Hunting Sushi Halal? Ke Sushi Bar Yuk!

Kuliner Jepang apa yang paling banyak disukai atau dikenal di Indonesia? Sebagian besar pasti menjawab sushi. Yup. Meskipun ada ramen, udon, dan lainnya, sushi – olahan nasi berbalut rumput laut ini – memang sangat populer di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda. Dan, menyambut kegemaran masyarakat akan sushi tersebut,  ada banyak restoran sushi hadir di Indonesia, baik yang asli berasal dari Jepang maupun milik lokal.

Apakah Sushi Halal?

Jika dilihat sepintas, sushi hanyalah gulungan nasi yang diisi dengan beberapa macam bahan yang sudah tidak asing seperti crab stick, salmon, tuna, alpukat, ketimun dan sebagainya, kemudian dibalut dengan nori yang terbuat dari rumput laut. Namun jika ditelisik lebih detil, komposisi sushi aslinya mengandung beberapa bahan yang tidak boleh dikonsumsi umat Muslim, seperti alkohol dan mirin. Tidak hanya sushinya sendiri, namun bahan pencelupnya yaitu soyu juga harus dicermati, apakah terbuat dari bahan-bahan yang 100% halal.

Untuk itu, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi penganan mungil yang mengeyangkan ini di sebuah restoran Jepang, sebaiknya para penikmat sushi mencari informasi atau bertanya dulu apakah sushi yang mereka buat menggunakan bahan yang disebutkan di atas atau tidak. Setahu saya, beberapa restoran sushi di Indonesia yang otentik Jepang, tetap menggunakannya untuk memperkuat rasa.

Cara yang paling aman : cari restoran sushi yang halal!

Berburu Sushi Halal di Sushi Bar

Salah satu restoran Jepang yang telah bersertifikat halal MUI adalah Sushi Bar. Resto yang punya cabang di beberapa kota ini lolos uji halal untuk seluruh produk menunya, termasuk saus dan sambalnya (wasabi).

So, para penggila sushi khususnya kaum Muslim, dapat dengan tenang memborong aneka menu di resto ini, tanpa perlu bertanya lagi ataupun meragukan kehalalannya.

Saya berkesempatan mengunjungi Sushi Bar berlokasi di Kuningan City Mall, Jakarta Selatan lantai LG, tepat di sebelah eskalator. Ternyata tak sedikit pelanggan yang makan di sana.

Suasananya seperti resto Jepang pada umumnya. Walau terlihat kecil, tapi cukup menampung pengunjung yang datang. Interior resto ini didominasi oleh warna merah dan terdapat sejenis meja bar dimana kita bisa bersantap di sana, sambil melihat langsung para koki membuat dan menyajikan sushi.

Setelah melihat-lihat buku menu akhirnya saya memutuskan akan memesan beberapa menu, termasuk menu promo buy 1 get 1 free. Yaitu jika kita membeli 1 porsi ramen atau mini sukiyaki akan mendapatkan gratis 1 sushi yang dapat dipilih dari dua varian yaitu gyu dynamite roll atau ebi floss.

Jadi, menu yang saya pesan (nama tepatnya saya tak hafal): 1 kani roll sushi, 1 scallop yang dibakar dan diberi saus mayonnaise, serta 1 menu promo yaitu chicken ramen original sauce plus gratis ebi floss sushi. Minumannya saya order ocha ice yang free reffill.

Nilai Plus untuk Sushi Bar

Pesanan saya satu persatu datang. Untuk kani roll sushi rasanya seperti sushi lainnya yaitu sushi dengan isi crab stick. Sedangkan untuk scallop, ebi floss sushi dan ramennya saya beri nilai 9! Hehehe.. Ini karena 3 menu itu memang enak banget. Scallop dibakar matang tapi masih empuk dan tidak amis disajikan dengan mayones, benar-benar tepat, menjadi kaya rasa di mulut.

Ebi floss-nya  tidak pelit untuk isian udangnya, padahal itu menu gratisan. Saya bisa melihat dan merasakan daging udang enak yang bikin tak sanggup untuk berhenti makan. Ramen ala Sushi Bar ini lebih enak dibanding dengan ramen halal yang pernah saya coba di Jepang. Tekstur mie-nya yang kenyal dan lembut, lalu disiram kuah originalnya yang segar plus potongan ayam, membuat mulut sulit berkata-kata, hehe… asli enak sekali. Fyi, ada empat pilihan rasa untuk ramen sauce yaitu original, kari, cream dan spicy.

Selain menunya yang menggoda dan nagih, nilai plus lainnya  di resto sushi halal ini adalah pelayannya yang ramah dan cepat dalam melayani. Misalnya, saat melihat gelas kita mulai kosong, mereka dengan segera menawarkan untuk mengisinya kembali, dan begitu seterusnya.

Range harga makanan di Sushi Bar yaitu Rp 10.000 – Rp 45.000, serta Rp 9.000 – Rp 30.000 untuk minumannya. Menurut saya harga tersebut tergolong ramah kantong, untuk sushi yang enak ini. Pokoknya saya ingin lagi kembali ke resto ini.

-Ra-

Review Sushi Bar
  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Rasa
  • Harga
4.2

Ada komentar? Silakan...