Seharian Mencicipi Kuliner Bandung

Menghabiskan akhir pekan di Bandung memang menyenangkan. Selain karena banyak tempat wisata favorit di sana, aneka kuliner di ibukota Jawa Barat ini juga sangat menarik terutama bagi pendatang dan wisatawan.


Tak ingin ketinggalan kuliner asyik yang khas selama berada di Bandung? Berikut ini adalah beberapa tempat rekomendasi kuliner Bandung yang enak, mulai dari sarapan, ngemil, sampai dengan makan malam. Yuk disimak…

Rekomendasi Kuliner Bandung

1. Menikmati Pagi dengan Bandros Cowboy

Udara dingin pagi hari di Bandung paling enak jika sambil menyantap penganan hangat. Bukan hanya surabi yang bisa dicicipi hangat-hangat, ada juga kuliner khas Jawa Barat lainnya yaitu  bandros. Di tengah gempuran kuliner Bandung kekinian, penjaja bandros memang tidak sebanyak dahulu. Hanya beberapa orang saja yang bertahan, termasuk salah satunya Bandros Cowboy.

Penjual bandros di gerobak ini berjualan di sekitar pasar Cihapit Bandung dan laris manis dibeli. Sesuai namanya Bandros Cowboy, penjual di sini memakai topi cowboy.

tips-asyik-kuliner-bandung-bandros

Ada yang belum tahu bandros seperti apa? Bandros kalau di Jakarta semacam kue rangi, namun lebih tebal dan ada pilihan rasa asin serta manis. Seiring perkembangan zaman, variasi bandros semakin banyak. Ada bandros rasa toblerone, green tea, kitkat dan masih banyak lagi.

Buat yang tak sempat membeli Bandros Cowboy di pagi hari, bisa juga beli bandros siang hari tapi di lokasi berbeda, yaitu di depan toko yogurt Cisangkuy dekat dengan Gedung Sate.


Satu porsi bandros dihargai Rp 15.000 berisi dua papan, yang bisa dipesan dengan satu rasa ataupun dua rasa. Untuk saya, sarapan dengan satu papan bandros saja sudah cukup untuk melanjutkan agenda berikutnya.

2. Minum Segar Yogurt Cisangkuy

Setelah puas sarapan bandros, paling enak minumnya yang segar, dingin dan sehat. Apalagi kalau bukan yogurt. Dan yogurt terenak serta termasyur di Bandung adalah Yogurt Cisangkuy.

Sudah jadi rahasia umum kalau yogurt Cisangkuy masih dibuat dengan menggunakan cara tradisional. Kuliner Bandung yang satu ini juga masih mempertahankan bangunan aslinya yang tetap asri dan homey.

tips-asyik-kuliner-bandung-cisangkuyBanyak sekali varian rasa yang ditawarkan yogurt Cisangkuy dan favorit saya adalah rasa leci.  Satu gelas yogurt leci dihargai Rp 26.000. Lumayan mahal sih. Tapi begitu merasakan yogurt yang lebih kental dan segar ini, terbukti bahwa rasa sebanding dengan harganya. Bagi yang tidak suka dengan rasa asam yogurt, Yoghurt Cisangkuy menyediakan minuman lainnya seperti jus dan fruitshake. Semuanya fresh dan menyegarkan dahaga.

3. Makan Siang Asyik di Cuanki Serayu

Belum ke Bandung kalau belum makan cuanki serayu. Itulah salah satu slogan yang ada di masyarakat Bandung. Saat musim hujan dan udara dingin menusuk kulit, cuanki hangat adalah menu pilihan makan siang yang asyik.

tips-asyik-kuliner-bandung-8

Kuliner Bandung murah meriah Cuanki Serayu berlokasi di Jalan Serayu Bandung. Satu porsi cuanki serayu harganya Rp 10.000 sampai Rp 15.000. Isinya adalah tahu putih, batagor, siomay basah, siomay goreng, pangsit goreng dan bakso. Itu sudah cukup mengenyangkan dan bikin perut hangat.

4. Bersantap di Warung Taru sambil Menikmati Panorama Senja

Siang itu saya ada agenda untuk kumpul dengan sahabat. Kami sepakat memilih tempat di Warung Taru, yang terletak di Dago Atas, kira-kira 100-200 meter dari terminal Dago. Berkunjung ke Warung Taru disarankan untuk datang di sore hari menjelang senja karena panoramanya sangat cantik dengan pemandangan lampu-lampu kota yang menyala.

Warung Taru menyediakan beraneka macam menu makanan dari makanan berat sampai dengan camilan. Harganya pun variatif tapi relatif terjangkau. Oya, tempe mendoan di resto ini rasanya juara, enak disantap sambil memandang keindahan kota.

tips-asyik-kuliner-bandung-3

5. Nge-yamin sambil Kongkow di Warung Lela

Bicara kuliner Bandung juga tak lepas dari yamin. Dan Warung Lela adalah salah satu tempat makan mie yamin terenak di Bandung. Suasana dan desain Warung Lela hampir mirip dengan Warung Taru yang mengedepankan rumah tinggal. Yakin deh, ketika memutuskan makan di sini, pengunjung akan betah berlama-lama. Warung makan yang berlokasi di Jl. Kupa, Dago Atas ini cocok untuk tempat kumpul-kumpul, apalagi jika datang di malam hari yang dingin.

Menurut saya menu yang populer di Warung Lela adalah mie yamin manis special dan untuk minumannya adalah teh jahe. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 26.000 s.d. Rp 30.000, sedangkan untuk minuman harganya mulai Rp 2.000 s.d. Rp 20.000.

6. Menghabiskan Malam di Sate Padang Pak Datuk yang Legendaris

Bukan hanya kuliner Jawa Barat saja yang populer di Bandung tapi juga menu dari luar daerah, seperti Sate Padang Pak Datuk. Sate padang di sini terkenal legendaris karena sejak tahun 60-an hadir di Bandung. Kalau menurut Uni pemilik sate padang ini, ia merupakan keturunan ketiga yang mewarisi Sate Padang Pak Datuk.

Satu porsi sate padang yang berisi daging dan usus, dihargai Rp28.000. Porsi yang pas dan enak untuk mengisi perut di Kota Kembang sambil menghabiskan malam. Untuk menyantap sate padang ini harus datang di atas jam 18.00, karena di atas jam tersebut warung makan sate padang ini dibuka. Lokasinya ada di Jalan Cikapundung, sebelah gedung PLN.


Nah, itulah beberapa rekomendasi kuliner Bandung mulai sarapan sampai dengan makan malam, yang dapat dicoba saat ke sana.

-Ummara-

Selain rekomendasi kuliner di Bandung, baca juga rekomendasi kuliner di Malang dan kuliner di Wonosobo.

Ada komentar? Silakan...