Kulinarian, Makan Western Food dengan Saus Indonesia

Restoran Western food di Jakarta tak terhitung jumlahnya. Mulai dari yang Western asli alias franchise atau cabang dari negara asalnya, hingga yang cuma dikemas ala-ala Barat. Menu makanannya juga hampir serupa. Seputar steak, olahan daging, ayam, ikan dan kentang dengan saus dan bumbu yang khas. Nah beberapa waktu yang lalu saya dan suami mampir ke Kulinarian. Resto yang menyediakan aneka makanan Western ini berlokasi di bilangan Arteri Permata hijau, Jakarta Selatan.



Makan di resto Kulinarian ini sebetulnya tidak direncanakan. Saat itu kebetulan kami sedang ke bengkel di daerah sana dan belum makan siang. Akhirnya kami menemukan restoran ini di deretan ruko dekat Bellezza Permata Hijau.

Waktu memasuki ruangan resto, suasananya sepi. Hanya kami pengunjung yang ada dalam resto. Ini mungkin karena jam makan siang  sudah lewat Kulinarian membagi area makannya menjadi 2 bagian, yaitu bagian smoking dan non smoking, yang dipisahkan dengan kaca.

Ruangan resto tampak cozy, tertata dengan rapi dan apik. Tapi rasanya agak sempit juga karena letak antar mejanya menurut saya terlalu dekat satu sama lain. Mungkin ini karena space ruangannya juga yang tidak terlalu besar. Tapi karena saat itu sepi, saya enjoy saja.

Ada Banyak Pilihan Saus Sambal di Kulinarian

Awalnya saya memesan fish and pesto rice tapi menu tersebut tidak tersedia. Yah, saya agak kecewa sebenarnya, karena penasaran dengan menu itu. Akhirnya saya memesan fish and chips dan memilih side dish mashed potato serta ice tea untuk minumannya.

Yang unik dari resto ini adalah saus yang ditawarkan. Umumnya untuk menu Western, saus yang disajikan adalah mushroom sauce, BBQ sauce, dan lain-lain. Tapi di Kulinarian, disediakan 10 pilihan saus dan beberapa di antaranya bercita rasa Indonesia seperti sambal kemangi, sambal matah, sambal hijau. Unik ya… Penggila sambal seperti saya akhirnya memilih sauce sambal kemangi. Dalam bayangan saya, sambal ini akan cocok bila dipadukan dengan menu yang saya pilih. Pas memang, hanya sayang, sambal kemanginya kurang pedas menurut lidah saya.

Menu fish and chips yang saya pesan rasanya enak, bagian luarnya garing dan ikannya dibumbui dengan pas. Mashed potato juga enak dengan porsi yang tidak pelit. Untuk harga, makan Western food di Kulinarian ini cukup terjangkau. Fish and Chips yang saya pesan harganya Rp37.000, ice tea harganya Rp10.000 dan bisa di-refill. Secara keseluruhan, harga makanan di resto ini berkisar antara Rp 30.000 – Rp178.000, dan harga minumannya mulai dari Rp8.000 – Rp40.000.

Menu lainnya yang dapat dinikmati di Kulinarian adalah jenis ramen, pasta, chicken dan seafood. Recommended untuk yang ingin makan Western food dengan harga terjangkau.

-Nasya-

Baca juga ulasan Western food resto yang asyik ini: Red Angus Steakhouse.

Ada komentar? Silakan...