Galantin, Hidangan Bergizi Komplit ala Perancis

Galantin atau galantine adalah hidangan Perancis berisi daging isi tak bertulang, direbus dan disajikan dingin, dilapisi dengan aspic. Galantin sering diisi dengan forcemeat, dan dibuat dalam bentuk silinder (Wikipedia). Konon, di negara asalnya itu, makanan ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, disajikan sebagai hidangan mewah saat perayaan tertentu.

Di Indonesia, kuliner ini banyak juga yang menyebutnya rolade daging. Galantin yang populer umumnya terbuat dari daging sapi dan daging ayam. Rolade ini biasanya disajikan satu piring dengan bahan pelengkapnya seperti kentang dan sayuran lainnya. Dengan berbagai bahan tersebut, satu porsi masakan ini sudah komplit mencukupi asupan gizi lho. Ada karbohidrat dari kentang, protein dan lemak dari dagingnya, serta mineral dari sayurannya.

resep-galantin

Pingin coba buat sendiri di rumah? Yuk simak resepnya di bawah ini.

Resep Galantin

Bahan-bahan:

  • Daging sapi giling 200 gram
  • Roti tawar (di resep ini pakai roti tawar gandum) 3 lembar
  • Susu cair 50 ml
  • Bawang putih kating 1 buah
  • Telur 2 butir, kocok
  • Merica bubuk 1/2 sdt
  • Gula pasir 1 sdt
  • Garam 2 sdt

Cara Membuat Galantin:

  1. Letakkan roti tawar dalam wadah, tuangkan susu cair, biarkan lunak
  2. Tambahkan daging giling, telur, bawang putih yang sudah dihaluskan, merica, gula, garam, aduk sampai halus dan merata (aku pakai 2 garpu untuk mengaduk rata)
  3. Tuangkan adonan ke daun pisang/aluminium foil (jika ada), gulung lalu kukus hingga matang. Jika tidak ada daun pisang/aluminium foil maka dapat menggunakan wadah apa saja untuk mengukus
  4. Kukus hingga matang merata

Bahan Saus:

  • Bawang putih kating 1 buah, haluskan
  • Saus tomat 3 sdm
  • Merica bubuk 1/2 sdt
  • Gula pasir 1 sdt
  • Kecap manis 2 sdt
  • Garam 1/2 sdt
  • Maizena 1 sdm, larutkan dengan sedikit air 
  • Margarin untuk menumis 2 sdm
  • Air 300 ml
  • Kaldu jamur 1 sdt

Cara Membuat Saus:

  1. Panaskan margarin sampai cair
  2. Tumis bawang putih hingga harum dan berwarna kecoklatan
  3. Masukkan saus tomat, kecap manis, garam, gula, merica, air, kaldu bubuk, aduk-aduk sampai mendidih
  4. Tuangkan maizena yang sudah dicairkan sedikit-sedikit hingga mendapatkan kekentalan yang diinginkan
Galantin-kuliner-asyik

Pelengkap Hidangan:

  • Buncis rebus
  • Wortel rebus
  • Kentang goreng
  • Saus tomat
  • Saus sambal

Cara Penyajian:

Potong Galantin, sajikan dengan sausnya dilengkapi wortel rebus, buncis rebus, kentang goreng dan saus saji, saus tomat/saus sambal.

-Nad-

Menu ini juga sehat, enak dan kriuk : Telur Bungkus Daging.

17 thoughts on “Galantin, Hidangan Bergizi Komplit ala Perancis

  • April 27, 2020 pada 7:19 pm
    Permalink

    Mba, bawang putih kating itu apa yaa? Ga mudeng arti kating .. Aku udh tau lama kuliner ini apalagi di solo banyak yg menjual. Tp ga nyangka kalo cara bikin dan bahan sangat simple hahahahah. Kirain ribet :D. Jd pgn bikin sendiri loh :D.

    Iya sih, seporsinya udh komplit banget Ama Karbo, protein, dan sayuran yaaaa . Makan ini aja udh kenyang. Aku save resepnya mba, mau dicoba pas nanti giliran aku wfh

    Balas
    • Mei 1, 2020 pada 10:12 am
      Permalink

      Bawang putih kating itu yg ukurannya gede2 mbak. Aroma dan rasanya lebih kuat. Tanya ke penjual bawang pasti tau deh 🙂
      Iya resepnya gak ribet kok. Selamat mencoba yaa

      Balas
  • Juli 14, 2020 pada 4:42 am
    Permalink

    Sepertinya tidak ribet dan mudah dibuat, Bergizi pula. Cocoknih kayaknya untuk sarapan dan menu diet

    Balas
  • Juli 14, 2020 pada 1:19 pm
    Permalink

    Saya paling seneng kalau ke resepsi nikahan teman, tetangga pasti nyarinya galantin, hehehe. Karena biasanya ada di menu hidangan di resepsi. Apalagi dicocol sausnya hhhmmmm enaknyo…

    Balas
  • Juli 14, 2020 pada 3:40 pm
    Permalink

    mantaabb.. thank you resepnya, baru tahu ini namanya galantine ,, jadi rapaaaarrrrr hehe

    Balas
  • Juli 15, 2020 pada 8:27 am
    Permalink

    Kayaknya bikinnya gampang banget. Cobain ah, buat ganti2 menu. Anw, thanks udah berbagi resep. Seneng banget ketemu resep gampang n enak

    Balas
  • Juli 15, 2020 pada 9:05 am
    Permalink

    Saya belum pernah makan gelatin ini mbak. Sepertinya rasanya enak dan cara buatnya juga cukup mudah. Terima kasih atas resepnya nanti mau coba

    Balas
  • Juli 15, 2020 pada 9:30 am
    Permalink

    Ini resep yang biasa dibuat ibu mertua untuk anak anaknya di rumah.. kayak agak susah ya, tapi boleh juga untuk dicoba

    Balas
  • Juli 15, 2020 pada 10:09 am
    Permalink

    Enak nih cocok buat cemilan anak dan keponakan kesayangan di rumah ya apalagi kalau mereka gtm

    Balas
  • Juli 15, 2020 pada 11:06 am
    Permalink

    Bahannya ada daging sapi, kebetulan bentar lagi hari raya qurban banyak daging nih bisa dibikin masakan ala luar negeri ini

    Balas
  • Juli 15, 2020 pada 2:04 pm
    Permalink

    wah.. ini bisa jadi olahan pas Idul Adha besok nih, siapa tahu dapet daging sapi yang banyak haha. Makasih mba resepnya, aku simpen deh.

    Balas
  • Juli 15, 2020 pada 2:20 pm
    Permalink

    Kalau liat resepnya sih mudah ya, Mbak. zaman kecil dulu suka banget kalau ada menu galantin di rumah, berasa mewah gitu.

    Balas
  • Juli 15, 2020 pada 2:27 pm
    Permalink

    Teri’s terang aku ga ngerti galantin, ga pernah masak, kalau makan juga yang penting weak dan enak banget kak, ini resepnya sepertinya gampang jadi pengen coba praktekin buat deh kak, makasih ya kak.

    Balas
  • Juli 15, 2020 pada 7:48 pm
    Permalink

    wah nyobain ah, bahan-bahannya mudah dicari dan lumayan mudah juga buatnya, sambil nyobain belajar masak aku bisa bikin ini niy, kebetulan aku suka banget sama daging digiling gitu

    Balas
  • Juli 16, 2020 pada 8:27 am
    Permalink

    Mirip steak ya mbak. Cuma ini bedanya dagingnya digiling. Jadi pengen nyobainnya kapan-kapan. soalnya kalau steak anakku susah ngunyah dagingnya.

    Balas
    • Juli 22, 2020 pada 7:33 pm
      Permalink

      Iya bener, bisa banget tuk makanan anak2..

      Balas
  • Juli 16, 2020 pada 2:36 pm
    Permalink

    Resepnya langsung saya catat dan akan saya praktikkan nanti. Terima kasih ya mbak, resepnya mantul

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *