Sumoboo, Dessert Ala Jepang Yang Menggemaskan

Belakangan ini cuacanya panas dan geraaah banget ya? Yup, sudah masuk musim kemarau memang, dan ini bawaannya bikin pengen sesuatu yang adem dan dapat mengatasi dahaga. Nah, untuk yang seger-seger, kali ini saya mau ajak berkunjung ke tempat kuliner asyik yang menjual menu-menu menyegarkan. Let’s go to Sumoboo, gerai aneka macam dessert yang unik dan lucu.

Beberapa waktu yang lalu saya mengajak suami mampir ke Sumoboo ini yang terletak di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan di lantai LG. Tempatnya tidak terlalu luas, didominasi oleh kayu yang memadukan warna kuning, hijau telur asin dan warna kayu itu sendiri. Di bagian atasnya terdapat hiasan berupa daun-daun  diselingi oleh lampu-lampu bulat besar. Duduk di sini membuat pengunjung serasa sedang makan di taman.

Sesuai dengan namanya Sumoboo yang mengingatkan kita akan olahraga sumo dari Jepang, restoran ini menyajikan menu-menu dessert dan snack yang berbau Jepang. Untuk dessertnya ada kakigori yang merupakan es serut dari Jepang, sementara makanan beratnya ada ramen dan untuk snack ada japadog yaitu sejenis hotdog dengan kreasi ala-ala Jepang.

Dessert di Sumoboo terdiri dari beberapa jenis dan setiap jenis dibedakan dengan nomor. Jenis di sini maksudnya adalah bahan utama dessert misalnya grass jelly, mixed pudding atau kakigori. Yang membedakan satu nomor dengan nomor lainnya adalah isian pendamping dari bahan utamanya.

Sumoboo Dessert No. 5 dan Boo Strawberry

Saat berkunjung itu, saya memesan Boo strawberry dan suami memesan Sumoboo dessert no 5. Dalam waktu kurang dari 10 menit pesanan suami diantar ke meja. Penyajiannya berupa sebuah nampan kayu yang di atasnya terdiri atas mangkuk besar, mangkuk kecil dan sebuah sendok melamin bergambar kartun. Penyajian yang menarik. Mangkuk kecil yang disediakan ternyata berisi susu cair untuk menambah rasa manis dessert-nya. Isi dari mangkuk besar banyak dan bervariasi, ada bomb ball, big boba, mochi, red bean, egg pudding, milk pudding, taro, fruity mochi dan di atasnya diberi ice cream. Oya ada es serut juga ditengah-tengahnya. Banyak yah… Menurut saya untuk isian yang begitu banyak, mangkuknya kekecilan deh 😃

Saya mencicipi sedikit dessert no 5 pesanan suami ini. Kuahnya rasa susu. Isian dessert ini yang menjadi favorit saya adalah egg pudding yang lembut, fruity mochi yang kenyal dan bomb ball berwarna orange yang rasanya seperti kabocha. Komentar suami sih, makanan yang dia pesan ini berasa seperti kolak dingin hahaha 😂

Boo strawberry pesanan saya datangnya cukup lama, lebih dari 15 menit. Tapi saat pesanan datang, saya malah tidak ingin memakannya karena penampilannya yang lucu. Boo strawberry adalah es serut yang dibentuk menyerupai muka beruang. Kakigori disiram dengan saus strawberry, diberi potongan strawberry sebagai telinga dan diberi es krim vanila sebagai wajah beruang lengkap dengan mata dan hidung dari biskuit coklat. Cute banget iiih.

Makan boo strawberry butuh perjuangan loh. Ini karena es krim vanilla yang letaknya di pinggir gelas cepat mencair namun kakigorinya padat sehingga tidak mungkin mencampur keduanya di dalam gelas saji. Apalagi gelas sajinya juga penuh dengan kakigori. Karena saya ingin memadukan kedua es tersebut jadilah saya memukul kakigori perlahan, diambil di sendok sedikit kemudian dicampur dengan es krim vanilla. Rasanya, dingiiiin… Di bawah es serut yang berlimpah ternyata ada egg pudding. Puding ini sedikit membantu untuk  menetralisir rasa manis yang berlebih, terutama setelah kakigori mencair.

Untuk menikmati 1 porsi boo strawberry pembeli cukup membayar Rp. 35.000, sedangkan sumoboo dessert no. 5 dibanderol dengan harga Rp. 39.000 (excude pajak ya). Harga segitu rasanya tidak terlalu mahal, mengingat porsi dessert-nya cukup banyak.

-SQ-

Simak juga kuliner Jepang lainnya : Uncle Tetsu Cheesecake.

Ada komentar? Silakan...