Hummingbird Cake, Kue Jamaica yang Yummy

Mencoba-coba resep kue bisa juga lho dijadikan hobi. Hobi semacam ini bermanfaat karena selain melatih keterampilan, menambah pengetahuan, dan pastinya menyenangkan serta mengenyangkan. Salah satu kue hasil saya coba-coba resep adalah Hummingbird Cake.


Nama kue ini mungkin terasa asing dan lebih mirip nama burung ya? Menurut sumber resep (www.justtryntaste.com), nama Hummingbird Cake ini mengacu pada nama burung nasional asal cake tersebut yaitu Jamaica. Cake ini merupakan jenis cake pisang-nanas yang umum ditemukan di Amerika Serikat bagian Selatan (Southern). Terbayang rasa dan teksturnya?

Nah, kue asal Jamaica ini ternyata tak sulit membuatnya, dan rasanya enak… So, tak perlu jauh-jauh ke negaranya tuk ngicip kuenya.

Yuk yang mau coba, simak ya resepnya (untuk 1 loyang kue dengan panjang 20 cm, tinggi cm 5 cm).

Resep Hummingbird Cake

Bahan-bahan:

  • 350 gram tepung terigu serbaguna atau protein sedang
  • 200 gram gula pasir
  • 350 ml minyak goreng (saya menggunakan minyak goreng biasa, bisa digantikan dengan minyak sayur lainnya seperti zaitun, canola, jagung)
  • 3 butir telur ayam ukuran besar
  • 250 gram pisang potong dadu (5 buah pisang raja), bisa menggunakan jenis pisang cavendish/sun pride/ ambon/ raja/ barangan
  • 250 gram nanas segar, cincang kasar (bisa menggunakan nanas kalengan) ditambah 2 sendok makan gula pasir (sekitar 1 1/2 buah nanas madu ukuran kecil, bukan nanas madu Subang yang besar)
  • 150 gram kacang mete (saya pakai kacang tanah) cincang, sisakan sekitar 3 sendok makan untuk taburan permukaan cake. Bisa diganti dengan kacang walnut/ almond/ hazelnut/ kacang tanah panggang
  • 1 sendok teh garam
  • 1 1/2 sendok teh baking powder double acting
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1 1/2 sendok teh vanilla extract atau 1 sendok teh vanili bubuk

Frosting:

  • 250 gram cream cheese, suhu ruang
  • 5 sendok makan mentega, suhu ruang
  • 5 sendok makan gula bubuk (55 gram)
  • 1 sendok teh vanilla extract
  • Tambahkan beberapa sendok susu cair jika menggunakan cream cheese batangan yang padat.

Cara Membuat Hummingbird Cake
  1. Siapkan oven yang diset pada suhu 170’C (api atas dan bawah) Rak pemanggang diletakkan di tengah oven.
  2. Alasi rak dengan sebuah loyang kue kering agar loyang berisi adonan kue tidak langsung terkena panas oven dari bawah. Cara ini juga membuat cake matang dengan baik.
  3. Siapkan 3 buah loyang panjang 20 cm tinggi 5 cm. Olesi permukaan masing-masing loyang dengan margarin dan taburi dengan tepung terigu hingga rata, balikkan loyang dan ketukkan untuk membuang kelebihan tepung.
  4. Siapkan potongan nanas segar, masukkan ke dalam panci dan tambahkan 2 sendok makan gula pasir. Masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga nanas menjadi matang dan sedikit lunak. Angkat dan biarkan hingga dingin. Catatan:  proses ini tidak diperlukan jika menggunakan nanas kalengan, cukup tiriskan nanas dari airnya.
  5. Siapkan kacang, tebarkan di loyang kue kering. Panggang di oven suhu 170’C hingga permukaan kacang mulai sedikit kecoklatan, aduk dan balik-balik kacang selama proses pemanggang agar kacang matang merata. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin.
  6. Cacah kacang di chopper/food processor hingga menjadi cincangan kasar atau dapat juga mencincang kacang secara manual di talenan. Sisihkan.
  7. Aduk rata bahan kering (tepung terigu, garam, kayu manis bubuk dan baking powder) dalam 1 mangkuk. Sisihkan.
  8. Siapkan mangkuk, masukkan telur. Aduk telur hingga tercampur rata. Masukkan minyak goreng, aduk rata. Tambahkan gula pasir dan aduk hingga rata. Masukan rebusan nanas yang telah dingin dan potongan pisang, aduk rata.
  9. Tambahkan cincangan kacang panggang, jangan lupa untuk menyisakan sekitar 3 sendok makan cincangan kacang untuk taburan permukaan cake. Aduk adonan hingga rata dengan spatula.
  10. Masukkan campuran tepung dengan cara diayak langsung diatas adonan telur, masukkan tepung dalam 4 tahapan. Aduk perlahan adonan dengan teknik aduk balik, hingga tercampur baik.
  11. Jangan over mixing, jika adonan telah tercampur segera hentikan mengaduk. Bagi adonan menjadi 3 bagian, tuangkan masing-masing adonan ke loyang yang telah disiapkan.
  12. Panggang selama 30 menit atau hingga permukaan kue berwarna coklat keemasan dan ketika ditusuk dengan lidi tidak ada adonan yang menempel di lidi. Keluarkan kue dari oven, diamkan selama 5 menit untuk menghilangkan uap panasnya. Balikkan kue di rak kawat dan biarkan dingin. Lanjutkan memanggang adonan kue berikutnya hingga 3 buah lapisan cake selesai dipanggang.
  13. Diamkan cake hingga benar-benar dingin.

Frosting

  1. Masukkan semua bahan frosting ke dalam mangkuk mixer, kocok dengan kecepatan tinggi hingga smooth dan tercampur baik. Bagi frosting menjadi 3 bagian.
  2. Letakkan sebuah lapisan cake di piring datar, olesi permukaannya dengan satu bagian frosting. Ratakan frosting, tumpukkan lapisan kedua dan ratakan frosting di permukaan cake. Lakukan hal yang sama hingga lapisan cake ketiga.
  3. Terakhir taburi permukaan cake dengan cincangan kacang mete panggang yang tadi kita sisakan sebagian.

Hummingbird Cake siap disantap. Yummy!

Tips:
Tekstur cake ini sedikit crumble/remah, agar mudah dipotong masukkan cake ke dalam lemari pendingin selama 3 jam. Ketika dingin maka cake akan padat dan mudah dipotong.

-Nasya-

Resep kue lawas yang ini juga asyik untuk dicoba : Malkist Tape.

Ada komentar? Silakan...