasa puas dengan dua pilihan rasa tersebut,  karena menurut saya rasanya pas.

Menurut saya tekstur gelato dari Gelato Secrets ini lembut dan creamy. After taste-nya juga tidak membuat tenggorokan kering atau seret. Dan karena gelato itu tidak mengandung banyak udara maka ia cepat meleleh. Jadi saran saya, kalau membeli gelato lebih baik di cup dan kalau berkunjung di siang hari jangan pilih area outdoor kalau tidak mau si gelato cepat mencair. Dan saya tidak merekomendasikan untuk membawa pulang gelato, walau Gelato Secrets menyediakan kemasan take away.

-SQ-

Ada komentar? Silakan...