10 Makanan untuk Awet Muda dan Sehat

Awet muda dan awet sehat adalah dambaan hampir semua orang. Terutama bagi kaum hawa, gencarnya janji manis iklan produk dan perawatan antiaging turut memberikan kontribusi kecenderungan mereka untuk ingin tetap terlihat muda meskipun usia menua.

Penuaan adalah hal yang alamiah terjadi, tidak dapat dihindari. Namun pada dasarnya sel tubuh manusia beregenerasi membentuk sel dan jaringan baru sebagai bentuk proses perkembangannya. Dari berbagai penelitan diketahui bahwa setiap 35 hari kulit berganti sendiri, dan tubuh manusia membuat sel-sel baru, melalui asupan makanan yang dimakan.

Jadi, slogan “you are what you eat” alias “kamu adalah apa yang kamu makan”, adalah benar secara ilmiah. Ini berarti, resep awet muda dan sehat yang alami ada di depan mata, pemirsah.. 😉 Apakah itu ? Makanan.

Di bawah ini adalah 10 jenis makanan makanan yang jika dikonsumsi rutin dapat membuat awet muda dan sehat. Yuk catet

1. Berry
Jenis buah berry (blueberry, acayberry, blackberry) kaya akan antioksidan flavonoid yang melawan radikal bebas, salah satu faktor penyebab penuaan dini. Berry juga membantu tubuh memproduksi kolagen yang membuat kulit kencang dan halus.

www.mercola.com

2. Alpukat
Minyak yang terkandung melembabkan kulit. Kaya asam lemak tak jenuh tunggal, alpukat juga menyehatkan jantung dan sistem kardiovaskular.

3. Buah dengan kandungan air tinggi
Mentimun, semangka, peach, melon, mengandung banyak air yang dapat menghidrasi kulit sehingga mencegah kerutan, menjaga kelembaban tubuh, memberi vitamin dan memiliki efek alkali yang menyehatkan tubuh.

www.everydayhealthtip.com

4. Bermacam sayuran
Sayuran seperti selada air, lobak dan bayam, melawan racun penyebab degenerasi sel. Brokoli, bit, kol merah berkhasiat meminimalisir toksin yang tertimbun dalam darah yang menyebabkan kulit kusam. Sedangkan wortel dan tomat mengandung beta karoten dan lycopen yang melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari dan memperbaiki sel-sel kulit.

5. Bawang putih
Senyawa sulfur yang terkandung di bawang putih sangat baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa taurin dan dan lipoic yang membantu regenerasi kolagen. Khasiat bawang putih ini lebih bermanfaat jika dimakan mentah.

6. Yoghurt plain rendah lemak
Kaya kalsium, protein, vitamin B untuk pertumbuhan dan pembelahan sel-sel kulit, yoghurt rendah lemak juga menyehatkan pencernaan serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

7. Teh hijau
Senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung pada teh hijau bermanfaat untuk kesehatan kulit, dan mencegah degenerasi sel.

www.amazine.co

8. Kacang-kacangan
Berbagai jenis kacang seperti kenari mengandung kalium, magnesium yang menjaga kekencangan kulit. Sedangkan walnut mengandung zat anti-inflammatory yang bermanfaat meringankan penyakit kulit seperti eksim

9. Salmon
Mengandung antioksidan dan asam lemak omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, juga kulit. Asam lemak omega 3 membantu mencegah jerawat dan memperbaiki penampilan kulit.

10. Coklat
Coklat yang berkhasiat adalah coklat pekat. Jenis coklat ini mengandung zat resveratorol dan flavanol yang meningkatkan sirkuliasi dan mencegah kerusakan ringan akibat matahari.

Itulah 10 jenis makanan yang kandungannya dapat membantu kulit awet muda dengan menutrisi, menghidrasi dan menangkal pengaruh buruk radikal bebas. Yang menjadi catatan penting untuk memperoleh khasiat jenis-jenis makanan di atas adalah konsumsilah secara rutin, dalam keadaan segar, diolah tanpa tambahan perasa dan pengawet serta dimasak dengan proses yang benar.

-Cemil-

Ada komentar? Silakan...