Burger Monalisa, Roti Barat Cita Rasa Lokal

Burger, si roti bulat isi, merupakan makanan khas Amerika Serikat. Rasa burger yang enak, membuat roti ini digemari berbagai kalangan. Tak heran jika kuliner ini mudah ditemukan di negara mana pun. Termasuk di Indonesia, kita pun mengenal burger, yang awalnya populer melalui resto cepat saji berlambang M, yang juga berasal dari Negeri Paman Sam.

Di Yogyakarta ada sebuah warung burger legendaris yang telah berdiri sejak tahun 90-an. Burger Monalisa namanya. Warung yang terletak di jalan Kaliurang ini tak hanya menawarkan menu burger saja, tetapi juga ada hot dog, pizza, spaghetti dan pisang bakar. Warung ini masih bertahan hingga sekarang, karena menawarkan burger dengan cita rasa khas, disesuaikan dengan lidah orang Jawa.

Burger Monalisa menggunakan bahan-bahan yang diracik sendiri, dari mulai roti, patty, sosis bahkan mayonesnya. Roti yang digunakan sengaja dibelah dua namun tidak terputus untuk memudahkan memasukkan isian, dan pada saat dimakan isian tidak bergeser.

Patty yang digunakan tidak dibuat satu persatu, namun utuh seperti rolade dan baru dipotong-potong saat ada pesanan. Uniknya lagi, patty yang digunakan digoreng dalam minyak panas, bukan di-grilled atau di-pansheared. Sedangkan mayones yang juga diproduksi sendiri, berwarna kuning dan memiliki tekstur mirip vla.

Burger versus Hotdog

Di Burger Monalisa, menu burger dan hotdog yang ditawarkan terdiri dari 2 varian, yaitu original dan dengan tambahan keju. Burger keju yang dibanderol dengan harga Rp 20.000 terdiri atas patty, bawang bombay, tomat, timun serta daun selada yang diberi tambahan mayones dan saus sambal.

Hotdog keju yang juga dibanderol dengan harga Rp 20.000 disajikan dengan isian yang sama dengan burger, hanya patty-nya diganti dengan sosis.

Hotdog dan Burger – Burger Monalisa

Perpaduan roti burger yang empuk dengan beef patty yang gurih, mayones yang manis ditambah dengan sayuran yang segar, menjadikan Burger Monalisa kaya rasa. Potongan beef patty-nya tebal dan mayonesnya juga berlimpah. Saya pribadi lebih suka burger daripada hotdog, karena isiannya yang lebih full.

-SQ-

Review Burger Monalisa
  • Kemasan
  • Tampilan
  • Rasa
  • Harga
3.8

Ada komentar? Silakan...