Menjajal Jajanan Korea di K-Mart

Di derah Dharmawangsa, tepatnya Jalan Wijaya 2, Kebayoran, Jakarta Selatan, terdapat satu supermarket yang mengkhususkan diri menjual aneka produk serta kuliner khas Korea. K-Mart namanya. Datang ke toko ini serasa berada di Korea loh. Selain karena penampakan benda yang di-display di rak toko mayoritas adalah produk Korea, juga karena sepanjang waktu diputarkan lagu-lagu dari Negeri Ginseng ini. K-Mart menempati satu lantai ruangan. Meski tidak terlalu besar, namun supermarket ini cukup lengkap isinya.

Selain menjual bahan makanan mentah (makanan segar, beku, maupun makanan kering), di K-Mart juga tersedia tempat makan yang menyajikan makanan khas Korea yang dimasak langsung di depan customer, yang dinamai K-Bunsik, Korean Street Soul Food. Resto ini berada di salah satu sudut K-Mart. dengan kapasitas sekitar 10 bangku pengunjung.

Semakin siang, K-Mart dan K-Bunsik makin ramai dikunjungi. K-Bunsik menyediakan menu Korean Street Food dengan harga cukup terjangkau mulai dari Rp10.000 hingga Rp50.000,  seperti tok poki, ra poki, odeng, gimbab, ramen, udon, tok mandu, hotdog, pop dumpling. Khusus menu pop dumpling, ini adalah menu non halal yang dimasak di tempat terpisah dan peralatan masak yang terpisah.

Menu Korea di K-Bunsik

Tok poki (Rp35.000) dan ra poki (Rp40.000) adalah dua menu yang sejenis namun berbeda isi. Pada masakan ra poki diberi tambahan ramen atau mie instan yang direbus.

Tok poki terbuat dari tepung beras yang diolah menjadi makanan olahan yang berbentuk lonjong berdiameter sekitar 1 cm dan dipotong-potong sekitar 5 cm. Teksturnya kenyal dan tak ada rasa, karena mengandalkan bumbu masakannya yang pedas khas kuliner Korea. Dua ini menu favorit saya di K-Bunsik, yang seporsinya dapat dimakan hingga bertiga.

Tok Poki

Odeng (Rp10.000/tusuk) adalah Korean fish cake, dibuat seperti lembaran tipis sekitar 0.5 cm dan dipotong selebar 3 cm-an lalu ditusuk dengan tusukan bambu. Menu ini direbus menggunakan kuah kaldu. Teksturnya kenyal tapi empuk dengan rasa sedikit amis.

Odeng

Gimbap adalah makanan sejenis sushi Jepang rasa khas Korea. Isian nasi gulung nori ini berupa irisan wortel, lobak, crab stick, telur dadar, timun. Seporsi gimbab yang diiris menjadi beberapa potong dihargai Rp30.000 yang jika dengan tambahan keju menjadi cheese gimbap harganya Rp35.000.

Gimbap

Tok Mandu (Rp40.000) adalah kuliner khas Korea berupa sup pangsit berkuah agak kental. Pangsit isi yang bentuknya gendut, direbus bersama tok (semacam tok poki namun diiris tipis seperti kerupuk bawang kering). Rasa kuahnya gurih, tapi untuk pangsitnya yang berisi campuran daging dan sayur, agak amis dan terasa aneh di lidah saya. Menu ini besar porsinya dan dapat dinikmati hingga 4 orang.

Tok Mandu

Nah, buat Kuliks yang mau tau atau ingin icip-icip kuliner Korea, sebelum ke negeri aslinya mungkin bisa mampir dulu ke K-Mart ini. Tips jika ingin menikmati hidangan di K-Bunsik dengan nyaman, sebaiknya datang sebelum ramai yaitu pagi hari. Karena di atas jam 11 siang, antrian untuk menikmati hidangan khas Korea ini sudah mengular.

-Nad-

Review Jajanan Korea di K-Bunsik
  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Rasa
  • Harga
3.5

Ada komentar? Silakan...