Mille Crepes, si Kue Seribu Lapis

Mille Crepes adalah cake yang bikin saya jatuh cinta sejak pertama kali melihatnya. Sempat penasaran untuk membeli, tapi melihat harganya yang lumayan mahal untuk 1 slice-nya, akhirnya saya putuskan untuk mencari-cari resep kue ini dan membuatnya sendiri 😊.

Mille Crepes yang sering disebut sebagai Thousand Layer Crepes Cake, merupakan salah satu kuliner asal Perancis. Ia terdiri dari berlapis-lapis panekuk tipis yang masing-masing lapisannya diberi olesan tipis krim pastry. Kata ‘mille‘ artinya ribuan yang menggambarkan banyaknya lapisan crepes (panekuk) yang membangun cake ini. Di New York, kue seribu lapis ini menjadi dessert khas Lady Mendl’s Tea Salon, rumah teh historis terkenal di sana.

Membayangkan lapisan-lapisan cake ini, sepertinya pembuatan Mille Crepes bakal ribet ya? Padahal nggak juga loh. Apalagi setelah merasakan lembut dan yummy-nya cake ini, terbayar sudah perasaan ribetnya. Asal ada niat, dan dilaksanakan niatnya, pasti jadi deh. Semangaat…

Berikut saya bagikan resepnya yang diambil dari www.justtryandtaste.com.

Membuat Adonan Crepes

Bahan-bahan untuk adonan crepes:

  • 5 sendok makan mentega atau margarine
  • 400 ml susu cair
  • 170 gram tepung terigu serba guna
  • 6 butir telur
  • 7 sendok makan gula pasir
  • seujung kuku garam

Cara membuat adonan crepes:

  1. Siapkan panci, masukkan mentega dan masak dengan api kecil hingga meleleh dan teruskan memasak hingga mentega berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan biarkan hingga dingin.
  2. Siapkan panci lainnya, masukkan susu cair. Hangatkan susu dengan api kecil hanya sampai hangat saja, jaga jangan sampai susu mendidih. Matikan api dan biarkan hingga susu mendingin.
  3. Siapkan gelas blender, masukkan telur, gula pasir, garam dan tepung terigu. Proses hingga halus dan tercampur baik. Tuangkan susu sambil mesin terus dinyalakan dan lanjutkan dengan menuangkan mentega cair. Proses hingga adonan tercampur dengan baik. Matikan blender dan tuangkan adonan ke panci bekas merebus susu. Tutup permukaan panci dengan plastik wrap dan masukkan ke kulkas minimal 1 jam atau maksimal 1 malam agar adonan rileks.

Membuat Pastry Cream

Bahan-bahan untuk pastry cream:

  • 400 ml susu cair
  • 1 sendok teh vanila ekstrak
  • 5 buah kuning telur
  • 1 butir telur
  • 23 gram tepung maizena
  • 90 gram gula pasir
  • 3 1/2 sendok makan mentega atau margarine (mentega memberikan rasa lebih lezat dibandingkan dengan margarine)

Cara membuat pastry cream:

  1. Siapkan panci kecil, panaskan susu dengan api kecil hingga mendidih. Matikan api.
  2. Sambil susu direbus, siapkan mangkuk, masukkan telur. Tambahkan gula pasir, vanila ekstrak dan tepung maizena. Aduk cepat dengan spatula balon hingga rata dan smooth.
  3. Tuangkan sekitar 100 ml susu panas ke dalam mangkuk berisi kocokan telur, aduk cepat dengan spatula hingga tercampur baik. Tambahkan susu kembali sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga larut.
  4. Tuangkan adonan kembali ke dalam panci, masak dengan api sangat kecil sambil diaduk dengan spatula balon hingga kental, jangan terlalu lama memasaknya hingga adonan menjadi sangat pekat.
  5. Angkat dari kompor, masukkan mentega dan aduk hingga mentega meleleh dan tercampur baik dengan adonan.
  6. Saring adonan menggunakan saringan kawat sambil ditekan menggunakan sendok hingga menghasilkan adonan yang smooth. Dinginkan krim dan tutup permukaannya dengan plastik wrap. 

      Note:

  • Jangan mencampurkan susu panas secara sekaligus ke dalam kocokan telur karena akan membuat telur matang dan adonan bergerindil. Tuangkan sedikit susu untuk menyesuaikan suhu susu dengan suhu kocokan telur dan untuk membuat adonan bisa teraduk dengan baik menjadi campuran yang smooth.
  • Jangan memasak adonan hingga mengeras, jika adonan telah mengental maka segera angkat dari api kompor. Aduk adonan dengan kocokan balon agar tercampur dengan baik dan uap panasnya hilang. Anda bisa membuat pastry cream sehari sebelumnya dengan cara menyimpannya di kulkas. Untuk mencegah terbentuk lapisan keras di permukaan krim, tutup permukaannya dengan plastik wrap. Plastik harus menempel menyentuh permukaan krim sehingga tidak ada udara yang bersentuhan dengan permukaannya.

Membuat Crepes

  1. Keluarkan adonan crepes dari kulkas. Siapkan pan datar anti lengket, garis tengah 20 cm. Olesi permukaan pan dengan minyak tipis menggunakan kuas, jika ada kelebihan minyak serap dengan kertas tissue. Panaskan pan dengan api kecil hingga pan benar-benar panas.
  2. Tuangkan 1 sendok sayur adonan (kira-kira 3 sendok makan adonan) ke permukaan pan. Tuangkan adonan di tengah pan. Angkat sedikit pan sehingga agak menjauhi api dan gulingkan pan ke kiri dan ke kanan sehingga adonan mengalir memutar memenuhi permukaan pan.
  3. Panggang adonan hingga permukaan crepes terlihat mengeras, tidak ada adonan yang masih basah dan bagian tepi crepes mulai sedikit kecoklatan. Dengan menggunakan spatula, lepaskan bagian pinggiran crepes. Kemudian dengan menggunakan jari tangan anda lepaskan crepes dari pan dan balikkan. Masak sisi sebelahnya sekitar 5 – 10 detik, angkat dan tuangkan di piring datar.
  4. Lakukan hingga semua adonan habis. Jika permukaan pan terlihat mulai mengering tidak ada minyak tersisa, oleskan kembali tipis-tipis minyak di permukannya dengan kuas.
  5. Adonan bisa menghasilkan 20 lembar crepes dengan diameter 20 cm.

Menyatukan Mille Crepes

Bahan-bahan untuk krim kocok:

  • 400 ml whipping cream
  • 1 sendok makan gula bubuk
  • 2 sendok teh rhum essence (bisa juga tidak pakai seperti saya)

Finishing kue:

  1. Siapkan mangkuk mikser, tuangkan krim kental, gula bubuk dan rum essence (saya tidak pakai). Kocok dengan speed rendah hingga tercampur baik, kemudian kocok dengan speed sedang hingga krim menjadi mengembang dan kaku. Note: jangan mengocok krim terlalu lama karena krim akan pecah dan terpisah antara lemak dan air. Jika krim telah pekat, kembang dan kaku segera hentikan mengocok.
  2. Tuangkan pastry cream di mangkuk besar, masukkan sekitar 4 sendok makan krim ke dalam adonan pastry. Aduk cepat dengan spatula untuk membuat krim menjadi lebih encer dan memudahkan kita untuk mencampur sisa krim kocok dan adonan.
  3. Siapkan piring datar ukuran besar, letakkan selapis kertas baking di permukaan piring. Letakkan selapis crepes di tengah-tengah piring, kemudian letakkan kira-kira 2 sendok makan adonan krim di tengah crepes. Menggunakan spatula ratakan adonan krim sehingga seluruh permukaan crepes tertutup krim. Tutup permukaan krim dengan selembar crepes, lakukan hingga semua adonan krim dan lembaran crepes habis.
  4. Letakkan selembar crepes dengan penampilan terbaik di lapisan paling atas cake. Tekan sedikit permukaan cake dengan telapak tangan agar lebih padat kemudian masukkan cake ke dalam kulkas minimal 4 jam untuk membuat krim menjadi keras dan cake mudah dipotong.
  5. Keluarkan cake dari kulkas, kemudian potong-potong cake dengan pisau tipis yang sangat tajam. Cake siap disajikan.

Yummy…  😋😋

-Nasya-

Kue Perancis lainnya… cobain juga ya resepnya: Opera Cake.

Ada komentar? Silakan...