5 Sajian Kuliner Viral 2020

Gak kerasa ya, penghujung 2020 sudah di depan mata. Masa karantina 2020 dengan segala keterbatasannya, ternyata tidak menyurutkan inovasi kuliner. Pengelola dan pencipta kuliner malah semakin kreatif mengulik menu-menu sajian kuliner agar dapat tetap menyesuaikan budget dan kondisi, dan banyak di antaranya yang menjadi kuliner viral.

Berikut adalah sajian kuliner viral di Indonesia versi Kuliner Asyik, yang banyak dinikmati oleh para penikmat kuliner di sepanjang tahun 2020.

1. Dalgona Coffee

Minuman viral yang ini cocok dinikmati saat terik siang hari. Terdiri dari campuran kopi instan dengan sedikit gula yang diaduk menjadi kental dan dinikmati dengan susu segar dengan tambahan potongan es batu. Punya tampilan dua layer warna dan cita rasa yang unik layaknya sajian di coffee shop, aneka resep Dalgona Coffee laku hingga menjadi viral di media sosial. Apalagi masa pandemi saat orang lebih banyak di rumah dan punya banyak waktu tuk mencoba-coba resep.

Dalgona

2. Cream Cheese Garlic Bread

Sajian kuliner roti keju krim dengan aroma dan rasa garlic ini aslinya adalah jajanan kaki lima dari Negeri Ginseng Korea. Cara membuat roti ini cukup mudah. Yaitu dengan mengunakan roti bun siap saji, ditambahkan isian keju krim serta campuran olesan spesial dari bawang putih yang dicincang halus dan irisan daun basil dan piterseli. Sajian kuliner ini harus dipanggang pada suhu tertentu sehingga aromanya keluar, dengan tekstur roti lembut, gurih, dan kental kejunya. Dengan tampilannya yang kekinian, roti ini berhasil menarik minat penikmat kuliner, maupun para penggemar baking untuk mencoba membuat sendiri di rumah.

Korean-garlic-bread

3. Dessert Box

Kue dalam kotak ini sudah ada di tahun sebelumnya namun semakin populer di tahun 2020. Terbuat dari aneka biskuit dan divariasikan dengan lapisan krim coklat, susu kental dan puding atau agar-agar, tampilan dan rasanya unik dan enak. Adapula yang mengunakan adonan tepung dan telur dan lapisan keju serta krim yang gurih manis. Dessert box punya aneka macam variasi rasa seperti tiramisu, coklat, red velvet. Ditambah dengan kemasannya yang menarik dan cantik, menjadikan kudapan ini viral di tahun 2020.

Dessert-box

4. Odading

Populernya odading, kue tradisional khas Jawa Barat ini terbilang unik. Berawal dari review Odading Mang Oleh di Bandung yang direkam dalam video singkat oleh Ade Londok. Pernyataan reviewnya yang antik dan gak nyambung yang kemudian viral adalah.. “Rasanya seperti Anda menjadi Ironman”. Tak hanya gerobak odading Nusa Sari milik Mang Oleh yang jadi kebanjiran pembeli, kue odading pun sontak jadi kuliner viral. Resep dan variasinya bermunculan di media sosial.

resep-odading

Padahal, kue ini sebenarnya bukan kue baru. Roti goreng yang sering dijual oleh penjual cakue ini juga punya nama lain, yaitu kue bantal atau bolang-baling. Kudapan ini manis dan empuk, cocok untuk menemani minum teh atau kopi.

5. Empon-empon

Tak pernah ada yang menyangka pandemi Covid-19 berdampak begitu besar di segala lini kehidupan. Namun, pada akhirnya ini membuat masyarakat lebih aware untuk menjaga kesehatan diri. Dari situlah tanaman herbal tradisional yang sering disebut empon-empon, naik daun. Meski bukan barang baru, empon-empon sangat banyak dicari dan menjadi peluang bisnis viral di masa pandemi. Minuman herbal ini umumnya terbuat dari jahe, temulawak, kunyit, dan aneka rempah lainnya, yang sejak dulu telah diketahui khasiatnya untuk mengatasi berbagai penyakit.

Empon-empon
Aneka kemasan minuman herbal empon-empon

Itu dia 5 sajian kuliner viral di tahun 2020. Selamat menyambut tahun baru 2021 yaa.

Salam Kuliner Asyik!

9 komentar pada “5 Sajian Kuliner Viral 2020

  • Januari 5, 2021 pada 10:44 pm
    Permalink

    Yang belum pernah saya coba cuma Dalgona Coffee. Suka minum kopi sih, dan berbagai variasinya. Tapi malas kalau bikin sendiri. Wkwkwk. Nah kalau empon-empon bisalah bikin sendiri.

    Balas
  • Januari 6, 2021 pada 4:49 am
    Permalink

    Saya cuma baru coba korean bread aja nih. Malah pengen coba buat sendiri. Menarik deh mba mereview 2020 dari angle makanan.

    Balas
  • Januari 6, 2021 pada 10:55 am
    Permalink

    Dari semua kuliner viral 2020 ini, korean garlic bread yang belum pernah saya coba , kira2 tahun 2021 ini kuliner viral ini tetap masih ada yang buat gak ya?

    Balas
  • Januari 6, 2021 pada 11:04 am
    Permalink

    Wah iya betul kelima viral. Sempat ikutan nyoba bikin dalgona juga hehe. Yg belum sempat nyicip odading sama empon-empon :))

    Balas
  • Januari 6, 2021 pada 4:07 pm
    Permalink

    Di antara 5 sajian kuliner viral, Cream Cheese Garlic Bread ini benar-benar membuat saya ngiler. Sayangnya hingga saat ini saya belum mencobanya, jadi saya masih penasaran banget dengan rasa roti ini. Pasti enak banget ya mbak…

    Balas
  • Januari 6, 2021 pada 8:28 pm
    Permalink

    hanya satu yang belum saya coba sampai sekarang, yaitu Dalgona Coffee karena memang ga konsumsi kopi. lainnya sudah coba semua.

    Balas
  • Januari 7, 2021 pada 3:20 pm
    Permalink

    Sudah coba semuanya, kecuali Dessert Box sih, karena aku enggak begitu suka manis.
    Daaan.. gak enak semuanya wkwkwk.. Bukan seleraku mungkin ya, atau aku belum nemu tempat beli yang enak.

    Balas
  • Januari 7, 2021 pada 6:46 pm
    Permalink

    Saya penggemar minuman empon2 sekarang mbak malah jadi minuman wajib supaya daya tahan tubuh terjaga

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *