Icip “Sate Kambing Enak di Bogor” Versi Google

Saat tiba di Bogor jam 2-an siang itu, sebetulnya waktu sudah lewat jam makan siang, tapi berbagai area tempat makan masih ramai dipadati pengunjung.  Mungkin karena hari Minggu ya, sehingga banyak orang berwisata kuliner di kota hujan itu.

Random googling tempat makan yang belum pernah disinggahi sebelumnya, saya mencari sate kambing. Hasil pencarian Google teratas untuk kata kunci “sate kambing enak di Bogor” adalah Sate Kambing Bang Hasan Kumis yang berlokasi di Jl. Pajajaran, Bogor.

Cuss, saya dan keluarga pun melipir ke sana. Tiba sekitar jam 14.30, tempat makan ini masih ramai pelanggan. Ditambah lagi ada “pengamen” yang mangkal di tempat itu membuat suasana makin semarak dan ramai.

Warung Sate Kambing Bang Hasan Kumis lumayan luas, tapi area parkirnya paling hanya cukup untuk 4 mobil dan beberapa motor. Ruangannya tanpa AC, jadi banyak orang bebas merokok di dalam. Ada sekitar 10-12 meja kayu panjang yang masing-masing bisa untuk 6-8 orang, dengan bangku-bangku plastik.

Sop dan Sate di Warung Sate Kambing Bang Hasan Kumis

Kami order 1 porsi sate kambing, 1 porsi sate ayam, dan sop yang dapat memilih sendiri isi sopnya dan harganya dihitung per item.

Baik sate kambing maupun sate ayam di warung ini disajikan tanpa lemak. Menu ini menurut saya kurang legit dan dagingnya terasa masih agak keras walaupun masih bisa dinikmati. Meski demikian, rasanya tertolong dengan adanya bumbu sate gurih yang disajikan terpisah, yaitu bumbu kecap plus irisan cabe rawit, tomat dan bawang untuk sate kambing, serta bumbu kacang untuk sate ayam.

sate-ayam
Sate Ayam Bang Hasan Kumis

Penyajian sate di atas hotplate plus irisan bawang bombaynya bikin sensasi tersendiri. Apalagi sate masih dalam keadaan mengebul asap, ditambah minyak yang keluar dari bawang bombay serta bumbu sate yang terasa meletik letik.

Seporsi sate kambing tanpa lemak isi 10 tusuk dibanderol dengan harga Rp58 ribu, sedangkan 1 porsi sate ayam 1 porsi isi 10 tusuk dihargai Rp40 ribu.

Untuk menu sop kambing kami pilih isi 1 potong lidah kambing seharga Rp13 ribu, 1 potong daging sapi seharga Rp14 ribu, lalu 1 potong daging kepala dan 1 potong jeroan yang masing-masing harganya Rp11.500.

sop-kambing
Sop Kambing isi pilih sendiri

Sop ini disajikan dengan kuah susu putih yang terasa gurih, legit. Daging serta jeroan yang kami pilih pun sangat empuk. Buat saya, sop kambing ini juara rasanya.

sop-kambing-2
Sopnya maknyuss!

Di warung makan ini, nasi putih dihargai Rp7 ribu per porsi, sedangkan aneka minuman dibanderol mulai dari Rp2 ribu sampai Rp35 ribu per gelas. Sebagai pelengkap, tersedia juga kerupuk dan emping yang harganya berturut-turut Rp7 ribu dan Rp8 ribu, serta disediakan acar yang dapat diambil tanpa perlu menambah bayar.

-Nad-

Review Warung Sate Kambing Bang Hasan Kumis
  • Tempat
  • Kebersihan/Kenyamanan
  • Menu Makanan
  • Harga
3.1