SGPC Bu Wiryo, Sego Pecel Legendaris di Jogja

Buat para pelancong yang liburan ke kota Yogyakarta, belum lengkap dong jika belum mencicipi kuliner legendaris di sana. Ada Mangut Lele Mbah Marto, Gudeg Pawon, Ayam Kampung Mbah CemplungTengkleng Gajah, Sate Klatak Pak Pong. Kuliks sudah coba semua?

Selain yang sudah disebut di atas, ada juga nasi pecel  SGPC Bu Wiryo yang tersohor. Nasi pecel adalah kuliner khas yang populer dijajakan di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta.  Konon, asal muasal pecel, sayuran berbumbu kacang ini, berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.

SGPC, singkatan dari Sego Pecel (nasi pecel dalam bahasa Jawa),  akhirnya menjadi branding nasi pecel Bu Wiryo. Berjualan sejak tahun 1959, rumah makan legendaris SGPC Bu Wiryo berlokasi di Jalan Agro, di sekitar kampus Universitas Gajah Mada (UGM), Jogja.

Lokasi SGPC Bu Wiryo termasuk mudah ditemui karena tinggal menyusuri jalan Selokan Mataram dekat kampus UGM. Interior rumah makan ini cukup luas sehingga dapat menampung banyak orang sekaligus, baik untuk sarapan, ataupun makan siang. Terdapat banyak meja dan bangku panjang di dalamnya.

Sgpc-bu-wiryo-2

Menikmati sego pecel khas di sini semakin nikmat dan nyaman dengan adanya live music dari band yang menamakan diri band SGPC.

Makan Nikmat Sego Pecel di SGPC Bu Wiryo

SGPC Bu Wiryo terkenal dengan sajian  dengan pecel sayur segarnya, disajikan dengan nasi hangat dan bumbu kacang khas yang rasanya nikmat. Rumah makan ini juga menawarkan pilihan lauk yang bermacam-macam seperti ayam goreng, sate ayam, sate telur puyuh, telur ceplok (telur mata sapi), perkedel kentang.

Jika sedang tidak menginginkan makan pecel, maka pengunjung dapat memilih menu lainnya seperti sop daging sapi dengan kuah bening yang menyegarkan.

Harga makanan di sini cukup menguras kantong untuk ukuran nasi pecel. Karena per porsi nasi pecel berkisar antara Rp. 15.000 – Rp. 20.000. Harga tertinggi akan diterapkan saat-saat high season (liburan). Untuk pilihan lauk pauknya berkisar antara Rp. 3.000 – Rp 10.000. Sedangkan untuk nasi sop daging juga dihargai sekitar Rp. 20.000.

-Nad-

Review SGPC Bu Wiryo
  • Suasana
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Makanan/Minuman
  • Harga
3.3

Ada komentar? Silakan...